Apa itu LoA? Ini Jenis, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

loa letter of acceptance college

Mentoring Beasiswa – Sebagai tanda seorang mahasiswa diterima secara resmi, universitas akan memberikan LoA (Letter of Acceptance). Selain sebagai bukti resmi, surat ini umumnya menjadi salah satu syarat pendaftaran beasiswa di dalam maupun luar negeri.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan LoA dari universitas?

Apa itu LoA?

LoA (Letter of Acceptance), disebut juga dengan College Acceptance Letter, adalah dokumen yang menunjukkan seseorang diterima di suatu institusi pendidikan. Umumnya, bagian penerimaan mahasiswa baru akan mengirimkan acceptance letter ini kepada mahasiswa yang terpilih sesuai standar universitas.

Kamu dapat mendaftar ke beberapa universitas sekaligus. Jika demikian, kemungkinan kamu akan mendapatkan lebih dari satu LoA.

Jenis-Jenis LoA

Surat penerimaaan ini terdiri dari tiga jenis. Masing-masing memiliki isi dan tujuannya sendiri. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari University of South Florida (USF).

Deferred Admission Letter

Deferred Admission Letter (Surat Penangguhan Penerimaan) adalah surat yang menjelaskan bahwa penerimaan mahasiswa ditunda. Surat ini bertujuan menjelaskan bahwa dewan penerimaan masih membutuhkan waktu untuk meninjau pendaftaran kandidat. Beserta dengan surat ini, dewan penerimaan juga dapat meminta berkas tambahan jika dibutuhkan.

Jika demikian, kamu harus mengirimkan berkas-berkas yang diminta sesegera mungkin. Menerima surat penangguhan ini tidak berarti kamu akan ditolak, justru pihak universitas mempertimbangkan kamu sebagai kandidat yang cukup kuat untuk dipertahankan.

Denied Admission Letter

Selain surat penerimaan, ada pula Denied Admission Letter (Surat Penolakan Penerimaan). Surat ini menyatakan kamu tidak diterima sebagai mahasiswa di universitas yang kamu tuju.

Menerima surat ini mungkin akan menyedihkan, terutama jika kamu sangat ingin diterima di universitas tersebut. Jangan khawatir, akan ada kesempatan baru terbuka untukmu.

Bukan tidak mungkin kamu akan diterima di universitas lain yang lebih cocok.

Accepted Admission Letter

Accepted Admission Letter (Surat Penerimaan) adalah surat yang menyatakan kamu diterima di universitas tersebut. Tak hanya keterangan diterima, surat ini biasanya juga menginformasikan langkah selanjutnya, tenggat waktu, beasiswa, program khusus, dan lain-lain.

Apabila kamu mendaftar ke lebih dari satu beasiswa, kamu mungkin akan mendapatkan lebih dari satu surat penerimaan. Jika demikian, kamu perlu mempertimbangkan universitas mana yang akan dipilih.

Kamu perlu mempertimbangkan universitas yang paling tepat untukmu, terutama dari segi akademik dan biaya. Pertimbangkan pula tawaran yang diberikan universitas, misalnya beasiswa atau bantuan biaya.

Membalas LoA

Setelah menerima LoA, sebaiknya kamu membalas surat tersebut. Dikutip dari Indeed, berikut alasannya.

Menjawab pernyataan penerimaan

Dalam surat balasan, kamu dapat menyatakan bahwa kamu menerima atau menolak hasil penerimaan tersebut. Seperti yang dijelaskan di atas, hal ini dapat terjadi jika kamu mendaftar ke lebih dari satu universitas.

Penting untuk membalas LoA, agar pihak universitas dapat memproses langkah selanjutnya dalam penerimaan. Selain itu, jika kamu memutuskan unutk menolak, dewan penerimaan dapat menyediakan kuota bagi kandidat lainnya.

Menunjukkan komunikasi yang baik

Surat balasan penting disampaikan, salah satunya adalah agar kamu terkesan memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Hal ini penting, karena akan menunjang networking secara profesional.

Sebagai contoh, kamu akan melanjutkan pendidikan pascasarjana di universitas yang sama. Dewan penerimaan akan mengingat rekam jejak kemampuan komunikasimu dalam penerimaan sebelumnya di jenjang sarjana.

Menyampaikan terima kasih

Surat balasan juga dapat berisi ungkapan terima kasih kepada dewan penerimaan di universitas karena mempertimbangkan kamu sebagai kandidat yang tepat. Proses penerimaan mahasiswa baru tidak mudah, karena pihak universitas harus menyeleksi dengan ketat sesuai standar yang ditetapkan.

Keputusan penerimaan mahasiswa adalah hasil dari berbagai pertimbangan kuat, sehingga ada baiknya kamu berterima kasih karena dewan penerimaan telah menyediakan waktu untuk meninjau lamaranmu.

Hal ini juga akan membantu mengasah keterampilan berkomunikasi.

Tips Menjawab LoA

Lantas, bagaimana cara menjawab LoA yang baik? Berikut tipsnya

  1. Sertakan informasi kontak yang dapat dihubungi, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email.
  2. Gunakan subjek email yang jelas agar memudahkan pembaca, yakni terdiri dari nama dan tujuan mengirim email. Contohnya John Smith Acceptance Letter Response.
  3. Gunakan sapaan pembuka yang formal. Jika mengetahui nama penerima, gunakan di dalam sapaan. Jika tidak, cukup gunakan Director of Admissions.
  4. Sampaikan keputusanmu terkait penerimaan tersebut, baik kamu menerima atau menolak. Jika kamu menolak, sampaikan alasannya.
  5. Sampaikan terima kasih kepada dewan penerimaan karena telah meninjau lamaran.
  6. Gunakan salam penutup resmi dan nama lengkap. Contohnya Sincerely, Best regards, atau Thank you again.
  7. Pastikan tidak ada salah eja di dalam surat balasan.

Cara Mendapatkan LoA

Mendapatkan LoA dari universitas impian tentu adalah hal yang membanggakan. Agar kamu meningkatkan peluang mendapatkan LoA dari universitas yang kamu tuju, ikuti tips berikut.

Riset universitas yang dituju

Saat memilih universitas dan jurusan, tentu kamu sudah mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari segi akademik, kurikulum, profesor yang mengajar, negara, prospek kerja, latar belakang pribadi, hingga finansial.

Jika kamu memiliki beberapa pilihan program studi atau universitas, kamu dapat mencari tahu informasi melalui website atau media sosial resmi. Dari sini kamu dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing universitas.

Kamu juga dapat berdiskusi dengan orang yang tepat, seperti dosen, keluarga, alumnus, teman, dan lain-lain.

Proses pendaftaran

Proses pendaftaran berbeda bagi masing-masing universitas. Namun pada umumnya, kamu akan diminta mengirimkan sejumlah berkas.

Hal-hal yang perlu kamu cari tahu adalah:

  • Syarat yang dibutuhkan, baik dokumen maupun syarat lainnya
  • Tahap pendaftaran, seperti seleksi berkas dan wawancara
  • Tanggal-tanggal penting, seperti tenggat waktu pendaftaran dan pengumuman

Beberapa berkas yang umumnya diminta dalam seleksi dokumen adalah:

  • kartu identitas, seperti KTP atau paspor
  • ijazah
  • transkrip nilai
  • CV akademik

Ada pula berkas tambahan yang biasanya diminta, tetapi syarat ini berbeda-beda di setiap universitas. Contohnya motivation letter, personal statement, contoh hasil penelitian, surat rekomendasi, syarat kemampuan bahasa seperti IELTS atau TOEFL, dan lain-lain.

Ada pula universitas yang meminta proposal penelitian atau bahkan surat izin belajar dari perusahaan.

Berbicara tentang motivation letter, esai yang satu ini dapat menjadi penentu yang memastikan kamu akan diterima atau tidak. Maka dari itu, kamu harus membuat motivation letter sebaik mungkin. Berikut tipsnya dalam artikel Apa itu Motivation Letter dan Kenapa Penting untuk Beasiswa?

Nah, syarat-syarat ini harus kamu ketahui saat melakukan riset universitas. Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai syarat yang dibutuhkan dari jauh-jauh hari, agar tidak repot ketika sudah mendekati tenggat waktu pendaftaran.

Setelah semua syarat terpenuhi dan seleksi berlangsung, kamu akan mendapat balasan terkait penerimaan pada hari pengumuman. Jika diterima, kamu dapat mulai mempertimbangkan pendanaan. Contohnya pendanaan pribadi, beasiswa, atau sponsor.

Contoh LoA

Dear Ms. Hawthorn,

On behalf of ABC University I am pleased to congratulate you on your acceptance into our program for the fall 2014 semester. We were very impressed by your academic history and believe that you will prove that our confidence in you is not unfounded.

Enclosed with this letter, please find the necessary enrollment form for you to fill out and return by August 15, 2023. A timely response can increase your chances of finding accommodations on campus. You will be contacted upon receipt of the form by our student advisor, who will give you all further details regarding scheduling. If you have any questions regarding this letter, please feel free to contact us at the admissions office by phone at (555)-555-5555 or email at [email] We look forward to hearing back from you.

We at ABC University are pleased to welcome you and feel that you will make a great addition to our student body. We wish you the very best in success in your future and hope that you will find all of your needs satisfactorily met here. Thank you for your prompt attention and for choosing ABC University.

Yours sincerely,

Allison Richardson

Admissions
ABC University

Siapkan Langkahmu Study Abroad dengan Beasiswa!

Sudah diterima di universitas luar negeri, tetapi belum mendapatkan beasiswa? Saatnya kamu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dengan mengikuti Mentoring Beasiswa di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.