5 Fakta tentang program Au Pair di Jerman

Au Pair di Jerman

Kursus Persiapan Tes GOETHE – Program au pair di jerman adalah program pertukaran budaya untuk generasi muda di seluruh dunia usia 18-26 tahun untuk memperdalam bahasa dan budaya Jerman dengan belajar langsung melalui tinggal bersama keluarga Jerman dengan durasi 1 tahun.

Sudah sempat belajar bahasa Jerman di pendidikan formal, tapi belum puas dengan hasilnya?

Dengan mengikuti program Au Pair di Jerman, kamu bahkan bisa belajar bahasa Jerman dengan cepat sekaligus menghasilkan uang lho.

artikel terkait : Program Ausbildung Jerman, Kita Bisa Kerja Di Luar Negeri!

Pengertian Au pair di Jerman

Aupair adalah Program pertukaran budaya sehingga bisa menjadi fondasi yang bagus untuk kamu yang bercita-cita mengikuti program ausbildung, berkarir, dan tinggal di Jerman dalam waktu lama.

Lalu, apa saja pekerjaan yang akan dilakukan Au Pair selama di Jerman?

Tanggung jawab selama menjalani Au Pair di jerman adalah membantu keluarga di Jerman untuk mengasuh anak, mengerjakan pekerjaan rumah sederhana, mengantar ke sekolah, mengajak bermain dan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan anak-anak.

Namun, Au Pair bukanlah pengasuh anak, sebab mereka juga akan mengikuti program belajar bahasa Jerman yang dilakukan pada hari-hari tertentu.

Hak Au pairKewajiban Au pair
Mendapatkan tempat tinggal yang layakMembantu keluarga asuh untuk mengurus anak
Mendapatkan makanan yang bergizi seimbangMembantu keluarga asuh untuk menyelesaikan
pekerjaan rumah tangga sederhana
Mendapatkan uang saku Au pair
Kesempatan mengikuti les bahasa Jerman
Mengikuti au pair di Jerman

Uang saku Au pair di Jerman

Selama di tinggal Jerman, biaya hidup Au Pair sepenuhnya akan ditanggung keluarga Jerman, mulai dari tempat tinggal, makan, minum, listrik, air dan transportasi.

Sedangkan pendapatan finansial sering disebut uang saku. Jumlah uang saku yang diterima setiap peserta Au pair berbeda-beda, tergantung perjanjian yang disepakati. Uang saku sebesar 200 -350 euro bisa disimpan atau untuk memenuhi kebutuhan yang masih kurang.

Pemerintah Jerman sendiri sudah membuat peraturan di tahun 2021, setiap keluarga yang membutuhkan Au Pair harus bisa memberikan uang saku selama 1 bulan min. 260 Euro atau sekitar Rp 4.391.301.

baca juga : 6 Level Bahasa Jerman, Mana yang Perlu untuk Kuliah/Kerja?

Berapa lama program Au Pair dilakukan?

Program pertukaran budaya Jerman ini dilakukan selama 6 sampai 12 bulan. Dengan durasi membantu pekerjaan keluarga sekitar 25 – 30 jam dalam seminggu.

Program ini akan sangat membantu untuk warga negara asing yang ingin mendalami budaya dan bahasa di Jerman. Dimana program ini sangat terbuka untuk anak muda dengan belajar langsung dengan para native speaker juga terjun mempelajari budaya ditengah kehidupan di Jerman.

au pair di jerman
Au Pair di Jerman | Sumber foto : prostooleh di Freepict

Dengan komunikasi aktif dan langsung terjun mempelajari budaya maka akan memberikan manfaat yang cukup besar untuk kamu yang serius dan memiliki ketertarik dengan budaya Jerman.

Berapa lama program au pair Jerman ini juga tergantung dengan keluarga asuh di Jerman ya! umumnya peserta au pair akan di kontrak sesuai waktu yang ditentukan. Sehingga lama waktu kegiatan ini sesuai dengan kontrak.

Cara Daftar Au Pair di Jerman

Untuk mendaftar program Au Pair Jerman, ada beberapa persyaratan yang mesti kamu lakukan. Apa saja?

  • Kemampuan Bahasa Jerman level A1/A2.
  • Belum pernah menikah.
  • Menyukai dan ramah terhadap anak-anak.
  • Mimiliki minat dan motivasi untuk belajar budaya di Jerman
  • Usia minimal 18 tahun dan usia maksimal 26 tahun.
  • Tidak mempunyai anak, tapi memiliki pengalaman mengurus anak.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Tidak ada catatan kriminal.
  • Menguasai bahasa Inggris dan bahasa Jerman.
  • Mempunyai SIM dan bersedia untuk mengikuti tes mengemudi.
  • Bersedia dikontrak selama 1 tahun yang sudah disediakan.

Selanjutnya untuk kebutuhan dokumen, ada beberapa dokumen yang harus dimiliki sebagai syarat ikut au pair. Diantaranya

  • Dokumen sertifikat tes bahasa Jerman dari GOETHE
  • Surat lamaran
  • CV (Curriculum Vitae)
  • Surat motivasi (motivation letter)
  • Ijazah terakhir

Bagaimana? Apakah kamu sudah memenuhi semua persyaratan di atas?

Jika kamu sudah memenuhi semua syarat yang diajukan, tunggu informasi selanjutnya. Setelah berhasil apply, informasi yang kamu miliki akan langsung disampaikan kepada para keluarga pencari Au Pair di Jerman.

Penguasaan bahasa untuk program Au Pair di Jerman

Sebelum berangkat ke Jerman untuk mengikuti program au pair maka diwajibkan kamu sudah bisa menguasai bahasa Jerman level A1/A2.

Dimana level A1/A2 ini merupakan level dasar dari bahasa Jerman. Tahap ini adalah tahapan yang masih perlu mengembangan jika ingin masuk menguasai bahasa Jerman yang lebih tinggi.

Level A1 adalah level dasar yang memiliki tujuan memahami dan menggunakan kalimat sederhana. Selanjutnya juga dapat berinteraksi secara sederhana, seperti perkenalan maupun interaksi sederhana di keseharian.

au pair di jerman
Au Pair di Jerman | Sumber : Freepict

Sedangkan untuk level A2 adalah kemampuan bahasa Jerman yang lebih tinggi yaitu lancar berbincang untuk kebutuhan sehari-hari seperti dalam swalayan, lingkungan, pekerjaan dan juga berbincang dengan seseorang dan lingkup keluarga.

Jadi sebelum mengikuti au pair di Jerman, pastikan kamu sudah menguasai bahasa Jepang level A1/ A2 ya!

Bukti penguasaan bahasa akan diminta sertifikat bahasa Jerman. Kamu bisa mengikuti ujian GOETHE yang dilakukan oleh GOETHE Institut di Indonesia.

Sebelum itu sangat disarankan mengikuti kursus bahasa Jerman terlebih dahulu agar belajar bahasa Jerman lebih terarah dan konsisten.

Persiapan visa au pair

Berbpergian ke Jerman untuk kebutuhan au pair maka kamu akan menggunakan visa au pair dari kedutaan besar Jerman di Indonesia. Namun syarat untuk mengajukan visa ini memang harus sangat lengkap.

Selain dibutuhkan sertifikat bahasa juga dibutuhkan dokumen kontrak kerja dengan keluarga pengasuh. Sehingga pastikan semua dokumen dan data sudah lengkap.

Kamu bisa mencari tahu tentang visa au pair ini di https://jakarta.diplo.de/.

Rekomendasi tempat belajar bahasa Inggris untuk persiapan Au Pair di Jerman

Jika ingin mencari tempat kursus bahasa Jerman untuk kebutuhan au pair di Jerman, bisa banget mengikuti belajar di Lister di kelas kursus persiapan tes GOETHE.

Kamu bisa belajar bahasa Jerman untuk persiapan ujian GOETHE dengan lebih terarah dan efektif. Capai goals lebih mudah bersama tutor terbaik Lister.

Pas banget di Lister juga sedang ada promo 10% untuk kamu yang membeli kelas seharga satu jutaan. Promo ini bisa didapatkan dengan klaim kode promo BLOGLISTER10 melalui Whatsapp Lister!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.