Cari Tahu tentang Lingua Franca, Bahasa Penyatu di Dunia

lingua franca

Program Lister – Saat bertemu dengan orang dari negara asing, mungkin terjadi perbedaan bahasa. Namun kamu sama-sama menguasai bahasa Inggris, sehingga bisa berkomunikasi dengan mudah walaupun tidak saling menguasai bahasa ibu satu sama lain.

Tahukah kamu, dalam kondisi itu kamu sudah menerapkan lingua franca? Begini penjelasannya dalam Linguistik.

Apa itu Lingua Franca?

Lingua franca adalah bahasa yang digunakan sebagai sarana komunikasi di antara kelompok yang memiliki bahasa yang berbeda. Bahasa yang berbeda tersebut tidak dapat dipahami satu sama lain, sehingga mereka harus menggunakan bahasa pengantar atau bahasa pergaulan.

Dalam bahasa Indonesia, lingua franca diterjemahkan menjadi basantara, yakni gabungan dari basa (bahasa) dan antara.

Istilah lain lingua franca yaitu bridge language, common language, trade language, auxiliary language, vehicular language, atau link language.

Dalam sejarahnya, basantara digunakan untuk keperluan dagang, kebudayaan, keagamaan, diplomasi, dan administratif.

Baca juga: 6 Negara ini Menggunakan Bahasa Jerman, ini Fakta Uniknya

Asal-usul Lingua Franca

Seperti yang dijelaskan dalam Britannica, istilah tersebut pertama kali digunakan pada Abad Pertengahan untuk menyebut bahasa pijin dari Italia yang digunakan di para pedagang di Cekungan Mediterania.

Secara harfiah, lingua franca berarti bahasa orang Frank. Di masa Kekaisaran Bizantium, orang Frank adalah julukan bagi masyarakat Eropa Barat.

Bahasa pijin (pidgin) sendiri dibentuk dari dua atau lebih kelompok bahasa yang sama sekali berbeda, kemudian disederhanakan agar dapat saling dipahami.

Ciri khas bahasa pijin yaitu memiliki kosakata dan tata bahasa yang sederhana. Bahasa ini digunakan oleh non-native speaker.

Awalnya bahasa persatuan ini digunakan para pedagang yang banyak berurusan dengan orang asing.

Contohnya bahasa Portugis digunakan sebagai bahasa diplomatik dan perdagangan di pesisir Afrika dan Asia, mulai dari Samudera Hindia sampai Jepang. Kemudian bahasa Melayu digunakan di kawasan Asia Tenggara, dan digunakan pula oleh pedagang Arab dan China.

Di masa modern, enam bahasa resmi yang digunakan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sering dianggap sebagai basantara, yaitu:

  • Arab
  • China
  • Inggris
  • Prancis
  • Rusia
  • Spanyol

Contoh Lingua Franca

  • China Tradisional digunakan di Asia Timur termasuk China, Mongolia, Korea, Jepang, Taiwan, Kerajaan Ryukyu, dan Vietnam pada awal abad ke-20.
  • Bahasa Latin digunakan oleh Kekaisaran Romawi sampai abad ke-18, terutama oleh para diplomat, ilmuwan, dan cendekiawan.
  • Bahasa Italia digunakan oleh para bangsawan dan kaum intelektual Eropa pada abad ke-14 sampai 16. Bahasa Italia masih menjadi bahasa musik klasik sampai saat ini, bahkan disebut sebagai bahasa opera.
  • Bahasa Inggris digunakan sebagai salah satu bahasa internasional sampai saat ini.
  • Bahasa Indonesia, yakni bahasa Melayu standar, dapat dipahami orang Malaysia, Singapura, dan Brunei.
  • Bahasa Hiri Motu dan Tok Pisin digunakan di Papua Nugini.
  • Bahasa Arab digunakan di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.
  • Bahasa Spanyol digunakan di negara-negara Amerika Latin.

Sudah Tahu Mau Belajar Bahasa Apa? Temukan di Program Lister

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!