Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Personal Letter adalah: Struktur, Tema, dan Contoh

personal letter

Pernahkah kamu berkirim surat dengan orang lain? Dalam bahasa Inggris, surat yang dikirim secara pribadi disebut personal letter. Hal ini berbeda dengan surat yang dikirim untuk tujuan bisnis atau profesional, yang disebut dengan surat atau email profesional.

Walaupun saat ini sudah zaman modern dan orang lebih menyukai berkirim pesan singkat, menulis pesan melalui surat bisa tetap mengasyikkan, lho. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang personal letter dalam bahasa Inggris.

Apa itu Personal Letter?

Personal letter adalah surat yang dikirim untuk tujuan pribadi, misalnya menyampaikan kabar, mengundang ke suatu acara, mengucapkan selamat, atau mengucapkan belasungkawa kepada orang terdekat.

Berbeda halnya dengan business letter yang tujuannya adalah menyampaikan informasi secara profesional, misalnya terkait bisnis. Maka dari itu, personal letter tidak tepat digunakan untuk lamaran kerja.

Struktur Personal Letter

Sebetulnya tidak ada rumus baku untuk menuliskan personal letter, mengingat sifatnya yang pribadi. Namun biasanya orang menggunakan struktur seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Date (Tanggal)

Biasanya bagian paling pertama dari sebuah surat adalah tanggal saat surat itu dituliskan. Tanggal dapat ditulis di bagian atas kanan maupun kiri.

Address (Alamat)

Alamat pengirim di personal letter biasanya dituliskan di bagian kanan atas. Sementara itu alamat penerima tertulis di bagian kiri atas.

Greeting (Salam Pembuka)

Salam pembuka memiliki beragam variasi. Mengingat sifatnya personal, maka salam tersebut tidak perlu terlalu baku. Misalnya Dear, Hi, atau Hallo.

Introduction (Perkenalan)

Bagian ini merupakan pembuka yang berisi komentar atas surat sebelumnya maupun menyampaikan maksud surat ini ditulis.

Body (Isi)

Bagian ini merupakan yang paling penting, karena berisi inti surat.

Closing (Penutup)

Selanjutnya kamu bisa menambahkan kalimat penutup untuk mengakhiri surat. Kamu bisa menambahkan harapan, misalnya berharap akan memperoleh surat balasan.

Greeting for Closing (Salam Penutup)

Salam penutup untuk surat pribadi bisa beragam, misalnya Best regards, Truly yours, dan lain-lain.

Signature (Tanda Tangan)

Setelah menutup surat, jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dan nama terang.

Tema Personal Letter

Apa saja contoh isi surat pribadi? Berikut contoh-contohnya.

  • Memberi tahu kabar
  • Menerima atau menolak undangan acara
  • Meminta maaf
  • Menyampaikan ucapan selamat
  • Berterima kasih
  • Meminta saran
personal letter

Contoh Personal Letter

Setelah mengetahui penjelasan tentang personal letter, berikut contoh yang bisa kamu pelajari.

495 West Village Way
Suite 975
New York, New York
10023-6825

January 15, 2022

Mavis Jamieson
880 West 60th Street
Suite 1850
New York, New York
10025-5745

Dear Mavis,

Please accept my heartiest congratulations on your recent selection for inclusion on the short-list for the NY City Writers Prize.

I just heard the news today from Francis Lukacs when she dropped into my office with the marked up proofs for her latest collection of stories. As you can imagine, Fran was very excited too!

I am so proud of you. As you know, I have been a longtime promoter of your work, and in my mind it’s about time they finally recognized your talent. In fact, I believe that your selection for the NYCWP short-list is long overdue.

I have already read two of the other books that are short-listed and in my opinion they don’t hold a candle to your “No Turning Back”. I will read the other three books nominated and let you know what I think. Although, I could hardly be considered an objective reviewer on this one!

Once again Mavis, my sincere congratulations on your nomination. Just being nominated for the NYCWP is an honor in itself. I will be keeping my fingers crossed for you until they announce the winner on March 1st.

Sincere best wishes,

Brad Merchant

Belajar Bahasa Inggris Bersama Lister

Bagaimana, sudah semakin mahir membuat tulisan berbahasa Inggris? Agar kamu semakin fasih, ikuti Kursus Bahasa Inggris di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan mendukung proses belajar. Kamu juga dapat memilih jumlah kelas sendiri, sesuai yang kamu mau. Daftar sekarang!