8 Struktur Lengkap Personal Letter, Dijamin Penerima Pasti Terkesan

personal letter

Kursus Business English Apakah kamu menjadi salah satu orang yang sering bertukar pesan melalui surat? 

Jika iya, hal ini perlu diperhatikan agar pembaca dapat memahami dengan baik isi surat yang kamu tulis. Struktur personal letter. Sebelum menulis, alangkah baiknya kamu melihat contoh personal letter agar lebih mudah.

Meskipun sekarang ini sudah mulai ditinggalkan karena kecanggihan teknologi seperti WhatsApp, Instagram, dan masih banyak lagi. tapi, tetap ada beberapa yang masih menggunakan pesan singkat untuk menyampaikan pesan.

Selanjutnya, simak penjelasan berikut mengenai struktur personal letter agar lebih rapi dalam menulis surat!

Struktur Personal Letter Sample

pengertian personal letter bahasa inggris merupakan salah satu jenis surat yang biasanya dikirim kepada seseorang yang jauh, dimana menceritakan tentang aktivitas pribadi atau pesan pribadi penulis.

Surat pribadi biasanya lebih panjang jika dibandingkan dengan catatan singkat, surat undangan, dan lainnya sehingga dibutuhkan perantara khusus seperti EMail atau surel.

Ini mencari ciri-ciri personal letter.Berikut struktur personal letter yang harus kamu ketahui!

Baca juga: Personal Letter adalah: Struktur, Tema, dan Contoh

personal letter example

Ilustrasi seseorang menulis personal letter example (DOK.PEXELS/picjumbo.com)

1. Address Atau Alamat Pengirim 

Selain membutuhkan alamat penerima surat agar pesan sampai di tujuan, kamu juga perlu menuliskan alamat terang agar penerima tau. Namun, alamat terang sifatnya opsional atau tidak wajib tertera pada personal letter

Untuk tata letaknya sendiri yaitu terpisah. Dimana, alamat pengirim berada di pojok kiri atas sedangkan alamat penerima berada di pojok kanan sedikit ke bawah atau di baris setelah alamat pengirim. 

2. Date Atau Tanggal 

Struktur personal letter example yang kedua yaitu tanggal. Selain alamat, tanggal penulisan surat juga perlu dilampirkan dalam surat. Sama seperti alamat, tanggal juga bersifat opsional atau tidak wajib. Penulisan tanggal dalam personal letter to friend ada dua jenisnya yaitu British style dan American style. 

Dimana, jika kamu menulisnya dalam British style maka, 17 August 2022 sedangkan ketika kamu menulisnya dalam American style yaitu August 17, 2022. Jadi, kamu harus teliti dalam menuliskan tanggal. 

3. Salutation Atau Salam Pembuka 

Salutation atau salam pembuka juga tidak kalah penting. Salam pembuka diberikan untuk memberikan penghormatan kepada penerima pesan. Tidak karena itu, memberikan salam untuk sebagai pembuka sebuah pesan dapat mencerminkan sifat personal seseorang. Kamu bisa menggunakan kalimat salam pembuka seperti dear, hii, hello, dan lainnya. 

Baca juga: Apa itu Motivation Letter dan Kenapa Penting untuk Beasiswa?

4. Introduction Atau Perkenalan 

Setelah memberikan salam kepada penerima, selanjutnya yaitu menuliskan kalimat pembuka. Kamu bisa memulainya dengan menanyakan kabar penerima, aktivitas sehari-sehari, atau bahkan menanggapi surat sebelumnya yang membutuhkan balasan. 

Pasalnya, salah satu tujuan personal letter dari personal letter writing adalah bertukar berita yang sifatnya personal atau pribadi. Sehingga, kamu harus jelas dalam menuliskan apa yang ingin disampaikan pada kalimat pembuka. 

personal letter bahasa inggris

Ilustrasi menulis personal letter bahasa inggris (DOK.PEXELS/Lisa Fotios)

5. Body Atau Isi Surat 

Bagian ini sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan semua yang ingin disampaikan berada pada bagian body atau isi surat. Karena sifatnya yang tidak resmi atau non formal, maka kamu dapat menulisnya dengan bahasa sehari-hari yang dipahami, luwes, dan tidak kaku. Intinya, personal letter hanya fungsi personal letter writing untuk bertukar kabar antara dua orang. 

Inilah maksud mempelajari struktur personal letter dalam bahasa inggris dan artinya yaitu agar surat yang kamu tulis bisa terbaca dengan baik oleh pembaca. Selain itu, surat akan lebih terstruktur dan lebih rapi. 

Baca juga: Interpersonal Skill adalah Cara Raih Karier Idaman, Seperti Apa?

6. Closing Atau Penutup 

Setelah menuliskan semua yang ingin disampaikan, selanjutnya yaitu menutup surat yang ditulis. Kamu bisa membubuhkan kalimat penutup sebagai bukti bahwa percakapan atau apa yang ingin disampaikan sudah selesai. singkat saja, tidak perlu panjang-panjang!

7. Complimentary Close Atau Salam Penutup 

Di Bagian akhir, jangan lupa bubuhkan juga salam penutup. Jika kamu sudah membuka dengan salam pembuka, maka berkewajiban untuk mengakhirinya dengan salam penutup. Kamu bisa mengakhirinya dengan menggunakan kalimat with love, yours bestie, warm regards, dan lainnya. 

Untuk memahami lebih dalam mengenai personal letter bahasa inggris, kamu bisa sering-sering berlatih dengan melihat contoh personal letter singkat yang ada di internet, surat kabar, dan lainnya. 

8. Signature Atau Tanda Tangan 

Setelah selesai menulis pesan pada surat, jangan lupa tuliskan tanda tangan beserta nama terang agar pembaca dapat memahaminya dengan baik.

Tak hanya untuk menjelaskan identitas tapi juga bertujuan untuk memenuhi struktur penulisan surat. Agar lebih handal dalam menulis surat, kamu bisa selalu berlatih dengan melihat contoh personal letter untuk teman pada berbagai sumber.

Contoh Writing Personal Letter 

Agar kamu lebih paham dan sebagai bahan latihan, berikut ini akan diberikan satu contoh personal letter bahasa inggris sederhana yang bisa kamu kirimkan kepada teman, orang tua, kerabat, dan lainnya. simak contoh berikut! 

Dalam bahasa inggris 

Jalan Gatot Kaca, Semarang, Central Java

December 15, 2022

Chiko Sagara

Jalan Sulaiman, Yogyakarta, Central Java

Chiko My friend

How are you now in Yogya? I heard recently that you won an award as the best volunteer on campus. I’m also happy with that news. 

I’m very proud of you. You are my best friend who is accomplished and kind. I Hope we will meet soon. I really miss you.

How about your college? Is it fun? I hope so. Oh, I want to say that next year I will graduate. On January 15, 2023 to be precise, I hope you can take the time and be here with my family.

Maybe that’s all I want to say. Hope you are fine there.

Best regards Chik,

From your best friend

Dita Fitriyani 

Artian dalam bahasa indonesia  

Jalan Gatot Kaca, Semarang, Jawa Tengah

15 Desember 2022

Chiko Sagara 

Jalan Sulaiman, Yogyakarta, Jawa Tengah

Chiko Temanku

Bagaimana kabarmu sekarang di Yogya?, aku dengar baru ini kamu mendapatkan penghargaan sebagai relawan terbaik di kampus. Aku turut bahagia dengan kabar itu. Maaf aku baru mengabarimu setelah sekian lama.  

Aku sangat bangga padamu. Kamu adalah sahabat terbaikku yang berprestasi dan baik hati. Semoga kita segera bertemu di kesempatan yang akan datang. Aku sangat merindukanmu. 

Bagaimana dengan kuliahmu? apakah menyenangkan, ku harap begitu. Oh, aku ingin menyampaikan jika tahun depan aku sudah wisuda. Tepatnya pada 15 Januari 2023, ku harap kamu bisa meluangkan waktu dan hadir bersama keluargaku disini. 

Mungkin itu saja yang ingin ku sampaikan. Semoga kamu disana baik-baik saja. 

Salam hangat yang Chik,

Dari Sahabatmu 

Dita Fitriyani

Tujuan Membuat Personal Letter

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai dituliskannya write a personal letter. Utamanya, personal letter bisa digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi kepada seseorang. 

Kamu bisa memberikan dukungan, permintaan maaf, atau memberikan kabar secara rahasia hanya kepada penerima surat. 

Melalui surat pribadi, penulis dapat menyampaikan pesan dengan lebih mendalam, karena memiliki kebebasan dalam mengungkapkan perasaan tanpa batasan tertentu.

Selain itu, examples of personal letters juga bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa bangga atau apresiasi pada sang penerima. Misalnya, untuk temanmu yang baru saja mendapatkan promosi jabatan terbaru. 

Selain itu, personal letter bisa kamu siapkan pada pengiriman hadiah kepada penerima.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.