Cek Butuh Waktu Berapa Lama Belajar Bahasa Inggris?

Kursus Bahasa Inggris – Sama halnya seperti setiap orang yang memiliki karakteristik masing-masing, cara dan kecepatan belajar tiap orang pun berbeda. Menurut Open College, ada enam cara belajar manusia yang dikategorikan, yakni; visual, aural, verbal, physical, logical, dan social.

  • Visual adalah cara belajar terbaik melalui gambar visual seperti gambar, grafik, dan diagram.
  • Aural adalah cara belajar terbaik melalui mendengarkan informasi dan percakapan.
  • Verbal adalah cara belajar terbaik melalui kata-kata tertulis melalui membaca dan menulis.
  • Physical adalah cara belajar terbaik melalui fisik melakukan tugas.
  • Logical adalah cara belajar paling baik melalui logika, penalaran, dan sistem – jika tidak, dikenal sebagai seseorang dengan pikiran matematis.
  • Social adalah cara belajar melalui berbicara dan bekerja dalam kelompok.

Nah, dalam belajar bahasa Inggris, beberapa sumber mengatakan bahwa seorang pemula bisa belajar bahasa Inggris dalam setahun. Secara khusus, satu tahun adalah jumlah rata-rata waktu yang dibutuhkan orang dewasa untuk menjadi cukup fasih untuk mahir dalam bahasa Inggris jika ia memulai sebagai pemula dan belajar setidaknya 5 jam sehari. Namun, sekali lagi ditentukan oleh kualitas belajar dari masing-masing individu tersebut.

Ketentuan Lama Belajar Bahasa Inggris

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk belajar bahasa Inggris tergantung pada banyak hal:

  • Tingkat bahasa Inggris saat ini
  • Tingkat bahasa Inggris yang dibutuhkan
  • Bahasa apa yang sudah kamu kuasai
  • Jika kamu tinggal di negara berbahasa Inggris, jawablah beberapa pertanyaan ini:
  • Seberapa keras kamu belajar?
  • Seberapa banyak kamu berlatih?
  • Seberapa baik kamu dalam belajar bahasa?

Untuk mengetahui level kamu saat ini, uji bahasa Inggris kamu dengan mengikuti English Proficiency Test. Tes ini akan memberimu skor pada skala CEFR, yang memiliki enam level dari A1 hingga C2. Sebagai bahan percobaan, kamu bisa mengikuti General English Placement Test di sini.

Tentukan tingkat bahasa Inggris yang kamu butuhkan. Kebanyakan orang membutuhkan level B2 untuk bekerja dalam bahasa Inggris, tetapi itu tergantung pada pekerjaan kamu dan negara tempat kamu bekerja. Berikut ini adalah beberapa deskripsi level CEFR dan apa yang bisa kamu lakukan dengan masing-masing level tersebut.

Level Kemampuan Bahasa Inggris

Hitung berapa jam waktu yang kamu perlukan untuk beralih dari tingkat bahasa Inggris yang kamu miliki ke tingkat bahasa Inggris yang kamu butuhkan. Berikut tabel kecil untuk referensi:

Level of English (CEFR)Number of hours of instruction (Waktu yang dibutuhkan)
Zero to A170 hours
A1 to A2150 hours
A2 to B1300 hours
B1 to B2200 hours
B2 to C1200 hours
C1 to C2200 hours

Jadi jika saat ini kamu seorang pemula dan kamu perlu mencapai level B2, yakni 70 + 150 + 300 + 200 = 720 jam pengajaran. Tambahkan 50% lagi ke perkiraan ini jika kamu hanya berbicara satu bahasa dan itu bahasa yang sangat berbeda dari bahasa Inggris (contoh; bahasa Cina, Arab, Jepang, dan Korea).

Selanjutnya, bagi total jam menjadi hari untuk melihat jangka waktu yang kamu perlukan untuk menguasai bahasa Inggris.

Dalam contoh di atas, seorang pemula ingin mencapai level B2 dan mengambil kelas bahasa Inggris selama 1 jam per minggu, ia akan membutuhkan 720 minggu atau 14 tahun untuk belajar bahasa Inggris! Namun, jika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris dengan 5 jam pelajaran sehari ditambah 2 jam lagi untuk berlatih, maka kamu hanya perlu 102 hari untuk mencapai tujuan itu. Dengan asumsi kamu tidak memiliki kelas di akhir pekan, maka perhitungannya sekitar 6 bulan.

Nah, itulah ulasan mengenai pertanyaan “berapa lama waktu belajar bahasa Inggris?”. Kabar baiknya, belajar bahasa Inggris saat ini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online dan jadwal fleksibel, namun tetap memberikan kualitas belajar yang bagus lho.

Kursus Bahasa Inggris Secara Online Tanpa Ribet

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di berbagai negara terutama negara asing adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Inggris di Lister.

Kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini. Daftar sekarang!