10 Fakta Menarik tentang Negara Singapura, Bikin Ingin Kesana

Fakta Menarik tentang Negara Singapura

English for Adults Lister – Negeri dengan lambang singa yang satu ini terletak di ujung selatan Semenanjung Malaysia. Ada banyak fakta menarik tentang negara Singapura yang berhasil menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga internasional.

Keberagaman budaya menjadi kekuatan utama negara ini, dengan penduduknya yang terdiri dari berbagai etnis seperti Tionghoa, Melayu, India, dan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, simak penjelasan seputar fakta menarik tentang negara singapura berikut ini.

1. Negara dengan 64 pulau 

Dilansir dari laman Visit Singapore, fakta menarik tentang negara Singapura yang pertama adalah memiliki 64 pulau. Ada banyak sekali rumah panggung di atas pesisir pantai Singapura. 

Terhitung ada sekitar 60an pulau yang setiapnya memiliki pesonanya masing-masing. Seeprti Pulau Ubin, Pulau St.John’s, dan Sister Island. 

2. Rumah bagi hewan malam

Fakta unik yang selanjutnya adalah Singapura menjadi salah satu negara sebagai tempat hidup hewan malam. Ada Night Safari Singapore yang mana sudah ada sejak tahun 1994. 

Terdapat sekitar 1.000 hewan dari 120 spesies yang bisa menemani perjalanan mengenal aneka satwa di malam hari. 

3. Kota dengan air terjun buatan 

Di Jewel Changi, ada air terjun buatan manusia pertama yang sudah ada sejak tahun 1971. Jatuh dari ketinggian sekitar 30 meter.

Kini, air terjung tersebut sudah direnovasi dan diperbaiki hingga memiliki ketinggian mencapai 35 menit. Air terjun tersebut juga menjadi pusat konservatori bagi sebagian tanaman dataran tinggi tropis. 

Fakta menarik tentang negara Singapura ini sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Baca juga: Negara di Sebelah Utara Jerman, Ini 7 Fakta Menarik Denmark

4. Penduduk lokal berbicara dengan singlish 

Singlish merupakan Singapore English. Singlish merupakan kumpulan slogan dan istilah yang digunakan oleh masyarakatnya sehari-hari. 

Orang Singapura cenderung memanggil orang asing dengan sebutan, Uncle dan Aunty. Namun, pastikan untuk tidak semua lawan bicara dipanggil dengan sebutan tersebut agar tidak menyinggung mereka. 

Selain itu, warga Singapura juga sering menambahkan kata lah dan leh di akhir kalimat. 

5. Memiliki banyak kawasan beretnis

Fakta menarik tentang negara Singapura yang selanjutnya adalah memiliki banyak kawasan beretnis. Kamu bisa menemui kampung atau kawasan dengan berbagai etnis di dunia. Seperti China, Arab, hingga India. 

Kawasan tersebut memiliki cirikhasnya masing-masing, seperti menikmati makanan tradisional di Katong, berfoto ria di Art Deco, Tiong Bahru. 

6. Fakta menarik tentang negara Singapura, rantai domino

Pada tahun 2000, tepatnya ditanggal 30 September. Sebanyak 9.234 siswa merancang dan menyusun domino hingga memiliki panjang mencapai 4,3 kilometer. 

Domino tersebut direntangkan dari ujung ke ujung. Masuk ke dalam rekor buku Guinnes. 

Baca juga: 7 Fakta Unik Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia 2023

7. Bahasa resmi Singapura

Fakta menarik tentang negara Singapura adalah bahasanya. Menyinggung soal Singlish, Singapura juga memiliki empat bahasa resmi lainnya yaitu bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Tamil, dan bahasa Melayu. 

8. Nikmati bioskop gratis selama 24 jam 

Di Bandara Changi, kamu bisa menikmati pemutaran film secara gratis selama 24 jam. Ada pun film yang bisa dinikmati adalah 2D dan 4D, keduanya tersebar di terminal 2 dan 3. 

9. Singapura telah merubah zona waktu sebanyak 6 kali

Sejak tahun 1905, pemerintah Singapura sudah mengubah zona waktu daerahnya sebanyak enam kali. Saat ini, zona waktu Singapura adalah GMT+8 sementara seharusnya adalah GMT+7,5. 

10. Singapura punya hari pohon 

Setiap tanggal 7 November, Singapura memiliki hari penanaman pohon secara resmi. Hari tersebut diperingati oleh banyak orang terutama diplomat dan masyarakat biasa. 

Bahkan sangat lumrah untuk menghadiahi pohon sebagai kado atau hadiah di acara ulang tahun atau pernikahan. 

Pemula dan Dewasa, Segeralah Bergabung Bersama Lister! 

Hambatan belajar Bahasa Inggris untuk pemula dan dewasa bisa menjadi tantangan, namun bukanlah halangan. Dengan mengikuti program English for Adults Lister, segala hambatan akan diatasi secara efektif. 

Kamu bebas memilih jumlah kelas, bahkan menentukan tutor dan kelas pengganti. Ikuti Instagram Lister untuk mengetahui informasi terbaru dan menarik lainnya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh tawatchai07 di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.