Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Rekomendasi Webtoon Korea Bahasa Indonesia yang Perlu Kamu Tau

webtoon bahasa korea

Apakah kamu penggemar bacaan atau cerita webtoon? Jika iya, sebenarnya hobi membaca webtoon memiliki banyak manfaat terlebih jika menggunakan bahasa asing seperti bahasa Korea. Sebab, selain mendapat hiburan kamu juga belajar bahasa Korea.

Webtoon adalah akronim dari website cartoon yang digagas oleh Korea Selatan. Webtoon dianggap sebagai sub-genre dari manhwa (kalau Jepang punya manga, Korea punya manhwa). Hanya saja, mereka berbeda dengan media publikasinya.

Baca juga: Beberapa Komik Romantis Korea Ini Pasti Bikin Melayang!

Daftar Webtoon Bahasa Korea Lengkap

Saatnya mengubah hobi menjadi produktif dengan mempelajari webtoon bahasa Korea, berikut ini adalah beberapa contohnya!

1. Diamond Dust

Webtoon pertama ini berkisah tentang seorang gadis yang dipaksa menjadi pemain piano, tekanan itu sudah ia dapatkan sejak dia lahir. Hal itu terjadi karna anggota keluarga mereka ada yang pernah menjadi seorang musisi terkenal di masa lalu. Dia terus-menerus dipaksa oleh ayahnya untuk berlatih.

2. That Summer

Kalau webtoon yang satu ini punya cerita unik. Mungkin ada sebagian dari kalian yang pernah merasakan cerita di webtoon ini. Bercerita tentang seorang gadis yang terjebak dalam hubungan 2 orang laki-laki yang saling suka. Singkatnya sih si cewek terjebak dengan sepasang cowok gay.

Awalnya gadis itu hanya menjadi mediator bagi kedua cowok tersebut untuk menyelesaikan permasalahan mereka berdua. Lama-lama dia jadi jatuh cinta sama salah satu diantara mereka. Nah lho?

3. I Love You

Kalau webtoon ini bercerita tentang Shin Ae, dia selalu tidak beruntung dalam sebuah hubungan. Melihat hubungan asmaranya yang selalu berakhir dengan rasa sakit, Shin Ae memutuskan untuk tidak akan lagi menjalin hubungan asmara dengan orang lain. Meski puas dengan keberadaannya yang anti social dan membosankan, hidupnya berubah ketika secara tidak sengaja merusak pakaian orang lain yang tidak ia kenal. Dari sanalah kisah cintanya berubah haluan.

4. My Dear Cold-Blooded King

Lahir dari keluarga petani yang sederhana, Kihara Mei bekerja sebagai pedagang di ibu kota, dan dia tidak pernah berpikir untuk mengubah hidupnya. Tapi, satu hari dia memutuskan untuk mengubah jalan hidupnya, ketika ia menerima tantangan mematikan untuk melawan assassins kerajaan yang berbahaya.

Kamu bisa tahu akan ada cinta segitiga bahkan sebelum membaca bab pertama dari webtoon ini. Kamu akan tertarik dengan misteri seputar tiga karakter utama yang ada di webtoon ini, terutama sang tokoh wanita. Selain bergenre romance, webtoon ini juga memiliki genre historical.

5. Midnight Rain

Noemi dan orang tuanya pindah untuk tinggal di perkebunan milik salah satu keluarga terkaya, keluarga Valstrom, mereka pindah karena alasan pekerjaan. Disana Noemi bertemu dengan Blade, pewaris kekaisaran Valstrom, dan Soren, saudara tiri Blade.

Di webtoon ini kamu bisa melihat perkembangan dari Noemi, Blade, dan Soren dari mereka masih anak-anak hingga menjadi dewasa. Sama seperti kisah yang lainnya, mereka bertiga terlibat dalam cinta segitiga.

Itulah 5 daftar rekomendasi webtoon bahasa Korea yang bisa menjadi referensi belajar bahasa Korea yang menyenangkan karena digabung dengan hobi!