Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

4 Speaking Skills yang Harus Kamu Kuasai, Mengapa Penting?

Kursus Speaking Local – Ingin semakin fasih speaking, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Kamu dapat berangkat dari empat speaking skills yang menjadi dasar.

Apa itu Speaking Skills?

Speaking skills adalah keterampilan berbicara. Keterampilan ini membantu kamu dapat berkomunikasi secara efektif.

Komunikasi secara efektif artinya menyampaikan informasi secara verbal yang dapat dipahami pendengar dengan mudah.

Speaking English adalah salah satu materi yang selalu diajarkan di sekolah maupun kursus bahasa. Pasalnya speaking adalah satu dari empat keterampilan berbahasa selain reading, listening, dan writing.

Pentingnya Speaking Skills

Keterampilan berbicara menunjukkan kemampuan berbahasa secara aktif. Dengan speaking, kamu tidak hanya menerima bahasa secara pasif, tetapi juga dapat berkomunikasi secara aktif.

Kemampuan speaking digunakan dalam setiap saat di keseharian kita, baik informal atau formal speaking.

Informal speaking penting untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Formal speaking penting untuk berkomunikasi di tempat kerja, presentasi, dan berbincang dengan orang asing.

Baca juga: Rekomendasi Topik ‘Speaking English’ yang Menarik dan Mudah

4 Speaking Skills

Teori dari para ahli bahasa menyebutkan keterampilan berbicara terbagi menjadi empat. Apa saja?

Vocabulary

Sebelum mulai berbicara, kamu harus mengetahui kosakata terlebih dahulu. Kamu dapat menambah perbendaharaan kosakata dengan vocabulary building.

Vocabulary berkaitan dengan pemahaman arti dan cara pelafalan yang tepat. Jika kamu menguasai banyak vocabulary, kamu dapat berkomunikasi lebih mudah dengan orang lain.

Grammar

Grammar ternyata tidak hanya dibutuhkan untuk writing, tetapi juga speaking. Pentingnya grammar dalam speaking adalah membuat orang dapat memahami maksud lebih mudah dengan tenses dan struktur yang tepat.

Pronunciation

Cara pelafalan adalah hal yang penting saat belajar speaking. Kamu dapat belajar pelafalan yang tepat dengan mendengarkan video, podcasts, guru, atau tutor. Kemudian, perlu kamu praktikkan dengan berkomunikasi kepada orang lain.

Perlu kamu pahami, ada banyak sekali aksen dan dialek bahasa Inggris di seluruh dunia. Hal ini bisa jadi membingungkan.

Kamu dapat berlatih mendengarkan jenis-jenis aksen yang beragam untuk memahami perbedaannya.

Fluency

Fluency berhubungan dengan kefasihan saat berbicara. Hal ini bisa kamu latih dengan membaca keras-keras, melakukan presentasi, dan bercakap-cakap.

Latihan tersebut dapat membantu kamu dapat berbicara dengan lancar atau tidak tersendat-sendat. 

Kursus Speaking Local, Bantu Kamu Percaya Diri

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking Local di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!