9 Tips Menguasai Kamus Mandarin Indonesia Dijamin Ampuh

kamus mandarin indonesia

Kursus Bahasa Mandarin –  Kamus Mandarin Indonesia menjadi barang yang wajib dimiliki jika kamu sedang mempelajari Bahasa Mandarin. Bahasa mandarin termasuk salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari di dunia, salah satunya di Indonesia. 

Bahasa Mandarin banyak dipelajari di ekstrakulikuler sekolah, hingga jurusan resmi di perguruan tinggi. Karenanya, belajar bahasa mandarin dianggap sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang ingin belajar bisnis.

Namun, mempelajari bahasa Mandarin tidak semudah itu, perlu adanya keinginan kuat untuk belajar. Salah satunya dengan menerapkan tips menguasai kamus Mandarin Indonesia berikut.

1. Tentukan Tujuan Jangka Pendek dan Panjangnya

Untuk membantu kamu menguasai kamus Mandarin Indonesia, Lister sarankan tentukan terlebih dahulu tujuan untuk jangka pendek dan jangka panjangnya. 

Kamu bisa menentukan tujuan jangka panjang, seperti lancar bahasa Mandarin dalam waktu tiga tahun sehingga tujuan jangka pendeknya bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu. 

Misalnya, menguasai dulu lima kosakata dari kamus Mandarin Indonesia lengkap dalam sehari, bisa menceritakan soal cuaca atau hobi dalam waktu tiga menit menit atau bisa menghafal nama-nama hari dan lainnya.

2. Fokus Menghafal Kosakata Baru

Jika kamu bingung bagaimana memahami grammar bahasa Mandarin. Cobalah fokuskan diri terlebih dahulu untuk mempelajari kosakata baru setiap harinya.  Kesampingkan dulu mempelajari tata bahasa dalam bahasa Mandarinnya. 

Kamu bisa menghafal kosakata dan kalimat umum yang sering digunakan untuk sehari-hari dan sesuai minat pribadi. Hal ini agar otak kamu mudah menghafalnya dan bisa diaplikasikan langsung. 

Jika kamu sudah konsisten mempelajari dan berlatih menggunakan kosakata baru, baru kemudian bisa sekaligus memahami grammar lewat kamus mandarin indonesia online dengan lebih mudah.

3. Pahami Pinyin dan Nada

Ketika belajar kamus Indonesia Mandarin pinyin pastikan untuk memahami Pinyin dan macam-macam nada yang ada dalam bahasa Mandarin. 

Hal ini sangat penting untuk menentukan kelancaran proses belajar bahasa Mandarin kamu.

Pinyin sendiri merupakan ejaan suara Mandarin dari pemerintah Cina yang digunakan untuk mewakili setiap Hanzi agar orang lebih gampang berkomunikasi sekaligus menyatukan seluruh suku bangsa di Cina.

Biasanya kamus Mandarin Indonesia fokus pada pinyin ini lumayan sulit dipelajari karena pelafalannya sangat berbeda dengan pelafalan dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Bahkan, di awal, kamu akan sulit memahami karena Pinyin mempunyai cara pengucapannya tersendiri. 

Meski begitu, jika kamu giat mempelajarinya, tidak sesulit yang dikira, kok.

Setelah memahami Pinyin dan mampu mengaplikasikannya, kamu bisa lanjut mempelajari penggunaan nada dalam bahasa Mandarin. Nada dalam bahasa Mandarin, ketika kamu berbicara akan menghasilkan arti yang berbeda. 

Secara umum, ada empat nada bahasa Mandarin yang harus dipahami, meliputi nada meninggi, nada datar, nada melengkung, dan nada menurun.

Baca juga: Lembaga Kursus Bahasa Mandarin untuk Studi atau Kerja

4. Pelajari Struktur Kalimat

Selanjutnya kamu bisa meningkatkan level kesulitan belajar dengan memahami konsep struktur kalimat dalam mempelajari kamus Mandarin Indonesia. Tahapan ini dikenal sangat sulit. 

Namun, tenang saja kalau kamu belajar dengan mentor dan menggunakan kamus yang tepat proses pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah.

Secara umum, struktur kalimat dalam bahasa Mandarin tidak banyak, yaitu subjek, objek, predikat, dan kata keterangan di depan maupun tengah kalimat sesuai dengan kegunaan. 

Meskipun cukup sulit, jika kamu berhasil menguasai struktur kalimat ini, akan membantu kamu semakin lancar berbicara bahasa Mandarin.

5. Hafalkan Angka dari Kamus Mandarin Indonesia

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin, kamu juga harus mempelajari pelafalan angka dalam bahasa Mandarin. 

Hal ini sangat penting lantaran angka seringkali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, entah itu di sekolah, ketika berbelanja, menghitung, maupun bepergian.

Tidak perlu banyak, sebagai langkah pertama kamu bisa mencoba menguasai pelafalan angka-angka dasar dalam kamus Mandarin online dari angka satu sampai 10 dulu. 

Setelah kamu menguasai pelafalan angka-angka ini, akan membantu kamu untuk lebih mudah mengerti dan menguasai pelafalan angka-angka bahasa Mandarin lainnya yang lebih besar.

6. Perbanyak Berlatih

Setelah mempelajari dasar-dasar bahasa Mandarin lewat kamus bahasa Mandarin di atas, selanjutnya kamu perlu memperlancar kemampuan bahasa Mandarin dengan terus berlatih. 

Caranya cukup mudah dilakukan, kamu tinggal mencari teman ngobrol bahasa Mandarin, sharing dengan mentor yang berpengalaman, berbicara dengan native speaker, atau bisa juga dengan berbicara sendiri di depan cermin. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan komunitas belajar bahasa Mandarin di sosial media untuk mengasah kemampuan bahasa Mandarin kamu. Bahkan juga bisa menemukan kamus Mandarin Inggris dan kamus Inggris Indonesia untuk menambah wawasan.

Baca juga: Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula hingga Persiapan HSK

7. Dengarkan Percakapan Bahasa Mandarin

Untuk memperkaya kosakata dan memperlancar kemampuan bahasa Mandarin kamu, cobalah rutin mendengarkan percakapan 1000 kosa kata Mandarin. 

Kamu bisa mencarinya melalui berbagai platform, seperti lagu, YouTube, drama yang berasal dari China.

Sambil mendengarkan atau menonton, cobalah belajar memahami kalimat atau kata yang telah didengar tersebut. 

Kamu juga bisa mencoba mengikuti pelafalan bahasa Mandarin mereka sehingga kemampuan bahasa kamu semakin meningkat.

8. Gunakan Buku Cerita Bergambar

Buku cerita bergambar atau komik yang berasal dari China cukup populer. Apalagi, menggunakan media satu ini cukup efektif namun tidak membosankan karena membuat kamu bisa mempelajari berbagai karakter dalam bahasa Mandarin dalam waktu singkat. 

Selain itu, ilustrasi dalam gambar juga bisa membantu kamu memberikan representasi visual tentang makna bahasa dan konteks yang tepat ketika menggunakan sebuah kata atau kalimat sesuai cerita tersebut ke dalam bahasa Indonesia.

9. Gunakan Podcast

Podcast termasuk media yang cukup efektif untuk mempelajari bahasa Mandarin. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai streaming platform. 

Lewat percakapan dalam podcast ini, kamu bisa sekaligus membiasakan diri mendengar bahasa Mandarin, mendapatkan berbagai kosakata baru dan melatih cara memakai kalimat sesuai situasi.

Kamus Mandarin Indonesia bisa menjadi salah satu buku atau alat yang berharga, jika ingin mempelajari dan memahami bahasa Mandarin. 

Kamus tersebut memberikan daftar kosakata dan terjemahan yang komprehensif dari bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia, maupun sebaliknya. 

Seiring dengan berjalannya waktu, kamus Mandarin Indonesia sudah berupa perangkat elektronik seperti yang ada di dalam perangkat telepon. 

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.