Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

BBC English: Aksen ‘Standar’ Inggris yang Kamu Wajib Tahu

Kursus Speaking Local – Saat belajar speaking bahasa Inggris, kamu tentu menyadari aksen British yang khas. Namun tahukah kamu, di Inggris sendiri ada banyak sekali aksen berbeda?

Aksen British yang mendunia atau dianggap sebagai aksen standar adalah BBC English. Cari tahu asal-usul, jenis, hingga cara belajarnya.

Apa itu BBC English?

BBC English adalah aksen yang digunakan para penyiar stasiun berita BBC, yaitu Received Pronunciation atau RP. Aksen ini sering disebut sebagai aksen khas British yang sesungguhnya.

RP disebut juga dengan Queen’s English, King’s English, Standard English, Standard Accent, BBC English, atau Oxford English. Ciri khas RP adalah menggunakan grammar baku, sehingga dianggap sebagai aksen bahasa Inggris standar.

Meskipun RP tidak berdasarkan wilayah tertentu, pengguna aksen ini memiliki latar belakang sosial dan pendidikan yang spesifik.

Asal-usul

Istilah Received Pronunciation pertama kali dicetuskan linguis AJ Ellis pada 1869 untuk menyebut aksen yang digunakan kalangan elit. Hal ini dijelaskan dalam British Library.

Istilah received merujuk pada pengertian accepted atau approved, artinya pelafalan tersebut diterima secara umum sebagai pelafalan standar.

Aksen ini banyak digunakan kalangan atas yang bersekolah di Winchester, Eton, Harrow, dan Rugby, lalu melanjutkan kuliah di Oxford atau Cambridge.

RP juga dipakai Keluarga Kerajaan Inggris, sehingga disebut pula Queen’s English.

Aksen RP didasarkan pada aksen di kawasan Midlands, yakni London, Exford, dan Cambridge. RP kemudian diasosiasikan dengan mereka yang berpendidikan tinggi dan berasal dari sosialita elit.

Walaupun dianggap sebagai aksen British yang sesungguhnya, pengguna RP sebenarnya hanya sebanyak 3 persen dari keseluruhan populasi Inggris.

Selain itu, aksen RP digunakan dalam pelajaran bahasa Inggris kepada orang asing. Maka dari itu, RP dikenal dunia sebagai aksen Inggris.

Digunakan oleh BBC

Pada 1922, BBC Advisory Committee on Spoken English menetapkan Received Pronunciation sebagai aksen standar untuk penyiaran mereka. Dari sini muncul istilah BBC English.

Menurut mereka, bahasa Inggris standar yang diucapkan dengan aksen RP adalah yang paling mudah dipahami di Inggris dan seluruh dunia.

Selain itu, penggunaan aksen dari wilayah tertentu dapat mendiskriminasi penonton mereka yang beragam, yang mungkin bukan pengguna aksen tersebut.

Namun penggunaan RP sebagai aksen utama dirasa kurang representatif terhadap pengguna bahasa Inggris secara keseluruhan. Sejak 1989, BBC menetapkan kebijakan penyiar dapat menggunakan aksen selain RP.

Baca juga: Perbedaan English British dan American dan Kosakatanya

Jenis-Jenis

Received Pronunciation terbagi menjadi tiga jenis.

  • Conservative RP merujuk pada penggunaan aksen yang konservatif dan digunakan kalangan aristokrat dan generasi yang lebih tua.
  • Mainstream RP merujuk pada aksen yang secara netral dapat digunakan berbagai generasi dan profesi.
  • Contemporary RP digunakan pada pengguna aksen RP generasi muda.

Ciri-Ciri

Beberapa ciri utama Received Pronunciation adalah berikut ini.

  • Bunyi [ɑː] pada kata-kata yang mengandung huruf a, seperti bath, palm, dan start.
  • Huruf h di awal kata tetap diucapkan.
  • Kata-kata seperti news, due, Tuesday, enthusiasm, atau stupid diucapkan dengan bunyi /j/, seperti /nju:z/, /dju:/, /ˈtju:zdeɪ/, ˈθjuːziæzəm/, dan ˈstju:pɪd/. Sementara itu aksen American English mengucapkannya /nu:z/, /du:/, /ɪnˈθuːziæzəm/, dan seterusnya.

Cara Speaking BBC English

Ingin bisa berbicara dengan aksen khas ini? Cari tahu caranya berikut ini.

Menonton siaran BBC

Cara yang paling mudah tentu saja menonton siaran dari BBC. Kamu dapat mengakses streaming BBC di situs atau media sosial mereka.

Perhatikan cara penyiar melafalkan ucapannya. Cobalah menonton tanpa subtitle untuk melatih listening pula.

Menelepon customer service

Cara yang satu ini agak unik. Kamu dapat menelepon customer service dari perusahaan yang berasal dari Inggris.

Para customer service tersebut tentu sudah terlatih menggunakan bahasa Inggris standar dengan aksen yang jelas.

Kamu dapat berlatih listening dan speaking sekaligus. Tanyakan informasi tentang produk tertentu dari perusahaan tersebut. Kamu juga dapat meminta customer service mengulang kalimatnya saat menjelaskan.

Berteman dengan native speaker

Kamu dapat berteman dengan native speaker yang memiliki aksen tersebut. Kamu dapat berkomunikasi dan melatih speaking secara langsung.

Kursus Speaking Local, Bantu Kamu Percaya Diri

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking Local di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!