Pekerjaan Diplomat, Tugas, Tanggung Jawab & Peluang Karir

pekerjaan diplomat

Training For Corporate– Pekerjaan diplomat  merupakan pekerjaan yang  prestisius dan juga banyak dicari oleh anak muda zaman sekarang. Namun tentunya hal ini juga didukung dengan kemampuan yang luar biasa. Diplomat mewakili bangsanya untuk di kancah dunia. 

Apa itu diplomat? 

Diplomat adalah  seseorang yang memiliki pekerjaan di bidang diplomasi.  yang dimaksud diplomasi di sini adalah pekerjaan pemerintah yang  menjaga hubungan baik dengan negara lain termasuk menjaga komunikasi dan juga meminimalkan konflik dengan negara lain. 

Sehingga seseorang yang memiliki tugas  yang dijelaskan di atas disebut dengan diplomat. Secara umum memang tugas seorang diplomat adalah menjaga hubungan baik dengan negara lain. 

Namun secara spesifik  tugasnya dari memfasilitasi hubungan baik antar negara mempromosikan kepentingan nasional,  mendukung perdamaian juga negosiasi antar negara. 

Dengan tugas yang tidak  ringan ini maka seorang diplomat perlu  memiliki pengetahuan yang luas tentang bangsanya dan juga bangsa lagi. 

Tidak hanya pengetahuan nasionalisme namun juga pengetahuan bahasa berbagai negara, public speaking,  kemampuan bersosial dan kemampuan negosiasi yang baik. 

Pekerjaan ini memang memiliki gaji yang sangat menggiurkan namun hal ini juga setimpal dengan pekerjaannya.  Diplomat nantinya akan ditempatkan di beberapa posisi  tergantung dengan kebutuhan negara saat itu. 

Jadi secara umum fungsi diplomat adalah mewakili negara  dalam kancah global dan juga mendukung kepentingan nasional. 

Baca juga : Diplomat Indonesia – Biografi Agus Salim, Bapak Polyglot Kuasai 9 Bahasa

Kemampuan yang harus dimiliki seorang diplomat

Memiliki pekerjaan yang berat sebagai wakil negara ada beberapa kualifikasi yang harus dimiliki untuk menjadi diplomat. 

1. Pengetahuan hukum dan kebijakan nasional yang kuat 

Seorang diplomat sebagai wakil negara pastinya wajib mengetahui hukum-hukum yang berlaku di negara tersebut.  

Selain digunakan sebagai landasan dalam membuat keputusan, pengetahuan tentang hukum ini  sebagai panduan untuk menjalankan tugasnya. 

Seorang diplomat akan banyak bersinggungan dengan masalah hukum sebuah negara untuk itu pengetahuan hukum wajib dimiliki. 

Diplomat akan banyak bertemu dengan proses diskusi dan negosiasi.  pun banyak diminta memberi pandangan  atas kasus tertentu.  

Untuk itu agar bisa memberikan argumen dan pandangan yang dalam serta logis maka pengetahuan hukum perlu dikuasai. 

2. Pengetahuan bahasa 

Seorang diplomat wajib menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.  Namun di luar itu jika seorang diplomat menguasai bahasa asing yang lain  seperti bahasa Mandarin, Belanda, Jerman, Jepang  dan lainnya akan sangat membantu pekerjaan diplomat. 

Semakin banyak menguasai bahasa maka proses negosiasi dan juga komunikasi dengan berbagai pihak akan lebih mudah. 

Selain itu untuk mencari sumber informasi juga lebih mudah. Seperti yang kita tahu diplomat juga perlu mencari informasi menyelidiki dan juga menganalisis Banyak informasi yang bersifat rahasia. 

 Mencari informasi ini akan lebih mudah jika diplomat menguasai bahasa. 

3. Kemampuan komunikasi

Diplomat akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat biasa sampai dengan pemerintah kelas atas. 

Untuk itu diplomat dituntut untuk bisa berkomunikasi dan menempatkan diri  di banyak kondisi.  kemampuan komunikasi yang dimaksud di sini bukan hanya  berbicara namun juga berbicara yang  berisi dan juga kemampuan mendengar dan memberikan solusi. 

4. Kemampuan negosiasi

Kemampuan Negosiasi adalah kemampuan untuk membujuk atau mencapai kesepakatan dari berbagai pihak termasuk dari pihak yang bertentangan. 

Dengan kemampuan negosiasi yang baik maka akan membuat berbagai pihak mencapai kesepakatan terbaik tidak menguntungkan dan tidak merugikan satu pihak tertentu. 

Memiliki kemampuan negosiasi yang baik juga membantu seorang diplomat untuk mencapai tujuannya. 

pekerjaan diplomat
Pekerjaan Diplomat | Sumber gambar : Pressfoto di Freepict

5. Kemampuan interpersonal 

Kemampuan intrapersonal adalah kemampuan membawa diri  yang sangat berguna untuk proses bersosial dan juga bernegosiasi dengan negara luar. 

Interpersonal meliputi kemampuan berinteraksi berkomunikasi, bersosial  dan juga kemampuan bersimpati dengan orang lain. 

Dengan kemampuan interpersonal yang bagus seorang diplomat akan lebih mudah membangun banyak jaringan,  berinteraksi dengan berbagai kalangan,  menjalin hubungan baik  yang menguntungkan di banyak -kasus. 

6. Kemampuan adaptasi 

Pekerjaan diplomat akan menuntutmu bertemu banyak orang baru,  situasi yang baru,  perubahan rencana,  kondisi yang tidak selalu nyaman  dan juga perpindahan domisili. 

Semua hal di atas membutuhkan kemampuan adaptasi yang baik. Jika kemampuan adaptasi ini kurang maka akan membuat seorang diplomat mudah stress dan tidak bisa membawa diri. Tentunya berakibat pada tujuan yang tidak tercapai. 

7. Kemampuan analisis dan problem solving

Ada banyak kasus yang akan dihadapi dari pekerjaan diplomat, mulai dari kasus penegakan hukum,  masalah kewarganegaraan,  masalah internasional  dan lainnya. 

Seorang diplomat dituntut untuk bisa berpikir secara kreatif dan memberikan jalan keluar dari masalah tersebut. 

Kemampuan memberikan problem solving yang cepat dan tepat tidak dimiliki semua orang.  namun seorang diplomat harus menguasainya.  Termasuk menganalisis  informasi  dan keadaan  sehingga bisa memberikan jawaban terbaik. 

Itulah beberapa kemampuan yang perlu dikuasai oleh pekerjaan diplomat.  selain harus menguasai berbagai bahasa asing,  juga  interpersonal dan komunikasi  dan negosiasi.  yang baik. 

Mungkin anda tertarik : Cari Tahu tentang Lingua Franca, Bahasa Penyatu di Dunia 

Apa pekerjaan diplomat?

Selain menjadi penghubung antara negara satu dan negara yang lain tugas diplomat  secara spesifik  adalah sebagai berikut

  1.  Perwakilan negara di event internasional
  2. Memberi perlindungan warga negara mereka
  3. Terlibat dalam negosiasi dan perjanjian kebijakan negara
  4. Menghadiri persidangan internasional
  5. Memberikan pandangan terhadap permasalahan isu hukum internasional
  6. Memberikan nasehat kepada pemerintah tentang kondisi internasional

Ada banyak tugas negara yang perlu diselesaikan oleh diplomat. Selain itu dalam menjalankan pekerjaannya diplomat juga wajib memberikan laporan kepada pemerintah terkait hal-hal yang sudah diselesaikannya. 

Untuk menyelesaikan pekerjaan diplomat, seorang diplomat sangat didukung dengan kemampuan interpersonal penguasaan bahasa dan pengetahuan hukumnya.

Baca juga : 2 Jenis Visa dan Kegunaannya: dari Wisata, Haji, hingga Suaka 

Peluang kerja menjadi diplomat

Menjadi seorang diplomat dapat diwujudkan dengan mengikuti tes CPNS  atau juga melalui saluran langsung kedutaan besar Melalui website ke Kemlu. 

Di tes CPNS umumnya dibuka formasi untuk pekerjaan diplomat dari Kementerian Luar Negeri  seperti di tahun 2022.  Namun di tahun  2023 ini  tidak ada formasi  diplomat yang dibuka oleh Kementerian Luar Negeri. 

Di sisi lain Kemlu langsung membuka lowongan pekerjaan diplomat ini di websitenya. 

Beberapa Latar belakang pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi diplomat diantaranya adalah  sarjana dari bidang hubungan internasional,  bisnis,  komunikasi,  sastra ( Jerman,  Arab, Inggris, Korea, Rusia). 

Lowongan pekerjaan diplomat sepertinya akan terus dibutuhkan dan terus dibuka tahun per tahunnya.  Hal ini untuk menggantikan  pegawai yang purna tugas dan juga memenuhi kebutuhan posisi diplomat untuk pemerintah. 

Ingin belajar bahasa untuk menjadi diplomat,  belajar secara intensif bersama Lister!

 Lister adalah platform One Stop Language Learning Solution Yang memberikan banyak layanan bahasa  secara premium. Ingin mendalami bahasa Inggris, Jerman, Arab, Korea, Rusia, Turki, Jepang, Belanda  semuanya ada di Lister. 

Bersama mentor terbaik dan berpengalaman membantu kamu untuk mempelajari bahasa dengan intensif. Selain itu kamu juga bisa belajar dengan jam yang fleksibel. 

Perusahaan yang ingin memberikan pelatihan berbagai bahasa  asing untuk karyawan bisa menggunakan layanan training for corporate dari  Lister.  Pelayanan ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Segera daftar kursus bahasa sekarang dan dapatkan promo 10% untuk pembelian kelas sebesar satu jutaan.  Promo ini dapat di klaim saat pendaftaran kelas melalui WhatsApp Lister

Sumber foto : rawpixels di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.