Mengenal Cara Baca dan Aturan Batchim di Tata Bahasa Korea

batchim

Kursus Bahasa Korea – Dalam tata bahasa Korea, ada yang disebut dengan huruf batchim. Sebagai bagian dari hangul, huruf ini penting kamu pelajari.

Pasalnya setiap kata dalam bahasa Korea ditulis dengan hangul, sehingga menguasai alfabet tersebut akan membuat kamu lebih cepat mahir berbahasa Korea.

Apa itu batchim?

Batchim adalah huruf konsonan yang ada di akhir kata. Walaupun disebut sebagai “huruf konsonan akhir”, peletakannya tidak selalu di akhir. Batchim dapat ditempatkan di awal, tengah, atau akhir kata.

Batchim berfungsi sebagai konsonan tambahan di suku kata. Hal ini sesuai dengan arti harfiahnya.

Menurut Koreanjun, batchim (받침) berarti pendukung atau tambahan. Dengan begitu, batchim dapat diartikan sebagai konsonan pendukung atau konsonan tambahan.

Kata ini sering dilafalkan bachim (바침), meskipun ditulis batchim.

Fungsi Batchim

Dalam Tongue & Talk, dijelaskan batchim berfungsi memperjelas perbedaan dan arti setiap kata dalam romanisasi hangul.

Contohnya kata 같이 (gati) dan 갇이 (gadi) yang dilafalkan gachi. Keduanya memiliki pelafalan dan penulisan yang mirip. Namun secara arti berbeda. Gati artinya bersama, sedangkan gadi artinya terperangkap.

Perbedaan kedua kata tersebut baru tampak setelah diubah menjadi romanisasi. Dengan adanya batchim, penulisan romanisasi menjadi lebih mudah.

Perlu kamu ketahui, batchim digunakan untuk membantu pelafalan. Artinya, penulisan tetap berlaku sesuai hangul kata tersebut, ya.

Tahukah kamu fakta unik tentang huruf konsonan dalam bahasa Korea ini? Konsep dan sistem batchim hanya ada dalam bahasa Korea dan tidak ada di bahasa lainnya. Maka dari itu, materi tentang batchim sangat menarik untuk dipelajari.

Aturan batchim

Ada banyak aturan yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan huruf konsonan dalam hangul yang satu ini.

Konsonan yang digunakan

Ada 16 jenis konsonan yang digunakan sebagai batchim, yaitu ㄱㄴㄷㄹㅁㅂㅅㅇㅈㅊㅋㅌㅍㅎㄲㅆ, tetapi hanya ada 7 jenis pelafalan, yakni ㄱ, ㄴ, ㄷ, ㄹ, ㅁ, ㅂ, ㅇ.

Pelafalan

Konsonan ㄱ ㅋ ㄲ dilafalkan /k/. Konsonan ㄷㅌㅅㅆㅈㅊㅎ dilafalkan /t/. Sementara itu konsonan ㄴ ㄹ ㅁ ㅇ tidak mengubah bunyi. Selanjutnya konsonan ㅂ ㅍ dilafalkan /p/.

Setiap suku kata dilafalkan sesuai penulisannya sesuai dengan letak batchim.

Pengecualian

Konsonan ㄷ(d) dan ㅌ (t) dilafalkan ㅈ(j) saat disertai huruf 이 (i). Pengecualian lainnya adalah jika ㅎ (h) diikuti dengan ㅇ (ng), maka ㅎ tidak dibunyikan.

Penggunaan di antara suku kata

Jika suatu suku kata diakhiri dengan konsonan dan suku kata berikutnya diawali dengan konsonan, pelafalannya berubah.

Jika suatu suku kata diawali dengan konsonan senyap (tidak dibunyikan) seperti ㅇ atau ㅎ, batchim menggunakan huruf vokal dalam suku kata pertama dan langsung dilanjutkan dengan suku kata berikutnya.

Penekanan

Jika huruf ㅎ ada sebelum atau sesudahㄱㄷㅂㅈ, maka akan memberi penekanan pada bunyi ㅋㅌㅍㅊ. Kecuali jika huruf ㅎ diikuti huruf ㄹ.

Konsonan ganda

Jika batchim diikuti huruf konsonan ㄱ,ㄷ,ㅂ,ㅅ,ㅈ, huruf-huruf tersebut dilafalkan ㄱ,ㄷ,ㅂ. Pengucapannya menjadi konsonan ganda, yakni ㄱ,ㄷ,ㅂ.

Bunyi sengau

Jika batchim diikuti dengan huruf konsonan ㅁ yang dilafalkan ㄱ,ㄷ, atau ㅂ, batchim ㄱ dilafalkan seperti ㅇ, batchim ㄷ dilafalkan ㄴ, dan batchim ㅂ dilafalkan ㅁ. Jika batchim ㅁ atau ㅇ diikuti konsonan ㄹ, maka ㄹ berubah menjadi ㄴ.

Selanjutnya, jika batchim ㄱ atau ㅂ diikuti konsonan ㄹ, maka batchim-nya berubah menjadi ㅇ atau ㅁ dan konsonan ㄹ berubah menjadi ㄴ.

Konsonan halus

Jika batchim ㄴ diikuti dengan konsonan ㄹ atau sebaliknya, maka batchim ㄴ berubah menjadi ㄴ  atau batchim ㄹ berubah menjadi ㄹ.

Baca juga: 6 Jenis Satoori (Dialek) Korea: Ciri-Ciri dan Contohnya

Contoh batchim

Contoh KataCara Baca BatchimArti
없고 (eobsgo)업꼬 (eobkko)tanpa
책상 (chaegsang)책쌍 (chaegssang)meja
축하해 (chughahae)추카해 (chukahae)selamat
많다 (manhda)만타 (manta)banyak
박물관 (bagmulgwan)방물관 (bangmulgwan)museum
횡단로 (hoengdanlo)횡단노 (hoengdanno)persimpangan jalan

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Hidup ala K-Drama

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, ikuti Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!