Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Compound Sentence Bahasa Inggris: Pengertian dan Contoh

studi buku

Untuk menyusun kalimat dalam bahasa Inggris, baik yang sederhana maupun kompleks, ada tata bahasa tersendiri yang harus dipatuhi. Hal ini akan berpengaruh pada diterimanya pesan yang hendak disampaikan.

Salah satu materi grammar bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui adalah compound sentence.

Jika mempelajari secara mandiri materi compound sentence terlalu rumit, kamu bisa bergabung dan mendaftar di Program Lister agar mendapatkan pemahaman dari tutor terbaik!

Pengertian Compound Sentence

Tak hanya bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga mengenal kalimat majemuk atau compound sentenceCompound sentence adalah kalimat yang terdiri dari dua kalimat tunggal. Kedua kalimat itu dihubungkan dengan kata penghubung atau tanda koma. Kalimat compound sentence bisa menggunakan kata penghubung FANBOYS (for, and, nor, but, or, yet, so).

Contoh:

  • The black dog has won many prizes, but he doesn’t know many tricks. (Anjing hitam itu telah memenangkan banyak penghargaan, tapi ia tidak tahu banyak trik).

Pengertian Complex Compound Sentence

Complex compound sentence yaitu kalimat yang terdiri dari dua klausa, yaitu independent clause dan dependent clause. Untuk pemula, materi ini memang bisa jadi sedikit membingungkan.

Kuncinya adalah memahami makna dari independent clause dan dependent clause. Independent clause artinya kalimat yang bisa berdiri sendiri dan tidak membutuhkan kalimat lain untuk menyampaikan pesan. Berbeda dengan dependent clause yang tidak bisa berdiri sendiri dan membutuhkan kalimat lain agar pesan yang ingin disampaikan diterima.

Contoh Compound Sentence

  • She didn’t want to play with Tika, and she didn’t want to play with Fita. (Dia tidak ingin bermain dengan Tika, dan dia tidak ingin bermain dengan Fita).
  • Let’s go to the swimming pool, for it’s hot inside the house. (Mari kita pergi ke kolam renang, karena hawanya panas di dalam rumah).
  • I don’t want to practice playing the violin, yet I don’t want to disobey my mother. (Aku tidak ingin berlatih bermain violin, tetapi aku tidak ingin mematuhi ibuku).

Contoh Complex Compound Sentence

  • While she’s doing her laundry, Jany is reading the novel, and Angga is drawing the comic book. (Ketika dia mencuci pakaian, Jany sedang membaca sebuah novel, dan Angga sedang menggambar komik.)
  • Though Mitchell prefers watching romantic films, he rented the latest spy thriller, and he enjoyed it very much. (Meskipun Mitchell lebih suka menonton film romantis, dia menyewa film thriller terbaru, dan ia sangat menikmatinya).