Compound Sentence Bahasa Inggris: Pengertian dan Contoh

Compound Sentence

Kursus Academic Writing – Ada banyak cara untuk menyusun kalimat dalam bahasa Inggris. Salah satu yang perlu dipelajari adalah compound sentence.

Jika mempelajari secara mandiri materi compound sentence terlalu rumit, kamu bisa bergabung dan mendaftar di Program Lister agar mendapatkan pemahaman dari tutor terbaik!

Pengertian Compound Sentence

Tak hanya bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga mengenal kalimat majemuk atau compound sentenceCompound sentence adalah kalimat yang terdiri dari dua kalimat tunggal.

Kedua kalimat itu dihubungkan dengan kata penghubung atau tanda koma. Kalimat compound sentence bisa menggunakan kata penghubung FANBOYS (for, and, nor, but, or, yet, so).

Contoh:

  • The black dog has won many prizes, but he doesn’t know many tricks. (Anjing hitam itu telah memenangkan banyak penghargaan, tapi ia tidak tahu banyak trik).

Contoh Compound Sentence

Kalimat majemuk adalah struktur kalimat yang terdiri dari dua klausa atau lebih yang saling terkait. 

Dengan menggunakan compounds sentences, penulis dapat menggabungkan ide yang berkaitan secara efektif, sehingga bisa menambah nuansa dan kejelasan dalam tulisannya. Berikut, examples of compound sentences,

  • She didn’t want to play with Tika, and she didn’t want to play with Fita. (Dia tidak ingin bermain dengan Tika, dan dia tidak ingin bermain dengan Fita).
  • Let’s go to the swimming pool, for it’s hot inside the house. (Mari kita pergi ke kolam renang, karena hawanya panas di dalam rumah).
  • I don’t want to practice playing the violin, yet I don’t want to disobey my mother. (Aku tidak ingin berlatih bermain violin, tetapi aku tidak ingin mematuhi ibuku).
compound sentence adalah

Ilustrasi seseorag belajar, compound sentence adalah, (DOK.PEXELS/Judit Peter)

Pengertian Complex Compound Sentence

Complex compound sentence yaitu kalimat yang terdiri dari dua klausa, yaitu independent clause dan dependent clause. Untuk pemula, materi ini memang bisa jadi sedikit membingungkan.

Kuncinya adalah memahami makna dari independent clause dan dependent clause. Independent clause artinya kalimat yang bisa berdiri sendiri dan tidak membutuhkan kalimat lain untuk menyampaikan pesan.

Berbeda dengan dependent clause yang tidak bisa berdiri sendiri dan membutuhkan kalimat lain agar pesan yang ingin disampaikan diterima.

Contoh Complex Compound Sentence

  • While she’s doing her laundry, Jany is reading the novel, and Angga is drawing the comic book. (Ketika dia mencuci pakaian, Jany sedang membaca sebuah novel, dan Angga sedang menggambar komik.)
  • Though Mitchell prefers watching romantic films, he rented the latest spy thriller, and he enjoyed it very much. (Meskipun Mitchell lebih suka menonton film romantis, dia menyewa film thriller terbaru, dan ia sangat menikmatinya).
examples of compound sentences

Ilustrasi seseorang mengerjakan examples of compounds sentences (DOK.PEXELS/Todoran Bogdan)

Kursus Academic English, Raih Prestasi Maksimal!

Kemampuan menulis bahasa Inggris secara akademis berbeda dengan menulis bahasa Inggris pada umumnya.

Daftarkan dirimu dengan mengikuti di Kursus Academic Writing Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Pixabay.

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.