Content Writer: Hobi Menulis yang Dibayarkan

apa itu Content Writer

Kursus Content Writing – Bagi kamu yang hobi menulis dan ingin mendapatkan pendapatan dari passionmu tersebut, tidak ada salahnya untuk memilih content writer sebagai karier hidup. 

Seiring dengan perkembangan dunia digital, permintaan akan konten berkualitas terus meningkat, menciptakan peluang yang luas bagi para penulis kreatif.

Hal yang menarik dari pekerjaan sebagai seorang penulis adalah kemampuan untuk menggabungkan keahlian menulis dengan pengetahuan tentang berbagai topik.

Sehingga penulis tidak hanya menciptakan konten yang informatif tetapi juga menarik.

Apa itu content writer?

Content writer adalah seorang profesional yang memiliki tugas utama untuk membuat konten tertulis. Baik itu dalam bentuk artikel, blog post, keterangan produk, atau materi lainnya yang dapat dipublikasikan secara daring atau luring.

Pekerjaan penulis melibatkan kemampuan untuk mengekspresikan ide dan informasi dengan jelas, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan target audiens.

Content writer seringkali bekerja untuk klien atau perusahaan yang membutuhkan materi tulisan untuk mempromosikan produk atau jasa. 

Ada pun kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang content writer adalah riset, edit, tulis untuk memahami audiens target sekaligus menyampaikan pesan dengan gaya penulisan yang sesuai.

Penulis dapat bekerja sebagai bagian dari tim pemasaran, agensi kreatif, atau sebagai freelancer. Di zaman sekarang ini, ada banyak sekali job portal online yang menawarkan pekerjaan penulis darimana saja, termausk rumah. 

Keberhasilan seorang penulis sering kali diukur dari, 

  • tulisan mereka dapat menarik perhatian pembaca
  • meningkatkan interaksi online
  • mencapai tujuan tertentu yang diinginkan oleh klien

Skill yang dibutuhkan seorang content writer

Sebagai profesi yang memadukan seni menulis dengan kebutuhan pasar digital, seorang penulisperlu menguasai sejumlah keterampilan yang memadai untuk sukses dalam perannya.

Selain kreatif dalam mengolah kata menjadi kalimat yang mudah dimengerti dan menarik. Seorang penulis juga harus memiliki kemampuan dasar lainnya.

Dilansir dari laman Indeed, sedikitnya ada sekitar sembilan skill yang wajib dimiliki oleh seorang calon penulis. 

  • Kemampuan beradaptasi, 
  • Melakukan penelitian, 
  • SEO, 
  • Manajemen waktu 
  • Komunikasi yang baik
  • Editing 
  • Pengetahuan seputar media sosial 
  • Keaslian 
  • Teknis kepenulisan 

Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki dan dibutuhkan oleh seorang penulis adalah pemahaman mendalam tentang konsep-konsep seperti SEO untuk meningkatkan visibilitas online, kemampuan riset untuk menyajikan informasi yang akurat, dan kreativitas untuk menarik perhatian audiens.

Pemahaman tentang SEO atau Search Engine Optimization merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seorang penulis. 

Selain penulis harus up to date terhadap hal-hal yang sedang dibicarakan, tetapi juga harus bisa menuliskan artikel yang mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari seperti Google. 

Ilustrasi mesin ketik jadul (DOK.PEXELS/Suzy Hazelwood)

Ilustrasi mesin ketik jadul (DOK.PEXELS/Suzy Hazelwood)

Tips membuat portfolio content writer yang menarik

Setelah mengetahui seputar apa itu content writer, saatnya mengetahui cara membuat portfolio content writer yang baik. 

Portfolio tidak hanya mencerminkan keterampilan menulis, tetapi juga menjadi wadah untuk menggambarkan kemampuan strategis dan kreatif seorang penulis. 

Salah satu tips penting adalah memilih variasi karya yang mencakup berbagai topik, gaya penulisan, dan format konten. 

Jangan ragu untuk menulis dari website atau blog pribadi. Cara ini bisa menjadi gambaran tentang kemampuan penulis untuk beradaptasi dengan berbagai kebutuhan klien. 

Tulis sebuah artikel berisikan 500-800 kata dengan topik yang berbagai macam, mulai dari finansial, tips masak, tempat wisata, rekomendasi kafe, hingga review movie. 

Kumpulkan semua link artikel atau tangkapan layar dari judul hingga teaser dalam kumpulkan sebuah lembaran pdf atau dokumen. 

Dengan mempertimbangkan tips ini, seorang content writer dapat menciptakan portfolio yang tidak hanya mencerminkan kemampuan menulisnya, tetapi juga menjadi alat yang efektif untuk membuka pintu peluang baru. 

Cara mendapatkan pekerjaan freelance content writer

Bagi kamu yang ingin memulai pekerjaan di rumah, menjadi freelance content writer bisa menjadi pilihan menarik. Namun, untuk memulai karir freelance sebagai content writer, ada beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 

Ada pun tips yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan pekerjaan freelance content writer seperti, 

  • portofolio yang mencerminkan kemampuan menulis dan keahlian dalam berbagai topik
  • menulis secara konsisten di blog pribadi atau platform media sosial
  • daftar akun di platform freelancer seperti Upwork, Fiverr, atau Freelancer
  • Buat profil yang menarik dengan deskripsi yang jelas
  • Bangun reputasi positif dari ahlinya.

Kursus Content Writing bareng ahlinya

Lister memiliki program upskill terbaru yaitu kursus content writing secara online. Ada tutor dari top companies dan tim akademik profesional yang akan melakukan pendampingan selama kursus berlangsung.

Program ini cocok diikuti oleh fresh graduate atau karyawan yang ingin membuka peluang side job secara remote

Dapatkan pengetahuan mendalam tentang kepenulisan secara digital, pahami aplikasi praktisnya, dan peroleh sertifikasi yang diakui oleh berbagai instansi.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Ketut Subiyanto di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.