Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak, Simak Yuk!

Kursus English for Kids – Meski setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, ada satu kesamaannya yakni menyenangkan. Begitu pula dalam belajar bahasa Inggris, anak harus belajar secara menyenangkan.

Beberapa tips belajar bahasa Inggris untuk anak di bawah ini sudah kami rangkum, semoga membantu ya. Simak yuk!

Rutin Berbahasa Inggris di Rumah & Lingkungan

Sebagai orang tua tentu memiliki kendali yang lebih saat anak masih kecil. Sehingga, orang tua dapat mendisiplinkan anak untuk belajar hal baru. Termasuk rutin berbahasa Inggris di rumah dan lingkungan sekitarnya. Mulai, bangun rutinitas dengan membuat jadwal tertentu untuk mulai berbahasa Inggris di rumah. 

Contoh: saat anak pulang sekolah, sediakan satu jam untuk sesi berbicara dengan bahasa Inggris. Gunakan sesi speaking-listening secara bergantian antara orang tua dan anak. Topik bahasan yang digunakan bersifat bebas, menghibur, namun tetap mendidik. Selain itu, membacakan cerita bahasa Inggris setiap malam juga bisa menjadi alternatif menarik, bukan?  Apapun kegiatannya yang terpenting adalah bersifat repetitif. Pengulangan masih menjadi poin penting yang tidak bisa dilewatkan. Untuk memaksimalkan sifat alamiah anak yaitu peniru ulung, perdengarkan frasa bahasa Inggris berkali-kali sehingga mereka siap mengucapkannya sendiri. 

Baca juga: Manfaat Belajar Bilingual untuk Anak-Anak

Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan dengan Game

Lagi-lagi memanfaatkan sifat alamiah anak yang menyukai permainan yang menyenangkan, belajar juga demikian. Ingin mengajari kosakata baru? Gunakan flashcard untuk melakukan permainan seperti Kim, Snap atau Happy Family.  Ada pula jenis Permainan Aksi seperti Simon Says, Charades, dan What’s The Time Mr Wolf. Jenis Permainan Papan seperti Ular Tangga atau permainan tradisional lainnya dan I Spy atau Hangman untuk Permainan Kata.

Belajar Menggunakan Lagu

Selanjutnya, manfaatkan sikap anak-anak yang suka bernyanyi dan menari untuk belajar bahasa Inggris. Melansir dari britishcouncil.org, lagu adalah cara yang cukup efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata baru dan memperbaiki cara pengucapannya. Nyanyian dengan gaya atau tarian juga cocok untuk anak-anak.

Belajar Mengasah Vocabulary and Speaking

Anak adalah seorang peniru yang ulung, sehingga jika sedang belajar bahasa baru maka yang paling utama diajarkan adalah kemampuan berbicara (speaking). Untuk menunjang kemampuan speaking yang baik, maka diajarkan kosakatanya (vocabulary). Tak perlu rumit, cukup kosakata sehari-hari seperti angka, warna, kata sifat, bagian tubuh, hewan, makanan, bangunan, dan masih banyak lainnya.

Belajar Seperti Bermain dengan English for Kids

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini dan nanti. Siapkan diri untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak dengan mengikuti Kursus English for Kids di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Student dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!