Mengenal Tokoh Penemu Listrik, Ada Benjamin Franklin

tokoh penemu listrik

Kursus Bahasa Jerman – Mengenal lebih jauh seputar tokoh penemu listrik yang menjadi salah satu figur penting dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Penemuan listrik bukan sesuatu yang remeh melainkan penting untuk kehidupan sehari-hari hingga masa depan terutama di masa modern serba digital seperti saat ini. 

Oleh karena itu, simak penjelasan menarik seputar sederet penemu listrik yang satu ini.

Tokoh Penemu Listrik

Apa jadinya kalau hingga saat ini, dunia belum dialiri listrik. Kemungkinan besar akan ada banyak sekali dampak negatif terutama dari segi kegiatan ekonomi. 

Mengingat listrik menjadi kebutuhan primer yang dibutuhkan hampir setiap orang di dunia. Keberadaan listrik sudah dipelajari dan muncul sejak ribuan tahun yang lalu.

Terbukti dari adanya usaha dari para tokoh penemu listrik di bawah ini.

Michael Faraday

Penemu listrik pertama sekaligus sebagai bapak kelistrikan dunia ini lahir pada tahun 1791 di Inggris. Lahir di tengah keluarga miskin yang hanya menghabiskan sedikit waktu di bangku sekolah. 

Faraday memiliki ketertarikan yang cukup kuat dibidang kelistrikan. Bahkan ia juga menyumbang jasa besar dari landasaran teori para penemu dibidang listrik. 

Kontribusi besar yang dilakukan oleh Faraday dibidang kelistrikan adalah hukum elektromagnetisme. Hukum tersebut yang mengubah medan magnet sebuah kawat sehingga bisa menginduksi aliran arus listrik. 

Hukum ini merupakan dasar dari transformator, generator listrik, dan banyak teknologi listrik lainnya yang digunakan dalam pembangkitan dan distribusi listrik hingga saat ini.

Hubungan antara listrik dan magnetis inilah yang mengantarkan adanya perkembangan besar dibidang kelistrikan. 

Baca juga: Cerita Black History Month di Amerika dan Para Tokohnya

Benjamin Franklin

Benjamin Franklin merupakan salah satu tokoh kunci dalam sejarah penelitian tentang listrik pada tahun 1752. Ia melakukan eksperimen menggunakan layang-layang dan petir. 

Saat itu, ia melakukan penelitian yang berhubungan dengan kelistrikan. Seperti dengan melekatkan tali tembaga panjang pada layang dan badai petir. 

Eksperimen ini membuktikan bahwa petir adalah fenomena listrik dan bahwa listrik dapat dihantarkan melalui benda-benda konduktif. 

Eksperimen Franklin dengan petir adalah salah satu momen penting dalam sejarah pemahaman manusia tentang listrik, dan kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan ini sangat dihormati.

William Gilbert

William Gilbert merupakan orang pertama yang memperkenalkan istilah elektrik. Itu adalah sebutan untuk menggambarkan benda yang memiliki sifat listrik dari batu yang digosok. 

Mengenal lebih jauh dengan tokoh penemu listrik yang lahir di Inggris pada tahun 1544. Ia populer dengan karya penelitiannya berjudul De Magnete di tahun 1600. 

Gilbert melakukan eksperimen dan pengamatan untuk memahami sifat magnet, termasuk konsep bahwa bumi itu sendiri bertindak sebagai magnet. 

Meskipun Gilbert tidak menciptakan perangkat elektronik atau menemukan sumber daya listrik yang dapat dimanfaatkan seperti penemu listrik modern. 

Namun kontribusinya cukup besar dalam memahami dasar listrik dan magnetisme. 

Baca juga: 10+ Quotes Public Speaking dari Tokoh Terkenal Dunia

Thales

Tokoh penemu listrik yang selanjutnya adalah Thales. Ahli matematika asal Yunani ini berhasil menemukan kelistrikan sederhana melalui sepotong batu amber yang digosokkan pada kain wol. 

Saat itu, Thales yang belum mengenal kelistrikan baru akan melakukan observasi terhadap hal tersebut. 

Harga Kursus Bahasa Jerman untuk Karyawan di Lister

Harga kursus bahasa Jerman di Lister beragam sesuai pilihan paket yang perusahaan ambil, mulai dari Private Trial hingga Semi Private Reguler.

Selain itu, Lister menyediakan kode promo dan program cicilan sesuai pilihan kelasmu.

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan yang mengambil Private Class. Untuk mengetahui informasi skema cicilan lebih lengkap, hubungi Tim Lister.

Perusahaan dapat memilih jumlah pertemuan, mulai dari 2 sampai 80 pertemuan untuk pembelajaran lebih intensif. 

Ingin lebih hemat lagi? Pilih paket Ultimate untuk mendapatkan GRATIS Bimbingan Beasiswa / Job Interview!

Ikuti pula Instagram Lister untuk informasi dan promo terbaru setiap bulannya.

Kursus Bahasa Jerman, Selangkah Lebih Cepat untuk Mahir!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jerman adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, perusahaan dapat mengikuti di Kursus Bahasa Jerman Lister.

Perusahaan dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh topntp26 di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.