Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Miso adalah: Bahan Wajib di Makanan Sup Khas Jepang

Sup miso adalah salah satu sajian yang banyak ditemui di restoran khas Jepang. Namun tahukah kamu asal-usul miso yang digunakan untuk membuatnya?

Selain rasanya yang umami, miso memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang diketahui baik oleh orang Jepang. Apa saja manfaatnya?

Miso adalah

Miso merupakan bumbu masak berbentuk pasta padat. Miso terbuat dari kacang kedelai dan biji-bijian (biasanya beras atau jelai) yang ditumbuk.

Kedua bahan tersebut lalu dicampur dengan jamur koji. Campuran ini lalu didiamkan di dalam kuali.

Proses fermentasi tersebut dapat berlangsung mulai dari beberapa minggu sampai satu tahun, tergantung rasa yang diinginkan. Miso juga dapat dipasteurisasi agar lebih tahan lama.

Setelah itu miso dikemas dan dipasarkan atau disimpan untuk konsumsi pribadi. Cara penyimpanannya yaitu dimasukkan dalam kulkas.

Miso memiliki rasa umami, yakni perpaduan sempurna antara manis, asin, asam, dan pahit.

Asal-usul Miso

Terdapat versi berbeda-beda tentang dari mana miso berasal.

  • Miso berasal dari Jepang pada era Neolitikum, yakni Periode Jomon (14.000 – 300 SM). Pada masa itu, miso terbuat dari ikan dan biji-bijian.
  • Miso berasal dari China sekitar abad ke-7 M, yakni disebut dengan doujiang. Miso terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi.
  • Kata miso berasal dari bahasa Korea, sehingga ada kemungkinan bumbu masakan ini berasal dari negara tersebut.

Pada era Muromachi, kacang kedelai yang digunakan untuk membuat miso tidak ditumbuk. Metode pembuatan dengan menumbuk kacang kedelai baru ditemukan kemudian oleh para biksu Buddha. Setelah itu, miso mulai digunakan sebagai bumbu masak.

Pada Periode Edo, miso disebut dengan kuki atau hishio. Proses pembuatannya pun semakin sederhana.

Manfaat Kesehatan Miso

Miso ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan, sehingga digemari orang Jepang.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan
  • Mencegah tekanan darah tinggi
  • Mencegah kanker
  • Mengandung enzim seperti vitamin K, vitamin B, fosfor, dan lain-lain
  • Mengobati efek sehabis mabuk
miso
Miso.

Jenis-Jenis Miso

Ada tiga jenis miso yang paling umum ditemukan, yakni miso putih, miso kuning, dan miso merah.

Miso putih (shiro miso)

Miso ini terbuat dari beras dan sedikit kacang kedelai. Proses fermentasinya yang paling singkat. Rasanya ringan dan agak manis, sehingga cocok digunakan untuk sup bening.

Miso kuning (shinshu miso)

Miso ini terbuat dari jelai dan beras. Rasanya tidak terlalu kuat atau terlalu ringan. Miso ini cocok untuk sup atau marinasi.

Miso merah (akamiso)

Proses fermentasi miso ini adalah yang paling lama, sehingga menghasilkan warna miso merah atau coklat tua. Miso ini terbuat dari kacang kedelai dan sedikit jelai atau beras. Rasanya sangat umami dan asin.

Genmai miso

Miso ini terbuat dari beras coklat yang difermentasi selama 6-18 bulan.

Awase miso / chougou miso

Miso ini terbuat dari dua jenis pasta miso yang dicampur, biasanya dari miso merah dan miso putih. Campuran ini menghasilkan rasa yang kaya dan kuat, tetapi tidak terlalu asin.

Mugi miso

Miso ini terbuat dari jelai, kacang kedelai, dan garam. Mugi miso diproduksi di Chugoku Barat, Kyushu, dan Shikoku. Rasanya manis, meskipun baunya agak tajam. Proses fermentasi miso ini berlangsung selama 1-3 tahun. Mugi miso digunakan untuk membuat sup, semur, dan saus.

Hatcho miso

Miso ini murni terbuat dari kacang kedelai. Warnanya sangat gelap. Sementara itu rasanya sangat asin. Hatcho miso jarang digunakan dalam masakan sehari-hari.

Ichinen mame miso

Miso ini mirip dengan hatcho miso. Namun proses fermentasinya tidak terlalu lama, sehingga warnanya tidak terlalu gelap dan rasanya tidak sekuat hatcho miso.

Gokoku miso

Miso ini terbuat dari lima jenis biji-bijian dan ditambah dengan kacang kedelai.

Soba miso

Miso ini terbuat dari gandum hitam. Soba miso sering ditemukan sebagai salah satu bahan pembuat mi soba.

Resep Sup Miso

Bahan-bahan

950 ml air

3-4 sdm miso putih

60 gram tahu putih

120 gram daun bawang cincang

Nori

Cara membuat

1. Masukkan air ke dalam panci. Panaskan.

2. Panaskan sampai 5-7 menit sambil menambahkan nori.

3. Sementara itu, masukkan miso ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan air panas sedikit dan aduk sampai lembut.

4. Masukkan miso ke dalam panci. Aduk sampai rata.

5. Masukkan tahu dan daun bawang, lalu masak selama 5 menit. Cicipi rasanya, jika perlu tambahkan miso atau garam.

6. Sajikan selagi hangat.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!