Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Speaking English: Kupas Tuntas Definisi dan Cara Belajarnya

English speaking

Mempelajari cara berbicara bahasa Inggris dengan percaya diri sangat penting bagi siapa pun yang mempelajari bahasa tersebut. Tidak ada pengganti untuk menggunakan keterampilan bahasa kamu untuk berkomunikasi secara real-time dan dalam kehidupan nyata – dan tidak ada yang lebih menyenangkan, bukan? Simak ulasan lengkap tentang kupas tuntas definisi dan cara belajar Speaking English di sini!

English speaking, Apa Maknanya?

Menurut Collins Dictionary, definisi dari English speaking adalah

English speaking means able to speak English through having learned it

Bagaimana Cara Belajar Speaking English?

Ingin lancar berbahasa Inggris tapi bingung caranya gimana? Caranya adalah dengan melatih kemampuan English Speaking kamu dari sekarang. Kamu bisa meningkatkan kemampuan speaking melalui tips berlatih English Speaking dibawah ini.

Di dunia modern seperti sekarang, berbahasa Inggris dengan lancar akan memberimu banyak keuntungan. Berbicara dengan bahasa Inggris tak hanya membuatmu memperoleh prestige, tetapi juga dapat membuatmu percaya diri.

Namun, sering kali kita tidak berani untuk berbicara bahasa Inggris, karena sangat jarang latihan dan memperkaya kosakata bahasa Inggris.

Sebenarnya apa saja alasan orang enggan belajar English Speaking?

  • Mereka takut membuat kesalahan, sehingga mereka tidak bisa mengatakan apa yang ingin dikatakan.
  • Mereka juga malu dan takut orang-orang akan menertawakan pengucapannya yang salah.

Tentunya kita semua pernah merasakan perasaan itu saat kita sedang belajar mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris, tetapi jika kamu tertarik untuk meningkatkan kemampuan speaking. Cobalah ikuti tips-tips di bawah ini yuk!

Menonton Film dalam Bahasa Inggris

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah mengganti saluran yang kamu tonton dengan bahasa Inggris. Mulai dari berita, film, ataupun kartun yang sering kamu tonton. Ubahlah subtitle-nya ke dalam bahasa Inggris juga. Latihan ini untuk menambah kosakata bahasa Inggris di memorimu dan kamu juga dapat mengamati bagaimana pengucapan bahasa Inggris yang baik dan benar.

Membaca Buku Berbahasa Inggris

Tidak hanya menonton, membaca buku tentu saja sangat membantu kamu memperkaya kosakata bahasa Inggris. Cobalah untuk mengingat kosakata bahasa Inggris yang ada di buku tersebut. Selain menambah kosakata, membaca mempunyai banyak manfaat yaitu juga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Kamu bisa menyesuaikan dengan kategori buku apa yang kamu sukai, misalnya kategori self development, economy, business, ataupun pshychology. Setelah banyak buku yang kamu baca, selanjutnya kamu bisa berlatih menulis bahasa Inggris melalui bullet jurnal yang berisi pengalaman hidup setiap hari dalam bahasa Inggris sekaligus sebagai metode relaxing juga.

Latihan di Depan Cermin

Buatlah situasi ketika kamu sendirian, seperti berdiri dan berbicara di depan cermin menggunakan bahasa Inggris. Perkenalkan dirimu dan ceritakan apa yang kamu suka, cita-citamu, termasuk hobi dan kegiatan kamu saat ini. Atau jika memungkinkan, kamu bisa mencoba berbicara dalam bahasa Inggris saat menyetir motor sendirian. Nah, daripada melamun saat perjalanan, cara ini bisa bermanfaat dan layak kamu coba.

Mengikuti Kegiatan Berbahasa Inggris

Perhatikan jika ada pengumuman atau iklan kegiatan berbahasa inggris di sekolah, kantor, kampus ataupun disekitarmu. Apabila kamu sudah menemukannya, coba lah ikut ke dalam kegiatan tersebut. Kamu bisa saja berjumpa dengan siswa pertukaran pelajar ataupun guru-guru yang bisa membimbing kamu untuk berlatih English speaking.

Ajak Temanmu Berbicara Bahasa Inggris Secara Rutin

Kamu bisa mengajak teman terdekatmu entah satu atau dua orang untuk berbicara bahasa inggris dengan rutin mungkin setiap hari Sabtu. Kamu dan teman-temanmu bisa mencobanya di sekolah, sepulang sekolah, ataupun saat sedang bersantai. Cara ini cukup efektif bagi kamu yang masih merasa malu dan tidak percaya diri untuk berbicara bahasa inggris didepan orang asing. Atau kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi OME TV untuk mencari orang asing baik hati yang mau mengobrol dengan kamu.

Nah, itulah dia tips-tips yang dapat kamu praktikan untuk melatih English speaking kamu. Lister juga dapat membantu melatih kemampuan english speaking kamu bersama teman-temanmu. Metode yang diajarkan sangat menyenangkan dan membuat kamu berkembang pesat dalam berbahasa inggris. Selain itu, Lister memiliki pengajar profesional yang tidak mengecewakan tentunya.

Program Kursus English Speaking Lister memiliki 3 sub program speaking dengan pengajar Local, Foreign, dan Native Speaker lho. Seluruh sub program ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan kemahiran kamu untuk speaking dalam beragam topik pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

Jadi tunggu apalagi? Lister sedang ada promo spesial untuk kamu yang daftar di bulan ini ya. Ayo daftar sekarang dan nikmati keseruannya.

Sampai jumpa di kelas!