Memahami Makna Natal dan Contoh Ucapan Natal Simple

makna natal

Kursus BIPA – Akhir tahun sudah di depan mata, selain kegiatan akhir tahun, agenda besar yang mungkin berlaku untuk umat kristiani adalah memperingati hari Natal. 

Hari Natal adalah salah satu hari raya yang diperingati cukup meriah di Indonesia. Namun apa sih makna Natal dibalik perayaan Natal yang meriah dan hangat? Lister akan menulisnya untuk kamu. 

baca juga : Kalender Lengkap dengan Hari Libur Nasional 2024

Sejarah dan Pengertian Natal 

Hari Natal dianggap sebagai hari besar untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Sebelumnya perayaan Natal tidak jatuh pada tanggal 25 Desember  seperti yang dilakukan saat ini di seluruh bagian dunia. 

Ada yang merayakan Natal pada  bulan Januari atau juga April dan Mei. Hal ini karena tidak adanya tanggal pasti kelahiran Yesus dalam kitab Injil. 

Kemudian gereja awal melakukan perayaan Natal untuk memperingati kelahiran Yesus pada tanggal 25 Desember. Kemudian tanggal tersebut, akhirnya diterima sebagai peringatan kelahiran Yesus pada abad ke 5 dan terus dirayakan setiap tahunnya di seluruh bagian dunia. 

makna natal
Makna Natal | Gambar dari : Awesomecontent di Freepict

Tradisi perayaan Natal seperti adanya, pemberian kado dan juga penggunaan pohon Natal merupakan bentuk pengembangan tradisi Natal dari waktu ke waktu yang dilakukan oleh  Gereja awal. 

Sampai sekarang makna Natal bukan hanya sebagai hari memperingati kelahiran Yesus saja melainkan sebagai hari untuk menyebarkan kasih sayang,  Hari kebahagiaan  dan juga hari berkumpul keluarga. 

Untuk selanjutnya arti Natal, perayaan dan tradisinya  terus berkembang di berbagai belahan dunia karena seiring perkembangan penyebaran agama Kristen. 

Cerita tradisi dalam perayaan Natal 

Dalam perayaan Natal ada beberapa tradisi di dalamnya, seperti   pertukaran kado,  penggunaan pohon Natal  dan juga cerita Santa Claus  dan lainnya. Ada sejarah dan cerita  dibalik tradisi tersebut 

a. Tradisi pohon Natal 

Penggunaan pohon natal pada  hari raya Natal berawal dari tradisi Jerman. Awalnya memiliki nama pohon Kristus di mana ada hiasan pohon berupa pemberian kue dan Apel. 

Selanjutnya juga ada pengaruh dari Martin Luther yang dianggap sebagai orang yang memiliki ide menambahkan cahaya lilin atau lampu dalam pohon Natal. 

Di abad ke-19  kehadiran pohon Natal juga menghiasi istana Buckingham.  Pemasangan pohon Natal oleh keluarga Kerajaan membuat tradisi penggunaan pohon natal  untuk perayaan natal juga semakin menyebar. 

Sekarang pohon natal banyak digunakan di rumah-rumah umat Kristiani untuk merayakan hari Natal.  Ada banyak  jenis pohon yang bisa digunakan sebagai pohon Natal  namun di waktu sekarang penggunaan bahan merah buatan dari  imitasi dinilai cukup praktis. 

b. Tradisi pertukaran kado 

Di dalam peringatan Hari Natal juga ada tradisi pertukaran kado yang biasa dilakukan di malam natal atau di waktu tertentu yang dipilih. 

 Pertukaran kado ini awalnya diadaptasi dari  cerita tiga orang baik yang memberi kado kepada bayi Yesus Kristus. 

makna natal
Makna Natal | Sumber gambar : pvproduction di Freepict

Namun pada akhirnya pemberian kado dilakukan dengan dasar pembagian kebahagiaan dan juga kedekatan keluarga maupun kolega dalam  perayaan Natal. 

Sampai saat ini tradisi tukar kado atau pembagian kado banyak dilakukan  dalam rangkaian memperingati hari Natal. 

c. Cerita Santa Clause dalam Natal 

Dalam proses pembagian kado biasanya juga ada konsep pemberian kado dari Santa Claus. Sosok Santa Claus yaitu laki-laki  besar berjenggot putih  berkeliling di malam Natal membagikan  kado untuk anak-anak yang memiliki perilaku yang baik.

Dalam perayaan Natal  Santa Claus  biasanya dihadirkan dalam bentuk boneka,  replika,  gantungan  maupun  bentuk lainnya untuk memeriahkan kekayaan Natal. 

Itulah beberapa tradisi yang kental dari Perayaan Hari Natal di seluruh penjuru dunia.  Ketiga  tradisi ini tidak mengurangi makna Natal  dan menambah kemeriahan di manapun perayaan Natal dilakukan termasuk di Indonesia. 

mungkin anda suka : Kalender Pendidikan 2023/2024 untuk Cek Libur Semester!

3 makna Natal 

Berikut adalah beberapa makna Natal  yang cukup  menghangatkan hati  dan membuat Hari Natal menjadi hari yang penuh Sukacita dan ditunggu setiap tahunnya. 

Makna Natal 1 :  Natal sebagai hari kelahiran Yesus 

Waktu kelahiran Yesus merupakan waktu penting  bagi umat Kristiani.  Di mana dalam waktu Natal  dianggap  Yesus memberikan kasih, kelahirannya membawa damai dan keselamatan. Selain itu  di moment Natal juga menjadi waktu untuk mempersatukan hati umat manusia dengan  Allah. 

Makna Natal 2 :   waktu suka cita untuk keluarga

Makna Natal selanjutnya adalah Natal menjadi waktu terbaik untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat,  orang yang kita cintai untuk merayakan kebahagiaan dan perdamaian. 

Hari Natal menjadi hari yang damai melupakan kesalahan atau permasalahan  dengan Kasih sayang dan hal-hal yang menyenangkan. 

Makna Natal 3 : momen untuk mengoreksi diri 

Momen Natal juga menjadi momen untuk merenungi  semua nikmat  yang telah diberikan Tuhan, Semua kebaikan,  kedamaian juga pertolongan dan  pengampunan Tuhan yang telah diberikan  dari Natal ke Natal berikutnya. 

Tiga makna Natal untuk  seseorang yang merayakannya.  Natal selalu menjadi hari yang ditunggu untuk berkumpul  dan  sharing kebahagiaan  di seluruh dunia.  Bagaimana makna Natal untukmu? 

Ucapan Natal  bahasa Indonesia 

Makna Natal semakin terasa dengan hadirnya ucapan  Natal dari orang-orang terdekat dan orang yang kita cintai. Berikut lister Berikan contoh ucapan atau simple yang mungkin saja menginspirasi kamu untuk memberikan ucapan Natal kepada orang yang kamu cintai 

  1. Selamat hari  Natal!  semoga kedamaian dan kasih sayang di Hari Natal terus menyertai  keluarga kita. 
  2. Kasih Tuhan cukup besar  sehingga bisa memberikan hati kita kedamaian  dan kebahagiaan di hari  Natal hari ini.  Selamat hari Natal! 
  3. Selamat hari Natal!  tidak ada lagi alasan kesedihan dan kemurungan  untuk hari ini.  Kasih Tuhan selalu menyertaimu! 
  4. Semoga berkat Tuhan,  Kedamaian,  dan kasih sayang Nya menjadi penerang di hati kita semua
  5. Semoga harimu dipenuhi cinta dan kedamaian yang melimpah,  Happy blessing Christmas

Itulah beberapa contoh ucapan Natal simple yang mungkin saja bisa digunakan sebagai  inspirasi membuat ucapan untuk  orang terdekatmu di Hari Natal. 

Rayakan Natal di Indonesia dengan bahasa yang lancar! 

Perayaan natal di Indonesia tidak kalah seru dibandingkan negara lainnya.  Rayakan Natal terbaik di Indonesia dengan bahasa Indonesia yang lancar. 

Kamu bisa belajar bahasa Indonesia di program kursus BIPA (Kursus Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing) di Lister. 

Belajar  bahasa Indonesia lebih terarah dan  efektif  untuk berbagai keperluan, baik pendidikan,  pekerjaan maupun kebutuhan sosial. 

Kursus BIPA di Lister  memberikan kamu kesempatan untuk menjadwalkan waktu belajar  secara mandiri  dan juga  keleluasaan memilih tutor terbaik. 

Daftar sekarang dengan  promo 10% dari Lister  untuk pembelian kelas seharga satu jutaan.  Klaim kode voucher BLOGLISTER10 saat pendaftaran layanan  untuk mendapatkan promo 10%.   Daftar kelas sekarang juga di Whatsapp Lister

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.