Profil Retno Marsudi, Menlu Wanita Pertama Indonesia

retno marsudi

Kursus Public Speaking – Siapa yang tidak kenal dengan Retno Marsudi. Menteri Luar Negeri di kabinet Joko Widodo tahun 2014 -2019 dan seterusnya.

Bagaimana sih sepak terjang, Ibu Retno sampai akhirnya menjadi Menteri Luar Negeri wanita yang tangguh dan berpendidikan? Cek selengkapnya berikut  ini. 

Artikel terkait : Pekerjaan Diplomat, Tugas, Tanggung Jawab & Peluang Karir

Retno Marsudi 

Jika kamu mengetahui tokoh wanita yang menjabat menjadi Menteri Luar Negeri Indonesia di era Presiden Joko Widodo, ia adalah Retno Marsudi. 

Memiliki nama asli Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, LL.M. Sudah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dua periode berturut-turut dalam kabinet Kerja (2014-2019) dan kabinet Indonesia maju (2019-2024) atau sekarang ini. 

retno marsudi
Menteri Luar Negeri| Sumber : kemlu.go.id

Yang menarik adalah Ibu Retno ini menjadi Menteri Luar Negeri wanita pertama di Indonesia. Setelah sebelumnya selalu diisi oleh Menteri laki-laki sejak tahun 1945. 

Selain itu, dibalik Menlu Retno Marsudi yang dikenal tangguh dan kuat, ia memiliki riwayat pendidikan dan pekerjaan yang tidak main-main. 

Ia juga dikenal memilih public speaking yang cukup bagus. Tidak hanya sekali dua kali ia memberikan speech kenegaraan di pertemuan dunia. Tidak heran, sebelumnya ia adalah seorang diplomat ulung yang banyak berlalu lalang di dunia. 

Selain itu juga memiliki kemampuan negosiasi yang bagus sehingga ia menjadi Menlu yang menjembatani negara untuk terbentuk perdamaian dunia. 

Tokoh inspiratif lainya : Biografi Abdurrahman Wahid & Penguasaan 6 Bahasa Asingnya

Riwayat pendidikan Retno Marsudi 

Dengan kemampuannya yang cukup hebat di Indonesia maupun di luar negeri, menteri Retno Marsudi memiliki riwayat pendidikan yang menarik. 

Retno Marsudi lahir pada tahun 1962 di Semarang. Pendidikan dasar sampai sekolah menengah atas dilakukan di Semarang. Untuk kemudian kuliah S1 dan S2nya ia berfokus pada Hubungan Internasional dan hukum.

Semasa SMA, Retno Marsudi adalah teman seangkatan dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Kemudian terpisah karena perbedaan fokus akademik waktu kuliah. Keduanya lalu dipertemukan di masa kabinet Presiden Joko Widodo. 

Pendidikan sarjananya, ia mengambil Ilmu Hubungan Internasional (HI) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1981 dan menjadi lulusan tercepat. Dengan waktu belajar 3.5 tahun. 

Selanjutnya S2 (magister), ia mengambil ilmu hukum / Undang-Undang Uni Eropa di Haagse Hogeschool, di Den Haag Belanda. Juga mengambil studi lainya yaitu studi Hak Asasi Manusia di Universitas Oslo. 

Karir Retno Marsudi 

Dalam rangkaian kehidupan Retno Marsudi, yang cukup menarik adalah riwayat karirnya yang ia bangun sejak tahun 1990. Tidak heran ia memiliki pondasi yang cukup kuat dalam menjalankan pekerjaan Menlu. Seperti apa sih karirnya? 

Dalam wawancara di kompas.com Ibu Retno menuliskan bahwa ia berasal dari keluarga sederhana. Menjabat menjadi diplomat adalah perjalanan panjang yang dilaluinya tanpa bantuan orang dalam atau privilege keluarga. 

2 9
Pidato Ibu Retno | Sumber : United Nation Youtube

Awal karirnya Retno muda bergabung menjadi staff duta besar Indonesia. Ibu Retno berhasil masuk di Departemen Luar Negeri karena beasiswa prestasi yang ia dapatkan. 

Kemudian tugas pertamanya adalah menjadi staff Diplomat di Canberra pada tahun 1990 sampai 1994. 

Selanjutnya pada tahun 1997 – 2001, beliau ditugaskan di Den Haag Belanda menjadi sekretaris bidang ekonomi. 

Selanjutnya track record karir Retno Marsudi adalah sebagai berikut 

  • 2001 – 2003 : Menjadi Direktur Kerjasama Intra dan Antar Regional Amerika dan Eropa di Kementerian Luar Negeri 
  • 2003 – 2005 : Direktur Eropa Barat di Kemlu 
  • 2005 – 2008 :  Bekerja di Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Norwegia  dan  Republik Islandia 
  • 2008 – 2012 : Menjabat sebagai Direktur Jenderal Amerika dan Eropa di Kemlu
  •  2012 –  2014 : Bekerja di Duta besar Republik Indonesia untuk kerajaan Belanda
  •  2014 – 2019 :  menjadi menteri luar negeri di kabinet Kerja 
  •  2019 – 2024 :  menjadi menteri luar negeri di Kabinet Indonesia maju

Selain itu, Retno Marsudi  dianugerahi banyak penghargaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Hal ini terkait dengan jasa dan kerja kerasnya untuk membangun perdamaian dunia.  Sumber dari website Kementerian Luar Negeri beberapa penghargaan  Ibu Retno diantaranya adalah 

  •  Penghargaan perlindungan buruh  migran pada 18 Desember 2017
  • Elle style Award  untuk kategori outstanding achievement pada tahun 2018
  • Menjadi tokoh publik terbaik versi iNews  Indonesia Award tahun 2018
  •  Penghargaan Anugerah perhumas Indonesia  kategori pejabat pemerintah tahun 2018
  •  Penghargaan  khusus untuk pemimpin   diplomasi kemanusiaan tahun  2018  dari PKPU 

 Tidak hanya itu,  penghargaan red nomor studi di luar negeri mulai dari 

  • The Order of merit,  Norwegia,  Desember 2011 
  •  The ridder grootkruise  di  the orde Van oranje – Nassau Belanda.  Januari 2015 
  • Agen perubahan  dari PBB  untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan tahun 2017 
  • El Sol Del Perú,  Perú tahun 2018 
  • Malalai Medal of Honor from president Ashraf Ghani of Afghanistan, 2020

Ada banyak  tindakan heroik  yang dilakukan ibu  Retno  untuk membangun  perdamaian dunia dan Indonesia. 

Beberapa diantaranya adalah   Retno  Marsudi membantu mengamankan vaksin Covid-19 Indonesia.  Menteri luar negeri itu  membuka akses jalan dan mencari vaksin untuk dalam negeri. 

Sehingga  tersebarnya vaksin di Indonesia berkat bantuan Kementerian Luar Negeri yang bergerak cepat. 

Lanjut,  menteri luar negeri Retno Marsudi juga membantu mengamankan  Warga Negara Indonesia (WNI)  yang terjebak dalam perang Rusia Ukraina. 

retno marsudi
Pidato Darurat PBB | Sumber : KompasTV Youtube

Selain itu,  Kementerian Luar Negeri juga membantu  membebaskan 4 ABK Indonesia yang ditawan oleh Kelompok Abu sayyaf di Filipina. 

Di tahun 2023 ini,  menteri luar negeri  Retno Marsudi  mengupayakan perdamaian dunia antara perang Palestina dan Israel. 

Baca juga : Biografi Agus Salim, Bapak Polyglot Kuasai 9 Bahasa

Kemampuan Retno Marsudi yang mengagumkan 

Ada  beberapa kemampuan Retno Marsudi  yang diakui banyak orang  baik di dalam maupun di luar negeri.  Diantaranya 

1. Kemampuan negosiasi 

Sebagai diplomat dan Kementerian Luar Negeri yang  mengusahakan perdamaian, Retno  Marsudi  memiliki kemampuan negosiasi yang luar biasa. Hal ini Tentunya digunakan untuk kepentingan negara dalam menjalin hubungan dan menciptakan perdamaian. 

Retno  Marsudi  sudah menghadapi berbagai tantangan dan berbagai kalangan dalam menjalankan pekerjaannya,  tentunya kemampuan negosiasi ini sangat dibutuhkan.  Dan ia  memiliki  negosiasi dengan  sangat baik. 

2.  Kemampuan  berbahasa Inggris 

 Untuk berdiplomasi,  pastinya dibutuhkan  kemampuan bahasa Inggris yang baik.  Kemampuan bahasa Inggris Retno Marsudi pastinya tidak diragukan lagi. Ia sudah pernah menjelajahi berbagai negara di dunia  dan berinteraksi dengan banyak orang menggunakan bahasa Inggris. 

Kamu bisa melihat kemampuan bahasa Inggris Retno Marsudi  di berbagai video yang tersebar di internet. 

3.  Kemampuan public speaking dan speech 

Jika kita melihat di YouTube atau media sosial lainnya,  banyak video pidato atau speech Retno Marsudi  dalam  konferensi internasional.  Di tayangan tersebut kamu bisa melihat bagaimana kemampuan speaking  Retno Marsudi  dalam bahasa  Inggris. 

Kemampuan  public speaking  dan pidato Retno Marsudi sudah tidak diragukan lagi dan diakui  kehebatannya  oleh banyak orang.

Belajar English public speaking ala Retno Marsudi di Lister! 

Ingin  memiliki kemampuan English public speaking  yang bagus seperti Retno Marsudi?  kamu bisa mulai belajar dari sekarang  di kursus public speaking

Kelas ini  bisa kamu ikuti untuk mengasah kemampuan public speaking kamu dalam bahasa Inggris.  Kelas dilakukan secara online untuk karyawan maupun mahasiswa. 

Kelebihan  belajar di Lister adalah kamu bisa memilih jam belajar secara mandiri dan juga  memilih tutor  sesuai kualifikasi yang kamu butuhkan. 

Khusus untuk kamu pembaca blog,  berkesempatan mendapatkan perumus 10%  untuk pembelian kelas seharga 1 jutaan.  Klaim promo dengan kode voucher BLOGLISTER10 saat  mendaftar layanan di Lister  melalui Whatsapp

 Manfaatkan  promo segera! 

Sumber gambar : Interview Retno Marsudi – Youtube Gita Wirjawan

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.