Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Rowan Atkinson Atau Mr. Bean: Banyak Pelajaran dari Sosok Komedian

Rowan Atkinson Atau Mr. Bean

Tidak asing dengan peran Mr. Bean yang sukses membuat penonton tertawa dengan karakter konyolnya?

Dialah Rowan Atkinson yang memerankan Mr. Bean merupakan seorang pelawak, aktor berbakat, dan penulis asal Inggris. Penasaran seperti apa kisah hidupnya hingga menjadi seperti sekarang?

Sebelum terpilih sebagai salah satu aktor paling konyol sedunia, ternyata dalam perjalanan kariernya, banyak hambatan menghadang!

Latar Belakang Rowan Atkinson

Rowan Atkinson dikenal sebagai seorang pelawak, aktor, dan penulis asal Inggris sukses memerankan karakter Mr. Bean dan Johnny English. Namanya booming sejak membintangi dilm seri televisi Blackadder dan Mr. Bean. 

Bergelut di dunia akting, setiap episode yang dimainkan, ia tak pernah gagal membuat tertawa para penontonya.

Meski hingga saat ini pun Rowan sulit terlepas dari sosok Mr. Bean, karakternya begitu kuat dan melekat.

Mendengar nama Rowan Atkinson, yang tergambar di dalam kepala adalah sosok jenaka “Mr. Bean”, bukan? Tahukah kamu, sejak kemunculannya di dunia hiburan pada 1979, ia telah sukses memerankan karakter dalam 22 film dan 35 serial TV termasuk Mr. Bean.

Nah, sebenarnya bagaimana kisah perjalanan kariernya?

Perjalanan Karier Rowan Atkinson

Rowan terlahir dengan keterbatasan yaitu berbicara gagap sejak kecil, hal itu membuat masa kanak-kanak dan kariernya terganggu. Ia amat menderita karena diejek lantaran penampilan dan kekurangannya tersebut. 

Peristiwa itu membuatnya menjadi sosok yang pemalu. Rowan tak punya banyak teman sehingga membuatnya sering kesepian. Meski begitu, ia adalah anak yang gigih dan terus berjuang demi menggapai impiannya. Ketertarikannya pada bidang sains membuatnya mengejar gelar di bidang teknik. Namun, salah satu gurunya sempat menilai bahwa tidak ada hal istimewa yang dimiliki Rowan. Menurutnya, Rowan tidak diharapkan untuk menjadi ilmuwan.

Tak ingin mendengar pernyataan itu, Rowan pun berhasil mematahkan semua keraguannya dan menerima double degree, ia lulus sebagai sarjana di Universitas Newcastle dan master di Universitas Oxford.

Hal menariknya adalah selama masa pekuliahan, ia menyadari hasratnya pada dunia akting. Saat ingin mencobanya, kegagapan Rowan menjadi penghalang dan ia pun meninggalkan minatnya begitu saja. Ia memilih melanjutkan gelar masternya di bidang Teknik Elektro.

Usai mendapatkan gelar masternya, ia terpanggil kembali untuk menjajal dunia akting. Rowan pun mengejar cita-citanya menjadi aktor dengan mendaftar grup komedi. Namun, kegagalan lagi-lagi menyapa. Wajah dan badan yang kurang menarik membuat dirinya selalu gagal masuk ke dunia akting.

Sampai akhirnya, ia sadar akan keinginannya membuat orang tertawa. Melalui upaya keras selama bertahun-tahun, Rowan pun berhasil mewujudkan cita-citanya tersebut. Dengan adanya peluncuran program bertajuk “Mr.Bean” pada tahun 1990 yang dikenal aneh, konyol, dan gagap itupun sukses meraih simpati dan perhatian penontonnya. Humor dan gaya komedi yang dibawakan Mr.Bean disukai banyak penggemar.

Keluarga Rowan Atkinson

-Film & Series Mr. bean seperti James Bond Never Say Never Again (1983), Scooby Doo (2002), Johnny English (2003 & 2011).
-Icon Mr. bean adalah mobil Mr.Bean yang berwarna kuning seperti gambar di bawah ini.

Rowan Atkinson
Icon Mr. Bean

Daftar Film & Series Rowan Atkinson

Daftar film yang dibintangi:

Bean: The Ultimate Disaster Movie
Mr. Bean’s Holiday

Daftar series yang dibintangi:

In the Wild / Missing Teddy
No Parking / Bean’s Bounty
Artful Bean / The Fly
Mime Games / Spring Clean
No Pets / Ray of Sunshine
Roadworks / Sofa
Camping / Chocks Away
In the Pink / Dinner for Two
Treasure / Homeless
Super Trolley / Magpie
Hot Date / Wanted
The Ball / Toothache
Haircut / Neighbourly Bean
Art Thief / Scaredy Bean
A Royal Makeover / Super Marrow
Car Trouble / Resturant
Gadget Kid / Visitor
Nurse! / Dead Cat
Cat Sitting / The Bottle
Birthday Bear / The Mole
Royal Bean / Young Bean
Hopping Mad / A Grand Invitation
Big TV / Keyboard Capers
Goldfish / Inventor
A Running Battle / Egg and Bean
Bean in Love / Double Trouble

Dari kisah perjalanan karier seorang aktor legendaris itu, apakah yang bisa kita petik?

Perjalanan karier dalam kehidupan ini tidak selalu mulus, selalu ada hambatan yang menghadang. Seperti halnya Rowan yang mengajarkan arti kerja keras, dedikasi tinggi, dan semangat pantang menyerah dalam berkarier.

Banyak rintangan yang mesti dihadapi, seperti perasaan insecure, kekurangan, keterbatasan, kegagalan, penolakan, atau pendapat orang lain yang kerap membuat langkah terhenti.

Jangan biarkan kekurangan dalam diri mematahkan impian dan harapan. Setiap kerja keras pasti akan membuahkan hasil suatu hari nanti. Yakin!

Nah, apakah kamu ingin menggapai mimpi tapi terkendala bahasa?

Belajar Bahasa Asing Untuk Menggapai Mimpi

Belajar bahasa asing sangat penting dilakukan, sebab memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Salah satunya perkembangan karier yang terjadi pada seseorang. Misalnya, ada orang dengan kualifikasi programming skill yang sama bisa mendapat gaji/pendapatan yang jauh lebih besar dengan mengandalkan kemampuan bahasa asing. Sehingga ia bisa mendaftar kerja di perusahaan asing meski tinggal di daerah, karena perusahaan menerapkan sistem wfh/work from home.

Untuk mewujudkan mimpi kamu, yuk gabung di Program Lister sekarang! Banyak pilihan program yang tersedia bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu lho.