Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Biaya Kuliah di Jerman Gratis? Cek Faktanya di Sini

biaya kuliah di jerman

Punya impian kuliah di Jerman? Tentu bisa! Kamu dapat mulai mewujudkan impianmu dengan mengikuti Kursus Bahasa Jerman.

Jerman sudah terkenal akan kualitas pendidikannya. Tidak hanya itu, pendidikan di Jerman terkenal gratis. Bahkan hingga perguruan tinggi.

Namun benarkan demikian? Simak faktanya berikut ini.

Syarat Bukti Sumber Biaya

Untuk memperoleh visa studi di Jerman, kamu harus menyerahkan bukti sumber biaya. Tujuannya untuk menjamin kamu dapat mencukupi biaya hidup selama studi di Jerman.

Mulai Januari 2021, kamu diharapkan sudah menyediakan 861 EUR per bulan atau 10.332 EUR per tahun.

Bukti jumlah tersebut harus ditunjukkan sebagai syarat pembuatan visa. Bukti tersebut dapat ditunjukkan dalam bentuk keterangan penghasilan orang tua, isi rekening terblokir, atau beasiswa yang diakui.

Akun rekening terblokir adalah rekening yang tidak dapat diakses sampai kamu tinggal di Jerman. Isi rekening tersebut digunakan untuk biaya sehari-hari di Jerman.

Biaya Pendidikan

Mayoritas institusi pendidikan tinggi di Jerman dibiayai pemerintah, termasuk untuk program sarjana hingga pascasarjana.

Beberapa program pascasarjana menetapkan biaya pendidikan, meskipun tidak setinggi di negara-negara lain.

Namun di negara bagian Baden-Württemberg, biaya pendidikan tidak gratis. Mahasiswa dari luar Uni Eropa dikenai biaya sebesar 1.500 EUR per semester.

Sementara itu institusi pendidikan swasta di Jerman biasanya juga tidak gratis. Mereka menetapkan biaya pendidikan untuk program mereka.

Kontribusi Semester

Di Jerman setiap siswa pendidikan tinggi harus membayar kontribusi semester. Biaya ini berbeda dengan biaya pendidikan.

Kontribusi semester setiap universitas berbeda. Umumnya berkisar antara 100 sampai 350 EUR. Biaya ini harus dibayarkan pada awal semester baru.

Selain itu ada kemungkinan siswa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk buku kuliah, tergantung subjek yang dipelajari.

Kontribusi semester mencakup:

– Tiket semester, yakni potongan biaya transportasi umum bagi siswa

– Kesejahteraan siswa, yakni pelayanan akomodasi, katering, advokasi, dan lain-lain untuk siswa

– ASta (Allgemeiner Studierenden-Ausschuss), yakni parlemen dan organisasi siswa

– Fasilitas olah raga

– Organisasi fakultas atau departemen

– Biaya administrasi

Biaya Hidup

Biaya hidup siswa di Jerman berada di angka rata-rata 800 sampai 900 EUR per bulan. Biaya ini tergolong murah dibandingkan negara lain seperti Denmark, Luksemburg, atau Swiss. Namun tergolong lebih mahal dibandingkan negara seperti Polandia, Republik Ceko, atau Italia.

Biaya hidup bulanan tersebut termasuk sewa tempat tinggal, transportasi, makan, pakaian, materi studi, asuransi kesehatan, telepon, internet, berlangganan TV atau radio, dan kegiatan rekreasi.

Biaya ini di luar kontribusi semester yang berbeda-beda bagi setiap universitas.

Bagi mahasiswa asing yang tidak memiliki banyak uang saku, biaya hidup bisa lebih murah lagi. Mereka bisa menghabiskan rata-rata 725 EUR per bulan.

Selain itu, terdapat banyak diskon untuk siswa. Dengan menunjukkan kartu identitas siswa, kamu bisa mendapatkan diskon untuk teater, museum, opera, bioskop, dan institusi kebudayaan lainnya.

Fasilitas olahraga di kampus biasanya juga digratiskan untuk siswanya.

Sumber Biaya

Setelah diterima di pendidikan tinggi Jerman, kamu tentu harus memikirkan biaya yang dibutuhkan. Mahasiswa asing tidak sepenuhnya mendapat izin untuk bekerja di Jerman.

Kamu bisa bekerja paruh waktu. Namun penghasilan yang didapatkan tentu tidak akan seluruhnya memenuhi pengeluaran.

Beasiswa adalah opsi yang bisa kamu pilih. Saat ini ada banyak sekali lembaga, organisasi, atau pemerintah yang menyediakan beasiswa untuk kuliah di luar negeri.