Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Siapa Christopher Columbus? Ini Fakta Unik Sang Penjelajah

christopher columbus

Tertarik dengan kebudayaan Spanyol? Tentu lebih seru jika kamu mempelajari dengan bahasa aslinya! Ikuti Kursus Bahasa Spanyol sebagai awal mula.

Christopher Columbus adalah nama besar dalam dunia penjelajahan abad ke-15. Salah satu kontribusi terbesarnya pada masa itu adalah membuka kolonisasi di Amerika.

blogpost spanyol januari 2022

Siapa Christopher Columbus?

Christopher Columbus dikenal sebagai penjelajah. Ia lahir di Genoa, Italia pada 1451. Columbus dikenal sebagai orang yang menemukan Benua Amerika.

Tentu saja sebelumnya sudah ada orang yang tinggal di Amerika. Mereka disebut penduduk asli Amerika.

Selain itu sebelumnya sudah ada penjelajahan dari Eropa menuju Amerika oleh Leif Ericsson. Walaupun begitu, penjelajahan Columbus dianggap yang pertama memulai eksplorasi dan kolonisasi terhadap Amerika.

Sebelum Penjelajahan

Columbus awalnya tinggal di Lisbon, di mana ia menjadi pedagang. Ia kemudian belajar membuat peta dan mengemudikan kapal.

Bersama saudaranya, Bartholomew, Columbus menyadari terdapat kekayaan tersembunyi di Hindia Timur (China dan Asia Tenggara). Namun perjalanan melalui Jalur Sutra terlalu berbahaya. Sementara itu perjalanan laut mengitari Afrika terlalu lama.

Columbus berpikir ia dapat berlayar langsung ke Hindia Timur dengan melintasi Samudra Atlantik. Namun ia salah. Bumi ternyata lebih besar daripada perkiraannya.

Selain itu, terdapat Benua Amerika yang membatasi Eropa dengan Asia.

kapal christopher columbus
Kapal Christopher Columbus.

Tiga Kapal

Columbus menghabiskan bertahun-tahun meyakinkan orang lain untuk membiayai perjalanannya. Pertama ia mendekati Raja John II dari Portugal, tetapi sang raja tak tertarik.

Akhirnya Columbus berhasil meyakinkan Ratu Isabella dan Raja Ferdinand dari Spanyol untuk membiayai perjalanan tersebut.

Ia pun mulai berlayar pada 3 Agustus 1492 menggunakan tiga kapal yang dinamai Nina, Pinta, dan Santa Maria.

Perjalanan tersebut panjang dan sulit. Bahkan terdapat satu momen di mana anak buah Columbus memberontak dan menuntut pulang.

Columbus berjanji mereka akan pulang dalam dua hari jika tidak menemukan daratan. Walaupun begitu, ia menulis dalam jurnalnya bahwa sebenarnya tidak ada niatan untuk pulang.

Penemuan Daratan

Pada 12 Oktober 1492, sebuah daratan ditemukan. Mereka mendarat di pulau kecil di Bahama yang kemudian dinamai San Salvador.

Columbus bertemu dengan penduduk asli di sana. Ia menyebut penduduk asli dengan nama Indian, karena ia salah mengira telah mendarat di pesisir Hindia Timur.

Columbus juga mengunjungi pulau lain di Karibia, seperti Kuba dan Hispaniola.

Kembali ke Spanyol

Setelah perjalanan tersebut, Columbus kembali ke Spanyol untuk mengklaim penemuannya. Hanya Nina dan Pinta yang berhasil kembali ke Spanyol. Santa Maria tenggelam di pesisir Hispaniola.

Columbus meninggalkan 43 orang di pulau tersebut untuk mendirikan pos.

Saat kembali, Columbus diperlakukan layaknya pahlawan. Ia membawa turkey, nanas, dan beberapa penduduk asli sebagai bukti penemuannya.

Raja Spanyol terkesan dengan penemuan tersebut. Ia bersedia membiayai perjalanan berikutnya.

Perjalanan Selanjutnya

Columbus melakukan tiga perjalanan lagi ke Amerika. Ia menjelajahi Karibia dan menemukan daratan utama Amerika.

Ia sempat menghadapi kesulitan dengan otoritas setempat. Columbus sempat ditangkap karena perbuatannya.

Columbus meninggal dunia pada 20 Mei 1506. Ia masih memiliki angan-angan menemukan jalan pintas ke Asia melalui Samudra Atlantik. Ia tidak menyadari penemuannya saat itu telah mengubah dunia.

Fakta Unik

  • Columbus sempat dikuburkan di Spanyol. Jasadnya kemudian dipindahkan ke Santo Domingo. Tak lama kemudian, jasadnya dipindah kembali ke Spanyol.
  • Columbus membawa kuda ke daratan yang ditemukannya pada perjalanan kedua.
  • Awalnya Columbus berpikir jarak Portugal ke Asia sejauh 3.862 kilometer. Namun ia salah besar. Jarak sesungguhnya adalah 16.000 kilometer.
  • Pelaut yang pertama kali melihat daratan Amerika melalui mercu tiang kapal adalah Rodrigo de Triana. Ia berada di kapal Pinta.