6 Level Bahasa Jerman, Mana yang Perlu untuk Kuliah/Kerja?

Sertifikasi bahasa Jerman penting untuk kamu yang ingin kuliah, bekerja, atau tinggal di negara-negara berbahasa Jerman. Level bahasa Jerman yang harus kamu kuasai tentu berbeda sesuai tujuan kamu pergi ke negara tersebut.

Sebagai contoh, untuk dapat mengikuti program au pair di Jerman kamu harus memiliki level kemahiran A1. Sementara itu untuk kuliah di Jerman kamu harus memiliki level kemahiran B2 atau C1.

Level Bahasa Jerman

Jika kamu ingin kuliah, bekerja, atau tinggal di Jerman, kamu wajib menguasai bahasanya. Hal ini dibuktikan dengan mendapatkan sertifikat kemahiran berbahasa.

Tingkat kemahiran tersebut berbeda-beda, mulai dari yang paling dasar sampai mendekati penutur asli (native speaker). Tingkat kemahiran ini disebut dengan level bahasa.

Standar level bahasa Jerman ditentukan oleh Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). Empat kemampuan yang diuji adalah mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara.

BFD Jerman

6 Level Bahasa Jerman

Ada 6 level kemahiran dalam bahasa Jerman, yakni A1, A2, B1, B2, C1, dan C2.

A1 (Dasar)

Pada level ini, kamu dapat memahami kalimat sederhana dan kosakata dasar. Kamu dapat menggunakan kata sapaan dan memperkenalkan diri. Kamu dapat mengisi formulir resmi sederhana. Kamu dapat menjawab pertanyaan sederhana dalam percakapan dengan tempo lambat.

A2 (Dasar)

Kamu dapat menjelaskan informasi tentang pekerjaan, keluarga, dan ekspresi umum. Kamu dapat berkomunikasi dalam situasi praktis sehari-hari, contohnya memahami jadwal kereta. Kamu dapat memahami pesan atau tulisan singkat.

B1 (Menengah)

Pada level ini, kamu dapat menikmati media berbahasa Jerman, contohnya menonton televisi atau mendengarkan radio yang memiliki pelafalan lambat dan jelas. Kemampuan menulis dan berbicara sudah semakin maju.

B2 (Menengah)

Kamu dapat memahami media berbahasa Jerman dengan lebih baik, walaupun belum dapat menangkap percakapan yang terlalu cepat atau ungkapan idiom. Kamu sudah dapat mengekspresikan diri dengan lebih baik.

Kamu dapat mendiskusikan topik abstrak dan konkret. Kamu dapat berkomunikasi secara spontan dan lancar dengan penutur asli.

Penguasaan tata bahasa, ekspresi, dan kosakata meningkat serta tidak lagi terbata-bata.

C1 (Lanjutan)

Pada level ini, kamu dapat menggunakan bahasa Jerman tanpa terlalu banyak berpikir. Kamu dapat terlibat dalam percakapan dengan kosakata yang rumit. Kamu juga dapat menikmati media berbahasa Jerman layaknya penutur asli.

C2 (Fasih)

Kamu dapat memahami percakapan dengan penutur asli dengan mudah. Kamu dapat merangkum informasi dari sumber tertulis dan lisan, serta menjelaskannya dalam presentasi. Kamu dapat memahami beberapa jenis aksen bahasa Jerman.

Kamu dapat merespons dengan spontan dan fasih layaknya penutur asli.

general english test

Goethe-Zertifikat

Goethe-Zertifikat adalah sertifikat yang dikeluarkan Goethe-Institut, organisasi independen yang fokus pada pembelajaran bahasa dan budaya Jerman. Lembaga ini menyediakan pengujian CEFR bahasa Jerman dari level A1 sampai C2.

Berikut level minimal yang dibutuhkan untuk kuliah, bekerja, dan tinggal di Jerman

  • Kuliah (sarjana dan pascasarjana): B2/C1
  • Bekerja: B1/B2
  • Mengajukan kewarganegaraan: B1
  • Au pair: A1

Selain Goethe-Institut, beberapa lembaga lain yang menyediakan pengujian bahasa Jerman adalah Telc Deutsch, TestDaF (Test Deutsch als Fremdsprache), DSH (Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang), dan Deutschtest für Zuwanderer (DTZ).

Syarat penting untuk kuliah, bekerja, dan tinggal di Jerman adalah menguasai bahasanya. Sebagai persiapan, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jerman di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu juga dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!