Scholastic Assessment Test (Tes SAT): Tujuan, Struktur dan Tips

Tes SAT

SAT Preparation Class – Sebelum melanjutkan studi di Amerika Serikat, kamu wajib lolos tes SAT (Scholastic Assessment Test). Apakah kamu sudah familiar dengan jenis tes yang satu ini?

SAT adalah salah satu ujian standar yang digunakan untuk masuk ke Universitas khususnya di Amerika Serikat. Berikut pengertian, tujuan, contoh, hingga tips menghadapi test SAT untuk kamu.

Alumni SAT Lister : [Cerita Alumni] Ikut SAT Pertama Kali, Almer Zain Langsung Lolos dengan Nilai Tinggi

Scholastic Assessment Test (SAT)

Scholastic Assessment Test, atau disingkat SAT, adalah ujian masuk yang banyak digunakan universitas asing, terutama di Amerika Serikat. Selain itu, ujian ini banyak digunakan sebagai standar masuk universitas di negara-negara berikut.

  • Inggris
  • Australia
  • Jerman
  • Singapura
  • Kanada
  • Malaysia
  • India

SAT diadakan oleh College Board (satsuite.collegeboard.org) , lembaga nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat.

Tujuan SAT yaitu untuk mengukur kesiapan murid di tingkat SMA masuk ke jenjang pendidikan tinggi. Melalui hasil skor SAT, universitas dapat memutuskan kelayakan kandidat untuk diterima maupun ditolak.

Tak hanya melalui hasil SAT, umumnya pihak universitas juga mempertimbangkan hal-hal seperti:

  • nilai GPA saat SMA
  • subjek atau kelas yang diambil di SMA
  • surat rekomendasi dari guru atau mentor
  • kegiatan ekstrakurikuler
  • hasil wawancara
  • esai pribadi

Beberapa universitas luar negeri memberikan syarat berupa ujian SAT dengan skor tertentu. Sehingga jika ingin sekolah ke luar negeri dan kampus memberikan salah satu syarat SAT,

maka kamu perlu melakukan persiapan tes SAT dengan baik. Pelajari apa saja materi tes yang akan dikeluarkan dan range skor nya.

Struktur Tes SAT

Dikutip dari laman resmi College Board, SAT terdiri dari tiga bagian.

ComponentTime Allotted (minutes)Number of Questions/Tasks
Reading and writing6454
Math70 44
Total13498
Struktur tes SAT | Sumber dat : College Board

Peserta memiliki waktu 64 menit untuk menyelesaikan ujian SAT reading and writing dan juga 70 menit untuk ujian matematika. Sehingga total waktunya adalah 2 jam 14 menit.

Akan ada break 10 menit diantara bagian membaca dan matematika.

Kebanyakan pertanyaan merupakan pilihan ganda. Namun ada beberapa pertanyaan matematika yang mengharuskan peserta menulis jawaban lengkap.

Tidak ada penalti untuk jawaban yang salah, sehingga jika kamu kurang yakin dengan jawaban yang harus dipilih, lebih baik menebak daripada mengkosongkan jawaban.

Berikut penjelasan masing-masing seksi selengkapnya:

a. Reading and writing test

Bagian ujian membaca dan menulis dalam tes SAT berisi sajian bacaan pendek yang diikuti oleh pilihan ganda.

Pertanyaan pada soal reading and writing tes mewakili satu dari empat isi utama yaitu Craft and Structure, Information and Ideas, Standard English Conventions, and Expression of Ideas.

Untuk membantu kamu menggunakan waktu, pertanyaan-pertanyaan yang menguji kreatifitas dan pengetahuan serupa dikelompokkan dan disusun dari yang paling mudah hingga yang paling sulit.

Tes menulis dan membaca dibagi 2 modul, setiap modul termasuk dengan pertanyaan dari keempat domain yang berbeda.

Beberapa hal yang akan diujikan dalam tes SAT writing and reading adalah bidang studi, sastra, sejarah, ilmu sosial dan juga humanivora dan sains.

b. Math Test

Math Test menyajikan soal-soal yang dibutuhkan dalam pendidikan universitas maupun karier. Soal dapat berupa:

  • Aljabar, yakni menyelesaikan persamaan dan sistem linier
  • Pemecahan Masalah dan Analisis Data, yaitu memecahkan persoalan kuantitatif
  • Matematikan Lanjutan, yaitu pertanyaan tentang manipulasi persamaan yang kompleks
  • Geometri dan trigonomi

Math Test terbagi menjadi dua bagian, yakni tanpa kalkulator dan dengan kalkulator. Kebanyakan soal berupa pilihan ganda, tetapi ada pula yang mengharuskan kamu menjawab lengkap atau disebut dengan grid-ins.

Seperti halnya soal writing and reading soal matematika ini juga terbagi atas dua module. Untuk detail dari masing-masing soal bisa di cek di tabel berikut ini:

lister
Tes SAT | Sumber data : Sumber dat : College Board

Range Skor SAT

Masing-masing bagian dalam SAT diberi skor dengan rentang 200 sampai 800. Total skor SAT adalah jumlah dari masing-masing seksi tes.

Skor SAT maksimal adalah 1600.

Namun masing-masing Perguruan Tinggi memiliki standar minimal tersendiri untuk skor SAT yang perlu dicapai. Sehingga kamu bisa menggunakan standar tersebut untuk melalui tes SAT.

Baca juga : [Cerita Alumni] Ananta Hadit Afrizal Sukses Raih Skor SAT 1350

Biaya mengikuti tes SAT

Di tahun 2024 ini biaya pendaftaran untuk mengikuti tes SAT ini adalah 60 Dollar ($60) untuk kamu yang ingin mengambil tes SAT di Amerika Serikat.

Sedangkan untuk peserta ujian yang ada di luar AS atau peserta internasional maka ada tarif biaya tersendiri.

Untuk tanggal tes yang dimulai pada 24 Agustus 2024, biaya pendaftaran SAT adalah $68, ditambah biaya regional $43.

Rincian biaya menurut College Board adalah sebagai berikut

biaya tes sat
Biaya tes SAT | Sumber data : College Board

Tips Menghadapi SAT

SAT diadakan setiap tahunnya pada bulan Agustus, Oktober, November, Desember, Maret, Mei, dan Juni. Kamu dapat menyesuaikan waktu yang tepat untuk menempuh SAT sebelum proses pendaftaran universitas.

Tanggal ujian sebaiknya ditentukan jauh sebelum waktu pendaftaran universitas. Tujuannya agar jika skor SAT kurang memuaskan, kamu dapat melakukan tes ulang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Umumnya, SAT diambil pada pertengahan kelas 12 SMA, atau disebut dengan senior year.

Untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai targetmu, ikuti tips berikut ini.

1. Manajemen waktu

Setiap seksi SAT dibatasi waktu pengerjaannya. Artinya, kamu harus terbiasa menganalisis dan menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Saat mempersiapkan diri menghadapi SAT, cobalah mengerjakan dengan timer untuk membiasakan diri.

2. Pelajari beragam soal matematika

Math Test pada SAT menyajikan beragam konsep soal matematika. Kamu harus mempelajari mulai dari aljabar, analisis data, fungsi, persamaan, hingga matematika tingkat lanjut seperti manipulasi persamaan.

Sebagian seksi Math Test tidak mengizinkan peserta menggunakan kalkulator. Biasakan diri mengerjakan berbagai jenis soal matematika.

Sebagai gambaran, waktu ideal untuk mengerjakan Math Test adalah 2 menit untuk setiap pertanyaan.

Tes SAT
Tes SAT | Sumber gambar : Freepict

3. Biasakan diri membaca teks panjang

Beberapa orang tidak terbiasa membaca teks yang panjang dengan topik yang kompleks. Tak hanya itu, kemungkinan besar kamu akan mendapati banyak kosakata yang tidak familiar.

Jika tidak terbiasa membaca teks dengan cepat dan tepat, kamu akan kehabisan waktu hanya untuk memahami isi bacaan. Sebagai persiapan, cari tahu berbagai jenis bacaan yang biasanya muncul dalam SAT.

4. Jawab soal dengan tenang

SAT memang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga banyak peserta tes akan merasa gugup saat menghadapinya. Hal ini wajar dan sering terjadi.

Agar yakin dan percaya diri, persiapanmu harus matang. Pastikan kamu fokus pada persiapan SAT beberapa bulan sebelum tes. Kamu juga dapat mengikuti simulasi tes agar familiar dengan tipe-tipe soal SAT.

Selain itu, hadapi tes dengan tenang dan tidak terburu-buru.

Mungkin anda suka : [Success Story] Lolos Beasiswa di University of Queensland, Anindya Persiapkan Ujian SAT bersama Lister!

Siap Study Abroad dengan Beasiswa!

Sudah diterima di universitas luar negeri, tetapi belum mendapatkan beasiswa? Saatnya kamu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dengan mengikuti SAT Preparation di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Cek juga para alumni SAT di halaman Alumni SAT Lister.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Sumber gambar sampul : Freepict

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.