Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ingin Ikut Tes SAT? Cek Perkiraan Biaya SAT Test di Indonesia

SAT di Lister

Apakah mengikuti tes SAT menjadi salah satu resolusi kamu di tahun 2022 ini?

Yuk kenali dulu perkiraan biaya yang kamu perlu siapkan untuk mengikuti tes SAT di Indonesia. Check this out!

Baca juga: Persiapan SAT Untuk Mendaftar Universitas-Universitas di Luar Negeri

Tahukah kamu?

Tes SAT (Scholastic Aptitude Test) adalah ujian standardisasi yang diciptakan oleh College Board, sebuah lembaga nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Tes ini biasanya diikuti oleh para pelajar yang telah menuntaskan pendidikan 12 tahun dan ingin memasuki jenjang perguruan tinggi.

SAT telah diakui secara global dan menjadi acuan berbagai universitas luar negeri saat menerima mahasiswa baru. Tes SAT sudah digunakan sejak tahun 1926 dan mengalami beberapa perubahan. SAT digunakan sebagai salah satu alat ukur kemampuan siswa/i dalam berpikir kritis untuk keberhasilan di perguruan tinggi.

Bukankah kamu punya rencana kuliah di luar negeri? Jika iya, maka kamu wajib tahu bahwa banyak universitas di Amerika Serikat dan beberapa negara lain memerlukan hasil nilai tes SAT (Scholastic Aptitude Test) sebagai salah satu persyaratan masuk.

Lalu, bagaimana perkiraan biaya yang harus kamu siapkan?

Ada sekitar 20 lokasi ujian SAT di Indonesia, namun tidak semua lokasi menyediakan jadwal ujian SAT sebanyak 7 kali dalam setahun. Informasi mengenai lokasi, waktu, dan jadwal ujian SAT bisa kamu temukan di situs resmi College Board.

Sebelum mulai melakukan persiapan tes SAT, pastikan kamu telah membaca persyaratan masuk universitas yang kamu minati dan sudah mengetahui skor minimal SAT yang mereka minta. Jika hasil tes SAT belum memuaskan, kamu bisa mengambil ulang tes ini di kemudian hari.

Rincian dana yang perlu disiapkan dapat kamu akses di sini.

Cara Penilaian Tes SAT

Perlu diketahui bahwa bagian Math Test akan mendapatkan penilaian tersendiri, sedangkan penilaian bagian Reading dan Writing & Language akan digabungkan. Kisaran skornya adalah 200 – 800. Sehingga, total skor SAT yang akan kamu dapatkan berkisar dari 400 -1600. 

Perlu diingat bahwa tes SAT bukanlah pengganti tes bahasa seperti TOEFL atau IELTS. Kamu tetap perlu mengikuti tes bahasa Inggris sebagai bagian persyaratan masuk kuliah di Amerika Serikat. Tapi jangan khawatir! Kamu bisa mempelajarinya semua test preparation ini melalui Lister lho. Daftar sekarang!