Apa Simbol yang Paling Penting di Budaya Tiongkok? 7 Simbol Ini Paling Terkenal

Simbol Yang Paling Penting Di Budaya Tiongkok

Kursus Bahasa Mandarin –  Budaya Tiongkok memiliki beberapa simbol penting dalam kehidupan sehari-hari, kepercayaan, dan tradisi. 

Simbol-simbol ini mewakili beberapa hal seperti kebijaksanaan, keberuntungan, dan lain sebagainya. Lantas, tahukah kamu apa simbol yang paling penting di budaya Tiongkok?

Sebagian orang akan mengatakan naga sebagai simbol penting dalam budaya Tiongkok. Padahal, selain naga, masih banyak simbol berupa hewan, bunga, dan sebagainya. 

Kali ini Lister akan mengajak kamu kenalan dengan simbol-simbol penting yang ada di budaya Tiongkok beserta maknanya.

Apa Simbol Yang paling Penting Di Budaya Tiongkok?

Bicara soal budaya Tiongkok, rasanya tidak akan ada habisnya. Ada banyak hal menarik untuk dibahas dari budaya tersebut, seperti simbol budaya Tiongkok binatang yang sering ada di legenda Tiongkok. Ketahui lebih banyak, simak penjelasan Lister kali ini, yuk!

Simbol Yin dan Yang

Yin dan Yang dalam filosofi Tiongkok memiliki simbol berwarna hitam dan putih dengan makna yang mendalam. Tidak mengherankan bila simbol ini pun diterapkan dalam kehidupan modern. 

Secara umum, simbol ini bermakna hidup yang seimbang, karena setiap hal yang ada di dunia ini memiliki dua unsur yang berlawanan.

Simbol ini berbentuk siklik dengan Ying berwarna hitam dan Yang berwarna putih. Menariknya, prinsip Yin dan Yang ini diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari pengobatan Tionghoa, feng shui, hingga seni bela diri.

Bila ditelisik lebih jauh, simbol Yin dan Yang membentuk lima elemen dasar yang terdiri dari tanah, api, logam, kayu, dan air. Kelima elemen ini menciptakan alam semesta serta memiliki musim, warna, emosi, dan rasa.

Simbol Naga

Kalau kamu bertanya apa simbol hewan yang paling penting di budaya Tiongkok, jawabannya adalah naga. 

Naga dalam budaya Tiongkok adalah makhluk legendaris yang melambangkan empat hal, yaitu kekuatan, keberuntungan, keberanian, dan kebaikan. 

Selain itu, naga juga termasuk satu dari 4 binatang sakral Cina.

Saking pentingnya, naga juga kerap muncul dalam berbagai bentuk seni. Mulai dari seni peran, seni kerajinan, hingga seni rupa. Dalam berbagai upacara dan festival budaya Tiongkok pun sering kali terdapat simbol naga. 

Sementara dalam mitos Tiongkok, naga juga dianggap sebagai pelindung sungai dan kemunculannya sebagai pertanda kebaikan.

Lebih lanjut, simbol naga juga sangat penting dalam konteks kebudayaan dan politik di Tiongkok. Hal ini tidak lepas dari sejarah Tiongkok di mana banyak raja dan kaisar yang mengklaim sebagai keturunan dari naga.

Baca juga: 5 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Mandarin Otodidak, Langsung Lancar!

Simbol Pixiu

Pixiu atau yang dikenal dengan Piyao juga termasuk ke dalam simbol paling penting di budaya Tiongkok. Makhluk mitos ini digambarkan memiliki bentuk menyerupai singa yang agak abstrak dan kuat. 

Pixiu memiliki kepala naga dengan sayap untuk terbang. Arti lambang Pixiu dalam budaya Tiongkok dianggap sebagai simbol pelindung pribadi di feng shui tradisional.

Mengingat sifatnya yang kuat, Pixiu dianggap mampu menangkal roh jahat dan melindungimu dari bahaya. Selain itu, simbol ini juga identik dengan keberuntungan, kekuasaan bagi orang-orang, dan kekayaan. 

Menariknya lagi, simbol Pixiu yang tidak memiliki anus dianggap hanya membawa kekayaan dan tidak akan kehilangan kekayaannya.

Simbol Phoenix

Selain naga, binatang yang sering ada di dalam legenda Tiongkok Family 100 berikutnya adalah phoenix. 

Phoenix atau fenghuang dalam mitologi Cina dianggap melambangkan keberuntungan serta lambang dunia atas atau khayangan. Secara visual, phoenix memiliki penampilan yang begitu indah dengan corak yang memikat hati.

Bila naga dianggap sebagai kekuatan kaisar, maka phoenix menjadi simbol feminin sebagai permaisuri. Tidak mengherankan bila sampai sekarang pun, burung phoenix terkenal dengan sifat-sifat keanggunan seperti keindahan dan kelembutan. 

Meskipun sudah ratusan tahun diperkenalkan sejak kekaisaran Cina, lambang phoenix masih begitu populer di kebudayaan Tiongkok modern, lho.

Baca juga: 9 Tips Menguasai Kamus Mandarin Indonesia Dijamin Ampuh

Patung Kucing Emas

Simbol yang satu ini pasti sudah tidak asing buatmu. Ya, patung kucing emas sangat mudah dijumpai di area pertokoan. Dalam bahasa Cina keberuntungan, simbol patung kucing emas dipercaya sebagai pelindung dari aura jahat dan melambangkan keberlimpahan.

Selain populer dalam budaya Tiongkok, maneki neko atau kucing emas ini juga terdapat dalam budaya Jepang. Selain berwarna emas, maneki neko juga hadir dalam variasi warna yang berbeda-beda. 

Misalnya yang berwarna calico atau belang tiga yang dianggap paling beruntung. Disamping itu, terdapat maneki neko berwarna putih yang dianggap sebagai simbol kebahagiaan, kebajikan, dan hal-hal positif. 

Simbol Bunga Plum

Apa simbol yang paling penting di budaya Tiongkok, salah satunya adalah bunga plum. Bunga ini juga dianggap sebagai bunga nasional Republik Tiongkok. Bunga plum atau bunga prem dalam budaya Tiongkok dianggap sebagai “teman musim dingin” karena memiliki nilai daya tahan.

Hal ini sejalan dengan orang Tionghoa yang selalu gigih dan terus berusaha untuk menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, bunga nasional ini juga memiliki makna yang cukup dalam. 

Bunga plum dengan tiga kuncup dan lima kelopak secara khusus melambangkan tiga prinsip rakyat dan lima cabang pemerintahan sesuai dengan konstitusi.

Baca juga: Arti Bahasa Mandarin Wo Hen Hao, Begini Contoh Kalimatnya

Simbol Bambu Hoki

Terakhir, ada simbol paling penting di budaya Tiongkok berupa bambu hoki. Di zaman modern, bambu hoki ini banyak diburu menjelang Hari Raya Imlek. Lantas, apa sih makna dari simbol ini? 

Simbol hoki Cina ini dipercaya mampu melempar energi negatif ke luar rumah. Tanaman hias ini disebut-sebut mampu menyeimbangkan unsur Yin dan Yang sehingga suasana rumah jadi lebih damai.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Belajar Budaya China, Mulai dari Bahasanya

Apakah kamu tertarik dengan kebudayaan China? Mempelajari suatu budaya tentu akan lebih seru jika menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin di Lister.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Instagram Lister untuk informasi belajar bahasa asing lainnya dan promo terbaru.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.