Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Arti Panggilan Sunbaenim, Jangan Sampai Salah Sebut!

sunbaenim

Kursus Bahasa Korea – Dalam dunia K-pop atau drama Korea, kamu akan sering menemukan sebutan sunbaenim. Kamu wajib mengetahui cara yang tepat untuk menggunakan sebutan ini jika akan tinggal di Korea.

Arti Sunbaenim

Sunbae (선배) adalah panggilan untuk kakak kelas atau orang yang memiliki pengalaman kerja lebih lama. Imbuhan –nim ditambahkan untuk membuat panggilan terkesan lebih menghormati, sehingga menjadi sunbaenim (선배님).

Dalam bahasa Indonesia, sunbaenim dapat diartikan sebagai senior. Sebutan ini berlaku untuk perempuan maupun laki-laki.

Penggunaan Sunbaenim

Orang Korea sangat mementingkan perbedaan umur, jabatan, dan senioritas. Jika kamu ingin tinggal di Korea Selatan, maka wajib menguasai setiap panggilan kehormatan yang digunakan sehari-hari.

Kamu bisa menggunakan sunbaenim kepada orang-orang berikut, seperti yang dijelaskan Lingua Asia.

Kakak kelas

Di sekolah atau universitas, siswa yang lebih muda atau berada di angkatan bawah wajib memanggil angkatan di atasnya dengan sebutan senior. Aturan ini juga berlaku di klub ekstrakurikuler.

Tak hanya itu, terkadang para junior juga membungkukkan badan saat menyapa senior.

Senior di tempat kerja

Mereka yang memiliki pengalaman lebih lama di suatu perusahaan wajib dipanggil senior atau sesuai jabatannya.

Kamu dapat menyebut nama sebelum panggilan senior atau jabatan, seperti nama + sunbaenim atau nama + posisi + nim. Contohnya Kim Daerinim.

Meskipun kamu berumur lebih tua, tetapi jika orang tersebut lebih dulu bekerja di perusahaan, maka kamu wajib memanggilnya senior tanpa memandang perbedaan umur.

Idol K-pop

Tahukah kamu, para idol K-pop sering memanggil satu sama lain dengan sebutan sunbae? Sebutan ini tidak berdasarkan usia, tetapi waktu debut.

Sebagai contoh, BIGBANG adalah sunbae dari BTS, lalu 2NE1 adalah sunbae dari BLACKPINK.

Mereka yang lebih junior harus menghormati dan berperilaku baik di hadapan seniornya.

Baca juga: Gwaenchana Artinya Tidak Apa-Apa, ini Penulisan yang Benar

Panggilan Junior

Jika senior dipanggil sunbae atau sunbaenim, bagaimana dengan panggilan untuk junior? Kamu dapat menyebut mereka hoobae (후배).

Sebutan hoobae digunakan untuk memanggil adik kelas atau junior di perusahaan.

Namun biasanya orang tidak memanggil seseorang dengan sebutan hoobae. Kata tersebut umumnya hanya digunakan untuk memperkenalkan seseorang kepada orang lain.

Untuk memanggil seorang hoobae, biasanya digunakan nama + ssi atau nama + nim. Contohnya Lee Hyun-woo-ssi.

Perilaku Sunbaenim

Seorang senior akan memperlakukan juniornya dengan baik. Seperti menawarkan makan, minum, bahkan pekerjaan. Mereka juga akan menjadi mentor di tempat kerja.

Di sisi lain, terkadang ada senior yang menyalahgunakan senioritasnya. Mereka suka mengerjai dan memaksa junior melakukan sesuatu.

Baca juga: Fakta Goshiwon, Kos Paling Murah nan Sempit di Korea

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Hidup ala K-Drama

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!