Kursus Job Interview untuk Fresh Graduate Online

Job Interview untuk Fresh Graduate

Kursus English for Job Interview Akan menjalani job interview untuk fresh graduate? Jangan lupa mempersiapkan banyak hal terutama dari segi materi hingga mental. 

Lister bisa membantumu dalam memberikan kursus job interview dengan tutor berpengalaman yang tak hanya persiapan mental tapi juga cara untuk menunjukkan kompetensi diri dengan maksimal. 

Tips job interview untuk fresh graduate

Wawancara kerja merupakan salah satu momen penting dalam perjalanan karir seorang fresh graduate dalam mencapai suatu karier. 

Job interview untuk fresh graduate sering kali menawarkan tantangan dan peluang baru untuk setiap individu. Oleh karena itu, pentingnya untuk melakukan banyak persiapan matang agar bisa lolos dalam sekali coba. 

Bagi lulusan baru, ada banyak hal yang perlu disiapkan saat akan menghadiri wawancara kerja. Momen paling mendebarkan itu perlu dilakukan banyak persiapan yang matang untuk meningkatkan peluang lolos. 

Lister rangkum, sekian tips melakukan job interview baik itu luring atau daring berikut ini.

1. Persiapkan diri dengan matang 

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan satu hari khusus melakukan browsing atau pengumpulan informasi seputar perusahaan yang akan dilamar.

Termasuk, calon atasan hingga visi misi perusahaan. Hal ini untuk memberikan respon yang baik dan akurat, jika mendapatkan pertanyaan seputar perusahaan tersebut. 

Selain itu, lakukan tinjauan ulang pada CV, Cover Letter, hingga Portfolio yang sudah disiapkan. Pastikan semuanya dalam keadaan sesuai dan kamu memahami setiap poin yang dituliskan. 

Hal tersebut menjadi salah satu gambaran dirimu pada HRD atau user. 

2. Latih kemampuan bicara 

Salah satu kemampuan yang wajib kamu siapkan sebelum menjalani interview kerja adalah melatih kemampuan berbicara. 

Pastikan kamu bisa menyampaikan maksut dan penjelasan dengan baik. Mengingat komunikasi menjadi salah satu kunci utama untuk menjawab pertanyaan pewawancara. 

Tunjukkan antusiasme dengan penggunaan kata atau kalimat yang menunjukkan kalau kamu sangat termotivasi untuk bergabung di perusahaan tersebut. 

Selain dengan menggunakan kata atau kalimat yang baik, lakukan kontak mata dan sikap tubuh yang percaya diri selama wawancara. 

Cara ini bisa menunjukkan rasa apresiasi atau peduli pada waktu yang diluangkan oleh pewawancara. 

3. Tunjukkan motivasi 

Latih dirimu dengan pertanyaan dan jawaban yang menunjukkan kalau kamu termotivasi sekaligus tertarik pada perusahaan yang dilamar. 

Jelaskan dengan runtut sejauh mana kamu bisa memberikan solusi hingga mengisi kekosongan dengan keterampilan dan minat terhadap posisi yang dilamar. 

Kamu bisa mulai dengan penjelasan seputar alasan pribadi mengapa menginginkan pekerjaan tersebut. Apakah kamu tertarik pada industri, nilai perusahaan, atau aspek khusus dari peran tersebut? 

Ceritakan tentang apa yang mendorongmu untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. 

Kamu juga bisa menghubungkan pengalaman terkait motivasi dengan pengalaman yang pernah dijalani. Bicarakan tentang pengalaman atau proyek sebelumnya yang menunjukkan komitmen dan minatmu dalam bidang yang relevan. 

4. Siapkan pertanyaan untuk pewawancara

Dalam setiap interview kerja, pasti ada sesi dimana pewawancara memberikan waktu agar calon kandidat bisa memberikan pertanyaan. 

Di sesi ini, kamu bisa mengisinya dengan beberapa pertanyaan untuk pewawancara, seperti tentang tugas dan tanggung jawab dalam peran yang dilamar, peluang pengembangan, atau budaya perusahaan. 

Secara tidak langsung, ini akan menunjukkan minatmu terhadap perusahaan. Ada pun contoh pertanyaan untuk HRD perusahaan seperti, 

  • Apakah ada partner lain yang membantu saya dalam pekerjaan ini?
  • Apakah perusahaan menawarkan benefit lain, seperti asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan?
  • Apakah perusahaan ada townhall, setiap kapan?

Itulah pertanyaan yang bisa kamu ajukan selama job interview untuk fresh graduate.

Contoh pertanyaan job interview untuk fresh graduate

Dalam menghadapi wawancara kerja, terutama bagi para fresh graduate, pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dapat menjadi titik fokus yang menentukan arah wawancara. 

Pertanyaan tersebut memiliki tujuan untuk menggali pemahaman, keterampilan, dan kepribadian calon karyawan. Berikut, sederet pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh HRD kepada calon kandidat.

Apa yang menjadi tujuan karier anda dalam lima tahun ke depan?

Jawaban, “Sekitar lima tahun ke depan, saya berharap dapat mengembangkan keterampilan dalam [sebutkan keterampilan tertentu] dan mencapai posisi yang lebih senior dalam perusahaan ini. 

Saya juga berharap bisa memberikan kontribusi yang lebih besar kepada tim dan perusahaan dalam hal [sebutkan tujuan yang spesifik]. 

Saya sangat termotivasi untuk menghadapi tantangan dalam perjalanan karier dan mencari solusi dengan peluang yang ada”

Bagaimana anda menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi?

Jawaban, “Salah satu keunggulan dalam diri saya adalah, saya cukup pintar dalam mengatur waktu terutama membagi kegiatan, perhatian, hingga waktu antara pekerjaan atau pun hobi dan pasangan. 

Saya biasa merencanakan jadwal kerja dengan baik dan memastikan bahwa saya memiliki waktu untuk beristirahat dan mengejar hobi di luar pekerjaan. 

Tak jarang, saya juga menyiapkan jurnal harian hingga mingguan terkait apa yang akan saya kerjakan mulai dari yang diprioritaskan dan yang tidak.”

Materi kursus job interview untuk fresh graduate

Bingung mau mempersiapkan wawancara kerja dengan siapa? Tenang saja, Lister memiliki tutor berpengalaman dengan segudang tips dan trik untuk murid. Selain itu, ada sederet materi yang siap diberikan dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap siswa.

  • Preliminary preparation: assessing yourself 
  • Researching the company: product or services, company profile, stakeholder, job description 
  • Making an application letter 
  • Making curriculum vitae 
  • Tips and strategies 
  • Planning for the interview: key interview principles, tips and techniques 
  • Personal data and competencies 
  • Greetings and introducing yourself 
  • Personal profile and family background: marital status, address, parents or partner’s occupation 
  • Educational background 
  • Hobby and interest 
  • Common interview questions and how to answer
  • Character traits: ability to work with people, habit at work, how to handle pressure, problems and criticism 
  • Personal goal: idea of success, motivation • Strengths and weakness 
  • Skill and talent 
  • Management ability: how to manage work, how to establish report, how to communicate with other teams 
  • Career objectives: expressing reason and describing something in details 
  • Salary negotiations 
  • Experience and training 
  • Contribution and impact for company 
  • Work expectation and future plan 
  • Convincing sentences 
  • Questions to ask the interviewer

English for Job Interview: Raih Karier Impian dengan Mudah

Mempersiapkan wawancara kerja dalam bahasa Inggris membutuhkan persiapan khusus. Kamu dapat mengikuti Kursus English for Job Interview di Lister. Di sini kamu akan belajar bagaimana menampilkan diri secara profesional agar mendapatkan karier impian di kancah global.

Kamu akan dibimbing tutor-tutor bersertifikat di Lister. Kamu akan mendapatkan modul yang mendukung proses belajar.

Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Yanalya di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.