5 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Mandarin Otodidak, Langsung Lancar!

kosakata bahasa mandarin

Kursus Bahasa Mandarin –  Menghafal kosakata bahasa Mandarin untuk pemula memang tidak mudah. Namun, bukan berarti sulit untuk dipelajari. Kamu bisa mahir bahasa Mandarin meski belajar secara otodidak dalam waktu singkat.

Kali ini Lister akan berbagi tips ampuh menghafal kosakata bahasa Mandarin sehari-hari. Daripada penasaran, langsung simak tips jago bahasa Mandarin berikut ini, yuk. 

Cara Ampuh Menghafal Kosakata Bahasa Mandarin Secara Cepat

Banyak yang berpendapat bahwa menghafal bahasa Mandarin sehari hari akan lebih mudah bila berada di lingkungan berbahasa Mandarin. 

Padahal, tanpa berada di lingkungan berbahasa Mandarin pun kamu bisa menguasainya dengan cepat. Peningkatan kemampuan menghafal kosakata Mandarin, coba terapkan 5 tips berikut ini.

1. Latihan Bahasa Mandarin Sesering Mungkin

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah practice makes perfect atau latihan membuat menjadi sempurna. Pepatah ini bisa diterapkan dalam semua aspek, termasuk untuk meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin kamu. 

Makin sering kamu berlatih, maka kemampuanmu dalam berbahasa Mandarin akan cepat meningkat.

Supaya pengucapannya lebih tepat lagi, kamu bisa berlatih dari berbagai sumber, seperti nonton serial Mandarin, membaca buku Mandarin, dan menonton YouTube berbahasa Mandarin. 

Kalau kamu punya teman yang mahir berbahasa Mandarin, ajaklah mereka berkomunikasi dengan bahasa Mandarin. Selain itu, kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Mandarin dengan mendengarkan lagu.

Setelah itu, belajarlah untuk mengucapkan dan menghafal liriknya. Untuk memperkaya kosakata, jangan lupa mencari makna dari lirik lagu yang kamu dengarkan. 

Menghafal kosakata dengan cara-cara menyenangkan seperti ini akan lebih mudah dipahami. Hal ini dikarenakan mood yang baik mempengaruhi kemampuan otak dalam menyerap ilmu.

2. Kuasai Kata Dasar Mandarin Lalu Hubungkan Dengan Mind Mapping 

Tips kedua agar bisa menguasai kalimat bahasa Mandarin dan artinya dalam waktu cepat adalah dengan membuat mind mapping atau pemetaan pikiran. Mind mapping dilakukan dengan bantuan diagram untuk menggambarkan kata, ide, serta tugas atau poin penting yang saling terkait yang terhubung ke poin inti. 

Metode mind mapping ini akan membuatmu lebih paham kata dasar dalam sebuah kalimat. Agar lebih efektif, kamu dapat menggunakan bantuan flashcard berbahasa Mandarin. Makin sering mind mapping dilakukan, kemampuanmu akan meningkat dengan cepat.

3. Belajar Dari Sumber Manapun Secara Rutin

Jika ingin menguasai kosakata bahasa Mandarin untuk pemula, kuncinya adalah jangan cepat puas. Meskipun sudah bisa mengucapkan bahasa Mandarin dengan fasih, jangan pernah berpikir untuk berhenti belajar. 

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang belajar di lembaga kursus bahasa Mandarin. Jangan biarkan dirimu puas dengan ilmu yang sudah didapat selama kursus.

Optimalkan kemampuanmu dalam bahasa Mandarin dengan belajar dari berbagai sumber secara rutin. Seperti yang Lister singgung sebelumnya, kamu dapat belajar secara online melalui YouTube. 

Makin sering kamu belajar, kemampuan bahasa Mandarin kamu akan lebih terasah lagi. Perbendaharaan kata dalam percakapan bahasa Mandarin pun akan meningkat pesat. 

Baca juga: 9 Tips Menguasai Kamus Mandarin Indonesia Dijamin Ampuh

4. Ingat Nadanya Agar Pengucapannya Tepat

Buat kamu yang ingin menguasai 1000 kosakata bahasa Mandarin, mulailah untuk mengingat nada pengucapannya. 

Perlu diketahui bahwa beberapa kata dalam bahasa Mandarin hampir mirip. Bedanya adalah intonasi atau nada pengucapannya.

Intonasi yang tidak tepat bisa membuat makna katanya berubah. Misalnya 蝎子 (xiē zi) yang berarti “kalajengking” dan 鞋子 (xié zi) yang berarti “sepatu”. Atau 问 (wēn) yang berarti “bertanya” dan 吻 (wēn) yang berarti “mencium”.

Menghafal kosakata dengan benar memerlukan pemahaman yang baik tentang nadanya. Salah satu cara untuk mengingat nadanya adalah dengan mendengarkan contoh pengucapan dari penutur asli bahasa Mandarin. 

Penting untuk diingat bahwa pengucapan yang tepat dapat mempengaruhi pemahaman dan komunikasi yang efektif dalam bahasa Mandarin.

5. Mulai Dari Kata-Kata Mudah

Bagi pemula, sebaiknya hafalkan kosakata bahasa Mandarin dari yang paling mudah terlebih dahulu.

Menghafal kosakata yang sederhana memungkinkan pemula untuk membangun fondasi yang kuat dan memahami struktur dasar bahasa Mandarin.

Tips mudah dalam mempelajari kosakata bahasa Mandarin tersebut bisa diikuti siapa saja. Kamu bisa menghafalkan dari angka, hari dalam seminggu, nama benda, atau kata-kata yang sering muncul dalam percakapan.

Fokus pada pelafalan setiap kata yang akan digunakan. Kemudian, ulang pelafalan dari kosataka tersebut secara berkala untuk membantu mengingat.

Buatlah catatan sederhana setiap mempelajari kata-kata baru agar tidak baru. Setelah itu, kamu dapat mempelajarinya secara berulang hingga menguasainya. Jika satu tema sudah dihafal dengan baik, kamu bisa beralih ke kata lainnya dengan tema yang lebih tinggi. 

Cara belajar yang terus meningkat dari hari ke hari akan membuatmu menguasai bahasa Mandarin secara mudah.

Jangan lupa untuk mempraktikkan cara bicara dengan teman atau tutor. Setelah itu, aplikasikan belajar bahasa Mandarin setiap hari di depan kaca.

Dengan ketekunan dan kesabaran, menghafal kosakata yang mudah dapat menjadi fondasi yang solid dalam menguasai bahasa Mandarin secara keseluruhan.

Baca juga: Mengenal 3 Ucapan Semangat Bahasa Mandarin, Jia you!

Contoh Kosakata Bahasa Mandarin Sehari-Hari

Sama seperti otodidak, belajar bahasa Taiwan di PT juga harus dimulai dari yang paling sederhana terlebih dahulu. Dengan menguasai kata-kata yang digunakan sehari-hari, kamu bisa menangkap inti dari lawan bicaramu. 

1. Kosakata Bahasa Mandarin untuk Menyapa

Sapaan adalah hal yang paling umum dilakukan sehari-hari. Oleh karenanya, Lister menyarankan kamu untuk belajar bahasa Mandarin dari nol dengan menguasai kata sapaan terlebih dahulu.

  • 你 (nǐ) : Kamu 
  • 您 (nín) : Anda
  • 我 (wǒ) : Saya
  • 他们 (tā men) : Mereka
  • 你们 (nǐ men) : Kalian
  • 都 (dōu) : Semua
  • 我们 (wǒ men) : Kami atau Kita
  • 你好! (ni hao!) : Hai, Halo! (untuk satu orang)
  • 你们好! (nimen hao!) : Hai, Halo! (untuk lebih dari satu orang)

Baca juga: Lembaga Kursus Bahasa Mandarin untuk Studi atau Kerja

2. Kosakata Bahasa Mandarin Tentang Hari

Selain kata sapa, kamu juga harus belajar bahasa mandarin ke Indonesia tentang hari, seperti kata berikut ini.

  • 星期一 (xīngqī yī) : Senin
  • 星期二 (xīngqī èr) : Selasa
  • 星期三 (xīngqī sān) : Rabu
  • 星期四 (xīngqī sì) : Kamis
  • 星期五 (xīngqī wǔ) : Jumat
  • 星期六 (xīngqī liù) : Sabtu
  • 星期日 /星期天 (xīngqī rì / xīngqī tiān) : Minggu

Tips menguasai kosakata bahasa Mandarin tersebut bisa kamu ikuti sebagai langkah awal yang penting bagi pemula. Di antaranya, rajin membaca dan mendengarkan materi dalam bahasa Mandarin. 

Tidak ada salahnya untuk menghafalkan lirik dalam lagu Mandarin. Selain itu, banyak aplikasi dan situs web yang menawarkan kosakata dalam bentuk flashcard, permainan, atau latihan interaktif yang bisa membantu meningkatkan pemahaman dan peningkatan dalam menghafal kosakata. 

Jangan ragu untuk mengajak teman sekelas di sekolah atau kursus mengobrol. Hal ini membantu dalam memperluas kosakata dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.