Cara Dapatkan Sertifikat Kursus Komputer untuk Lamar Pekerjaan

Sertifikat Kursus Komputer

Kursus Persiapan Duolingo – Kemampuan untuk menguasai teknologi komputer bukan lagi sekadar keahlian tambahan, melainkan suatu kebutuhan esensial. Itulah pentingnya mendapatkan sertifikat kursus komputer

Bukan hanya untuk menunjukkan skill menguasai sistem operasi komputer tapi juga membekali diri tentang pengetahuan penggunaan perangkat lunak dan aplikasi. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengikuti kursus komputer untuk meningkatkan pengetahuan seputar teknologi komputer tidak hanya memperluas wawasan. 

Namun juga memberikan daya saing yang kuat dalam menghadapi tantangan dunia kerja. 

Apa itu sertifikat kursus komputer?

Sertifikat kursus komputer merupakan dokumen legal yang diberikan untuk seseorang yang sudah menyelesaikan suatu kursus atau pelatihan khusus dalam bidang komputer. 

Dokumen resmi tersebut menunjukkan bahwa individu tersebut sudah mengikuti dan menyelesaikan pelatihan dengan materi dan tes yang diberikan. 

Ada pun materi kursus komputer yang diberikan seperti penggunaan komputer, perangkat lunak, atau teknologi terkait. 

Manfaat yang bisa didapatkan seorang individu dalam mendapatkan sertifikat kursus komputer adalah mendapatkan keahlian khusus dalam pengembangan perangkat lunak, administrasi jaringan, hingga desain grafis. 

Keuntungan dari memiliki sertifikat kursus komputer melibatkan validasi resmi terhadap keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang dalam bidang teknologi. 

Sertifikat tersebut dapat menjadi bukti nyata yang bisa meningkatkan peluang kerja, terutama kalau kamu ingin melamar di instansi pemerintah. 

Beberapa waktu lalu, ada banyak sekali orang yang mencari lembaga seputar kursus komputer untuk CASN. 

Baca juga: Kursus Job Interview untuk Fresh Graduate Online

Cara dapatkan sertifikat kursus komputer

Ada banyak sekali lembaga belajar atau website pembelajaran secara online yang menyediakan sertifikat kursus komputer dari level pemula hingga mahir. 

Kamu bisa mengakses beberapa lembaga atau platform secara online, kapan dan dimana saja. Namun, pastikan untuk selalu melihat review dan akreditasi yang ditawarkan agar tidak menimbulkan kecurigaan di masa depan. 

Sebagai seorang pemula yang ingin mencari sertifikat kursus komputer, ada baiknya untuk mengikuti kursus seputar penggunaan komputer sebagai bekal pengetahuan saat bekerja. 

Jangan lupa selama kursus komputer berlangsung, berpartisipasilah secara aktif dalam kelas.

Ikuti tugas, ujian, atau proyek yang mungkin diminta oleh instruktur. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang materi kursus.

Ilustrasi cara dapatkan sertifikat kursus komputer (DOK.PEXELS/Teona Swift)

Ilustrasi cara dapatkan sertifikat kursus komputer (DOK.PEXELS/Teona Swift)

Tips menemukan kursus komputer terbaik

Ada beberapa tips untuk menemukan kursus komputer terbaik dengan sertifikat yang diakui. 

Tentukan tujuan dan kebutuhan 

Tidak ada salahnya untuk menentukan dan tujuan mengikuti kursus komputer. Hal ini untuk mengingatkanmu atau memfokuskan diri pada alasa ingin mengikuti kursus komputer.

Pilih lembaga kursus dengan reputasi baik

Pilih penyedia kursus yang memiliki reputasi baik. Lembaga pendidikan terkemuka atau platform pembelajaran online yang diakui umumnya menawarkan kursus berkualitas tinggi.

Tinjau review dan reputasi 

Baca ulasan dari orang yang telah mengikuti kursus tersebut sebelumnya. Ulasan dapat memberikan wawasan tentang pengalaman orang lain dan membantumu dalam menilai kualitas kursus.

Perhatikan materi yang diberikan 

Periksa dengan cermat kurikulum atau silabus yang diberikan. Pastikan materi yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi. Tinjau daftar materi, tingkat kesulitan, dan metode pengajaran.

Baca juga: Selalu Gagal Setelah Interview? Intip Tips Wawancara Kerja

Materi yang diberikan dalam kursus komputer

Materi yang diberikan dalam kursus komputer dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis kursus, tingkat kesulitan, dan tujuan pembelajaran.

Hanya saja secara umum biasanya beberapa lembaga menawarkan materi seperti, 

  • Dasar-dasar Komputer
  • Sistem Operasi terutama Windows
  • Aplikasi Perangkat Lunak seperti Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint) dan Google Workspace
  • Keterampilan Teknis Tambahan seperti penggunaan kecerdasan buatan (AI)

Kursus Persiapan Duolingo, Raih Skor Terbaik!

Jangan sia-siakan kesempatan mendapatkan skor maksimal! Persiapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Persiapan Duolingo di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Anna Shvets di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 50% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.