Apa itu Cyber Security dan Kenapa Perusahaan Perlu Mempelajarinya

apa itu cyber security

Training cyber security –  Ilmu tentang apa itu cyber security menjadi hal yang penting di era kemajuan teknologi hari ini.

Semakin banyaknya data yang tersimpan di saluran online juga pertukaran data secara masif membuat kita perlu sadar pentingnya cyber security atau keamanan cyber. Berikut penjelasannya dari Lister. 

Apa itu cyber security? 

Cyber security memiliki arti secara dasar keamanan dalam berinternet atau dalam dunia maya. Security berarti keamanan sedangkan cyber adalah istilah cybernetics yang berarti ilmu mempelajari sistem, kontrol dalam mesin atau hal-hal yang dapat di otomatisasi. 

Namun sekarang ini pengertian cyber secara sederhana adalah hal yang berhubungan dengan internet dunia digital dan juga komputer. 

Sumber dari Kementerian Pertahanan dalam Pedoman Pertahanan Cyber menjelaskan apa itu cyber security adalah upaya untuk menjaga kerahasiaan keutuhan dan ketersediaan informasi dengan seluruh sarana pendukungnya.  

Selanjutnya cyber security ini juga terkait dengan pertahanan cyber yaitu upaya untuk menanggulangi serangan cyber. 

Apa itu cyber security menurut AO Kaspersky Lab  cyber security adalah Praktek untuk melindungi komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan dan juga data dari ancaman kejahatan. 

Sedangkan menurut M. Bishop, cyber security adalah mekanisme untuk mendeteksi celah keamanan komputer umum mencegah ancaman kejahatan komputer dan juga pemulihan kembali perangkat yang terkena serangan Cyber.

Dengan begitu dapat kita simpulkan tentang apa itu cyber security adalah upaya untuk melindungi perangkat atau file-file digital dari ancaman kejahatan cyber. 

baca juga : Beda PIN dan OTP, Sama-Sama Penting untuk Keamanan Akun

Apa ancaman cyber security? 

Seperti yang kita tulis di atas apa itu cyber security sebagai usaha untuk melindungi File atau perangkat dari ancaman keamanan cyber. 

 Ancaman Apa yang dimaksud dan ilmu cyber security untuk melindungi dari apa? 

Jadi dalam penggunaan perangkat-perangkat teknologi seperti komputer, handphone atau server  dan juga media digital seperti aplikasi maupun website dan platform digital lainnya,

 ada beberapa ancaman yang mengintai dan dibuat secara sengaja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menguntungkan mereka dan membuat perilaku yang merugikan.

Para penjahat cyber ini memanfaatkan celah keamanan untuk masuk dan menggunakan data kita untuk tujuan kejahatan. 

 Beberapa ancaman cyber yang perlu diwaspadai adalah

 1. Cyber crime atau kejahatan cyber

Kejahatan cyber adalah perilaku kriminal yang merugikan  yang dilakukan secara ilegal.  contoh perilaku kejahatan cyber ini misalnya pencurian data,  penyalahgunaan data,  pemasangan spy atau mata-mata,  pengrusakan data sampai dengan penipuan yang merugikan. 

 2. Cyber attack atau serangan cyber 

Cyber attack masuk dalam perilaku kejahatan cyber umumnya dilakukan dengan menyerang lawan secara masif yang mengakibatkan kerusakan, kelumpuhan Sampai dengan eksploitasi data. 

Ada banyak metode yang digunakan dalam melakukan kejahatan cyber,  misalnya menggunakan  virus, trojan,  ransomware dan juga jenis  malware  lainnya yang diciptakan untuk  mencapai tujuan kejahatan tersebut. 

Para penjahat cyber ini bisa menyisipkan virus dan jenis manual lainnya untuk tujuan mengintai  atau juga merusak data pemilik. 

 Jika data sudah bocor atau berhasil dicuri penjahat cyber akan memanfaatkannya untuk tujuan kejahatan seperti melakukan pemerasan, pembobolan keuangan atau juga merusak sistem sampai tidak bisa digunakan dan mengakibatkan kerugian materi. 

Kesadaran tentang pentingnya cyber security

Dengan beberapa penjelasan apa itu cyber security, resiko dan ancaman kejahatan seperti di atas maka kesadaran tentang pentingnya  cyber security adalah hal utama sekarang ini. 

Tidak hanya untuk pelaku bisnis yang memiliki data sensitif dan rahasia namun juga buat individu untuk melindungi dan  mengetahui tindakan pencegahan. 

Kesadaran tentang pentingnya  cyber security dapat dilakukan dengan mempelajari  dan juga mendalami ilmu  yang berhubungan dengan Keamanan cyber.  Seperti:

  1. Apa itu cyber security
  2. Mengenal ancaman keamanan cyber
  3. Resiko ancaman cyber
  4.  Cara mendeteksi kejahatan cyber
  5.  Cara menangani kejahatan cyber
  6. Cara pencegahan kejahatan cyber 

Dengan mengetahui pentingnya keamanan menjaga data akan membantu kamu untuk mencegah dan meminimalkan kemungkinan kejahatan cyber terjadi. 

Mungkin anda suka : Pengertian Tata Ruang Kantor: Lingkungan Kerja Lebih Efisien

Cyber Security untuk bisnis dan perusahaan

Untuk perusahaan memahami cyber security adalah hal penting. Dalam bisnis memiliki banyak data sensitif dan penting terkait rahasia perusahaan juga keamanan pelanggan. 

Beberapa alasan kenapa perusahaan perlu memahami cyber security adalah

  1.  Untuk melindungi data pelanggan 
  2.  Melancarkan proses operasional
  3.  Mencegah kerugian dari transaksi keuangan
  4. Kepercayaan pelanggan
  5. Perlindungan untuk data karyawan dan data vital perusahaan

Mempelajari apa itu cyber Security untuk bisnis dan perusahaan bisa menjadi investasi penting bagi perusahaan dalam menjaga keamanan data vital perusahaan, karyawan pelanggan. 

Selain itu dari sisi materi  ilmu cyber security dapat membantu perusahaan meminimalkan kerusakan, kerugian materi karena serangan cyber. 

Di Indonesia sendiri banyak perusahaan besar yang menjadi korban kejahatan cyber dan berakhir memiliki citra yang buruk di mata pelanggan juga kerugian materi. 

Misalnya melumpuhkan website perusahaan untuk jualan pencurian data pelanggan untuk dijual di dark market  sampai dengan pemerasan. 

Sampai hal ini terjadi di perusahaan Anda sehingga Anda sadar belajar cyber security itu penting. 

Pahami  cyber security langsung dari ahlinya 

Ingin mendalami ilmu tentang apa itu cyber security secara lengkap?  Anda bisa bergabung program training cyber security di Lister. 

 Pelatihan ini sangat cocok untuk Anda yang berbisnis dan juga untuk perusahaan.  ada banyak materi terkait keamanan cyber yang akan diajarkan. Seperti pengetahuan dasar, resiko ancaman pencegahan sampai dengan penanganan. 

Kelas bisa dilakukan secara online maupun tatap muka langsung.  Untuk kelas tatap muka langsung perusahaan perlu mengisi minimal 5 peserta  pelatihan. 

Menariknya di Lister jadwal bisa fleksibel. Anda dapat menentukan jadwal pelatihan sesuai Jadwal anda.  Selain itu Lister juga memberi layanan pemilih tutor  sesuai kualifikasi yang Anda dibutuhkan. 

Bergabung sekarang dengan kursus cyber security Lister.  Mumpung ada potongan harga 10% untuk Anda yang membeli kelas minimal 1 jutaan.  Potongan ini dapat Anda klaim saat pendaftaran dengan kode voucher BLOGLISTER10 melalui Whatsapp Lister

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.