Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

13 Istilah Bahasa Spanyol yang Indah, Sudah Tahu Artinya?

Bahasa Spanyol memang indah dan elegan. Dengan bunyi yang enak didengar dan kata-kata yang memiliki arti unik, tak heran kamu semakin ingin mempelajari bahasa Spanyol.

Bahasa Spanyol juga memiliki berbagai istilah yang unik, bahkan sulit diterjemahkan maknanya ke dalam bahasa lain. Kekhasan ini membuatnya menjadi bahasa yang indah.

blogpost spanyol januari 2022

Kamu dapat menggunakan kata-kata ini dalam percakapan sehari-hari. Apa saja istilah bahasa Spanyol yang indah tersebut?

Enchilarse

Pernahkah kamu makan sesuatu yang sangat pedas, sampai lidahmu terasa terbakar? Setelah merasa kepedasan, kamu menyesal memakan hidangan tersebut. Untuk menggambarkan situasi ini, kamu dapat mengatakan enchilarse.

Anteayer

Anteayer dapat diartikan sebagai hari sebelum kemarin. Kita punya padanan kata ini dalam bahasa Indonesia, yakni selumbari. Namun bahasa Inggris tidak memiliki padanan untuk kata ini.

Dominguear

Istilah ini digunakan untuk menyebut kegiatan yang dilakukan di hari Minggu. Kata ini diambil dari domingo, artinya hari Minggu.

Di Spanyol, orang biasanya melakukan dominguear dengan jalan-jalan dan bersantai sebelum pekan yang baru datang.

Encontrar su media naranja

Idiom ini secara harfiah berarti “menemukan setengah jerukmu”. Namun makna sesungguhnya adalah menemukan belahan jiwamu.

El mundo es un pañuelo

Frasa ini secara harfiah berarti “dunia adalah sapu tangan”. Ungkapan ini dapat dipadankan dengan frasa dunia yang sempit atau dunia selebar daun kelor.

Quemarse las pestañas

Frasa ini secara harfiah berarti “membakar bulu mata”. Artinya, kamu belajar atau bekerja sangat keras.

Zaman dulu, orang masih menggunakan lilin sebagai penerangan di malam hari. Jika kita terlalu dekat dengan api dari lilin, kita bisa terbakar.

bahasa spanyol

Sobremesa

Sobremesa adalah obrolan basa-basi yang dilakukan setelah makan, setelah piring-piring disingkirkan. Orang Spanyol sering melakukan sobremesa sambil minum kopi.

Pardo

Pardo adalah nama warna campuran antara abu-abu dan coklat. Istilah ini biasa digunakan untuk mendeskripsikan warna burung hantu atau kucing hutan.

Ponerse las pilas

Frasa ini secara harfiah berarti “memasang baterai”. Kata-kata ini digunakan untuk menyemangati orang yang sedang lelah atau tidak bersemangat.

Me caes bien

Frasa ini dapat diartikan “aku menyukaimu“. Kata-kata ini biasa diucapkan kepada teman.

Desvelado

Secara sederhana, desvelado artinya begadang. Walaupun kita mempunyai padanan bahasa Indonesia, tidak ada padanan bahasa Inggris untuk kata ini.

Empalagarse

Empalagarse adalah sensasi mual yang kamu rasakan jika terlalu banyak makan makanan manis.

Duende

Duende dapat diartikan sebagai rasa takjub atau terpesona yang dialami saat menyaksikan flamenco.

Bahasa Spanyol memang menarik untuk dipelajari. Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang bahasa Spanyol lebih mendalam, dapat mengikuti Kursus Bahasa Spanyol di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama para tutor yang ahli dan berpengalaman. Kamu juga dapat menentukan jumlah pertemuan sendiri. Daftar sekarang, dapatkan harga terjangkau.