Siapa Christopher Columbus? Ini Fakta Unik Sang Penjelajah

christopher columbus

Kursus Bahasa Spanyol – Tertarik dengan kebudayaan Spanyol? Tentu lebih seru jika kamu mempelajari dengan bahasa aslinya! Salah satu tokoh terkenal berasal dari Spanyol adalah Christopher Columbus.

Ia merupakan nama besar dalam dunia penjelajahan abad ke-15. Salah satu kontribusi terbesarnya pada masa itu adalah membuka kolonisasi di Amerika.

Siapa Christopher Columbus?

Christopher Columbus dikenal sebagai penjelajah. Ia lahir di Genoa, Italia pada 1451.

Christoper Columbus merupakan seorang putra pedagang Wol. Ia sudah sejak remaja bergelut dengan kapal.

Ia bahkan pernah terbak di laut hingga mengapung menuju pantai dengan sepotong kayu, ketika pembajak laut menyerang kapalnya. 

Tak hanya sampai di situ saja, ia kemudian belajar matematika, astronomi, hingga navigasi untuk mengubah dunia.

Columbus dikenal sebagai orang yang menemukan Benua Amerika.

Tentu saja sebelumnya sudah ada orang yang tinggal di Amerika. Mereka disebut penduduk asli Amerika.

Selain itu sebelumnya sudah ada penjelajahan dari Eropa menuju Amerika oleh Leif Ericsson. Walaupun begitu, penjelajahan Columbus dianggap yang pertama memulai eksplorasi dan kolonisasi terhadap Amerika.

Sebelum Penjelajahan

Columbus awalnya tinggal di Lisbon, di mana ia menjadi pedagang. Ia kemudian belajar membuat peta dan mengemudikan kapal.

Bersama saudaranya, Bartholomew, Columbus menyadari terdapat kekayaan tersembunyi di Hindia Timur (China dan Asia Tenggara). Namun perjalanan melalui Jalur Sutra terlalu berbahaya. Sementara itu perjalanan laut mengitari Afrika terlalu lama.

Columbus berpikir ia dapat berlayar langsung ke Hindia Timur dengan melintasi Samudra Atlantik. Namun ia salah. Bumi ternyata lebih besar daripada perkiraannya.

Meskipun dia tidak mencapai tujuannya untuk mencari rute ke Hindia Timur, perjalanannya membuka jalan bagi penjelajahan dan penjajahan lebih lanjut di Amerika.

Namun, juga penting untuk diingat bahwa penjelajahan Columbus dan penjajahan berikutnya memiliki dampak besar pada penduduk asli Amerika

Selain itu, terdapat Benua Amerika yang membatasi Eropa dengan Asia.

Baca juga: 10 Ungkapan Bahasa Spanyol Aku Cinta Kamu, Te amo!

Tiga Kapal

Columbus menghabiskan bertahun-tahun meyakinkan orang lain untuk membiayai perjalanannya. Pertama ia mendekati Raja John II dari Portugal, tetapi sang raja tak tertarik.

Akhirnya Columbus berhasil meyakinkan Ratu Isabella dan Raja Ferdinand dari Spanyol untuk membiayai perjalanan tersebut.

Ia pun mulai berlayar pada 3 Agustus 1492 menggunakan tiga kapal yang dinamai Nina, Pinta, dan Santa Maria.

Perjalanan tersebut panjang dan sulit. Bahkan terdapat satu momen di mana anak buah Columbus memberontak dan menuntut pulang.

Columbus berjanji mereka akan pulang dalam dua hari jika tidak menemukan daratan. Walaupun begitu, ia menulis dalam jurnalnya bahwa sebenarnya tidak ada niatan untuk pulang.

Penemuan Daratan

Pada 12 Oktober 1492, sebuah daratan ditemukan. Mereka mendarat di pulau kecil di Bahama yang kemudian dinamai San Salvador.

Christopher Columbus bertemu dengan penduduk asli di sana. Ia menyebut penduduk asli dengan nama Indian, karena ia salah mengira telah mendarat di pesisir Hindia Timur.

Christopher Columbus juga mengunjungi pulau lain di Karibia, seperti Kuba dan Hispaniola.

Christopher Columbus melakukan beberapa kunjungan ke pulau-pulau lain di wilayah Karibia selama perjalanan penjelajahannya.

Setelah mendarat di San Salvador, Kepulauan Bahama, Columbus dan kapal yang dipimpinnya terus menjelajahi perairan Karibia untuk mencari rute ke Hindia Timur.

Selain Kuba dan Hispaniola, Christopher Columbus juga menjelajahi pulau kecil dan pantai di Karibia, termasuk pulau-pulau seperti Jamaica, Puerto Rico, dan Kepulauan Turks and Caicos.

Ia dan kru kapal yang dipimpinnya terus mencari emas dan barang berharga lainnya, tetapi hasilnya tetap tidak memuaskan.

Kembali ke Spanyol

Setelah perjalanan tersebut, Columbus kembali ke Spanyol untuk mengklaim penemuannya. Hanya Nina dan Pinta yang berhasil kembali ke Spanyol. Santa Maria tenggelam di pesisir Hispaniola.

Columbus meninggalkan 43 orang di pulau tersebut untuk mendirikan pos.

Saat kembali, Columbus diperlakukan layaknya pahlawan. Ia membawa turkey, nanas, dan beberapa penduduk asli sebagai bukti penemuannya.

Raja Spanyol terkesan dengan penemuan tersebut. Ia bersedia membiayai perjalanan berikutnya.

Baca juga: 13 Istilah Bahasa Spanyol yang Indah, Sudah Tahu Artinya?

Perjalanan Selanjutnya

Columbus melakukan tiga perjalanan lagi ke Amerika. Ia menjelajahi Karibia dan menemukan daratan utama Amerika.

Ia sempat menghadapi kesulitan dengan otoritas setempat. Columbus sempat ditangkap karena perbuatannya.

Columbus meninggal dunia pada 20 Mei 1506. Ia masih memiliki angan-angan menemukan jalan pintas ke Asia melalui Samudra Atlantik. Ia tidak menyadari penemuannya saat itu telah mengubah dunia.

Rute perjalanan Christopher Columbus

Christopher Columbus memulai perjalanannya pada tahun 1492 yang mana menggunakan tiga kapal. Berbulan-bulan kemudian, Columbus berlayar dari pulau satu ke pulau lainnya untuk menemukan emas, rempah, dan barang lainnya. 

Sempat meninggalkan kru kapal di Haiti dan Republika Dominika, Christopher Columbus melanjutkan perjalannya menuju ke sebuah benua. 

Benua yang saat ini dikenal dengan nama Amerika. Selama melanjutkan perjalanannya dengan berlayar pada tahun 1493 hingga 1498, ia akhirnya melakukan perjalanan ketiganya dengan melintasi Altantik. 

Rute perjalanan Christopher Columbus yang terakhir setelah dibebaskan dari tuduhan menjadi seorang pemimpan yang tidak berkompeten. 

Columber menemukan selat Malaka hingga pada tahun 1502, Columbus sempat berlayar melaju hingga ke Panama. 

Namun sayang, ia pulang hanya dengan membawa tangan kosong, hingga pada 1506 Christopher Columbus jatuh sakit. 

Fakta Unik Christopher Columbus

  • Columbus sempat dikuburkan di Spanyol. Jasadnya kemudian dipindahkan ke Santo Domingo. Tak lama kemudian, jasadnya dipindah kembali ke Spanyol.
  • Columbus membawa kuda ke daratan yang ditemukannya pada perjalanan kedua.
  • Awalnya Columbus berpikir jarak Portugal ke Asia sejauh 3.862 kilometer. Namun ia salah besar. Jarak sesungguhnya adalah 16.000 kilometer.

Namun, kenyataannya adalah bahwa jarak antara Portugal dan Asia jauh lebih jauh daripada yang diperkirakan Columbus.

Perjalanan Columbus pertama kali ke Dunia Baru, yang kini kita kenal sebagai Amerika, mengungkapkan bahwa benua Amerika ada di tengah jalur perjalanan.

Rute perjalanan Columbus yang pertama berakhir di apa yang sekarang kita kenal sebagai Kepulauan Karibia.

  • Pelaut yang pertama kali melihat daratan Amerika melalui mercu tiang kapal adalah Rodrigo de Triana. Ia berada di kapal Pinta.

[Kode Promo] Les Bahasa Spanyol, Cek di Sini Sekarang! 

Syarat krusial untuk bisa bekerja, kuliah, hingga tinggal di Spanyol adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Spanyol di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Christopher Vectors di Freepik.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.