Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Gwaenchana Artinya Tidak Apa-Apa, ini Penulisan yang Benar

gwaenchana artinya

Kursus Bahasa Korea – Sebagai penggemar drama Korea, kamu tentu sudah mengetahui gwaenchana artinya apa. Namun tahukah kamu, ada penulisan yang lebih tepat untuk romanisasi hangul kata tersebut?

Gwaenchana artinya

Gwaenchana artinya dalam bahasa Indonesia yaitu “Tidak apa-apa” atau “Aku tidak apa-apa”. Namun penulisan romanisasi yang lebih tepat adalah gwenchana dari hangul 괜찮아.

Baca juga: Siapa Jaurim? Band Rock Keren di Twenty Five Twenty One

Penggunaan Gwenchana

Gwenchana merupakan bahasa informal, sehingga harus digunakan kepada orang yang lebih muda atau sudah akrab. Contohnya kepada teman dekat, saudara, anak-anak, bahkan terkadang kepada orang tua.

Bagaimana dengan ungkapan formal atau sopan? Menurut Kimchi Cloud, kamu bisa menggunakan kata gwenchanayo (괜찮아요). Artinya “Tidak apa-apa”.

Kata gwenchanayo cenderung sopan, sehingga dapat digunakan di berbagai situasi. Namun jika digunakan kepada orang yang sudah akrab, dapat terkesan canggung.

Kamu dapat menggunakan gwenchanayo kepada guru, atasan di tempat kerja, kakek-nenek, orang yang kurang akrab, atau orang yang lebih tua.

Ada bentuk yang lebih formal lagi, yakni gwenchansumnida (괜찮습니다). Ungkapan ini hanya digunakan dalam situasi resmi seperti pidato, presentasi, maupun siaran berita.

Bentuk dasar yang ada di kamus adalah gwenchanta (괜찮다). Namun saat digunakan dalam percakapan, harus menggunakan konjugasi, sehingga menjadi gwenchana atau gwenchanayo.

Gwenchana sebagai pertanyaan 

Selain itu, gwenchana dapat menjadi pertanyaan jika diucapkan dengan nada naik. Misalnya untuk menanyakan apakah seseorang merasa baik-baik saja atau apakah situasi tersebut dapat diterima.

Sebagai pertanyaan, gwenchana dapat diartikan sebagai “Apakah kamu tidak apa-apa?” atau “Apakah ini tidak masalah?”.

Baca juga: Kamjagiya! Ini yang Dikatakan Orang Korea Saat Terkejut

Contoh Kalimat Gwenchana

A:봉투에 담아 드릴까요? (bongtueh dama deurilkkayo) – Apakah Anda membutuhkan kantong plastik?
B:(아니요) 괜찮아요. ((aniyo) gwenchanayo) – (Tidak), tidak perlu.
A:어땠어요? (eoddaesseoyo) – Bagaimana tadi?
B:괜찮았어요. (gwenchanasseoyo) – Baik-baik saja.

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Hidup ala K-Drama

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!