Apa Arti Gong Xi Fa Cai Pada Tahun Baru Imlek?

arti gong xi fa cai

Kursus Bahasa Mandarin –  Ketika mendekati perayaan Tahun Baru China, banyak orang keturunan Tionghoa merayakannya dengan membuat dekorasi yang bertuliskan doa, harapan dan semangat dalam bahasa Mandarin. 

Salah satu ucapan yang paling sering diucapkan pada Chinese New Year adalah “Gong Xi Fa Cai”. Apa arti Gong Xi Fa Cai yang sesungguhnya?

Banyak di antara kita salah paham mengenai makna Gong Xi Fa Cai dalam Bahasa Indonesia, mengira bahwa itu berarti “Selamat Tahun Baru”, padahal sebenarnya tidaklah demikian. Gong Xi Fa Cai sebenarnya mengandung harapan agar kita mendapatkan kekayaan atau kemakmuran yang lebih besar.

Dalam tulisan ini, kami akan menjelaskan makna sebenarnya dari arti Gong Xi Fa Cai dalam bahasa Mandarin karena sering kali disalah artikan oleh banyak orang, serta mengeksplorasi asal usul ucapan tersebut. 

Kami juga akan menyajikan ucapan-ucapan lain yang dapat digunakan sebagai alternatif menyambut Tahun Baru Imlek, selain menggunakan ungkapan arti Gong Xi Fa Cai dalam bahasa Mandarin.

Arti Gong Xi Fa Cai dalam Huruf Mandarin

Menurut riset, tulisan Mandarin Gong Xi Fa Cai (恭喜发财) berarti “selamat mendapatkan banyak sekali kekayaan dan kemakmuran”. Prof. Dr. Yam Kah Kean, seorang dosen senior dari Departemen Studi Tionghoa di Universitas Malaya, memberikan penjelasan mengenai hal ini.

Menurut pandangan beliau, ucapan atau arti Gong Xi Fa Cai menekankan pada aspek materi dalam perayaan Tahun Baru Imlek daripada semangat kebersamaan. 

Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快樂) saat merayakan Imlek, yang berarti “Selamat Tahun Baru”.

“Kuai Le” memiliki arti kebahagiaan atau kegembiraan, sementara “Xin Nian” merujuk pada tahun baru. Ucapan ini merupakan salah satu cara untuk mengucapkan selamat tahun baru China tanpa menekankan hal-hal materi, financial, atau keuangan.

Meskipun Xin Nian Kuai Le merupakan ucapan yang sebenarnya untuk menyambut tahun baru, mengapa kalimat Gong Xi Fa Cai lebih umum? Jawabannya, hal ini terkait dengan sejarahnya. 

Mari kita telusuri asal usul ucapan dan makna Gong Xi Fa Cai pada bagian selanjutnya.

Sejarah Ucapan Gong Xi Fa Cai

Arti Gong Xi Fa Cai adalah ungkapan dalam bahasa Mandarin yang tidak terkait dengan agama tertentu. Kata-kata “Gong Xi” memiliki nilai sejarah yang panjang, yang dimulai berabad-abad yang lalu. 

Menurut cerita legenda, ucapan ini adalah penghormatan kepada masyarakat Tionghoa yang berhasil mengatasi Nian, seekor binatang buas, dalam perayaan tahun baru China.

Namun, sebenarnya ucapan ini bermakna memberi selamat kepada masyarakat Tionghoa yang berhasil melalui musim dingin. 

Ada juga kemungkinan bahwa cerita tentang kelaparan serta kematian anak-anak yang merupakan latar belakang dari ucapan selamat ini, sebagai ungkapan atas keluar dari masa-masa tersebut.

Seiring dengan perbaikan kondisi kehidupan yang sulit dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Tionghoa, ucapan ini mengadopsi semangat kapitalisme dan konsumerisme yang meluas di komunitas Tionghoa di seluruh dunia.

Kata-kata “Gong Xi” kemudian ditambah dengan “Fa Cai” yang artinya yakni sejahtera. Ucapan ini kemudian sering terdengar dalam perayaan Tahun Baru China di komunitas keturunan Tionghoa di seluruh dunia.

5 Alternatif Ucapan Saat Tahun Baru Imlek

Terdapat berbagai cara untuk memberikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek selain menggunakan “Gong Xi Fa Cai” 2023 dan “Xin Nian Kuai Le” dalam bahasa Mandarin. Berikut beberapa di antaranya,

1. Wàn Shì Rú Yì (万事如意)

Ucapan ini memiliki arti “semoga sukses” atau “semoga beruntung”. Secara harfiah, wàn shì rú yì berarti “seribu masalah seperti yang diharapkan”. 

Kata “wàn shì” berarti “seribu masalah” dan “rú yì” berarti “sesuai harapan”. Ucapan ini menggambarkan doa untuk segala sesuatu bisa berjalan sesuai harapan, meskipun tantangan tetap ada.

2. Nián Nián Yǒu Yú (年年有余)

Ucapan ini secara harfiah berarti “tahun demi tahun ada sisa”. Ini merupakan doa agar setiap tahun selalu ada rezeki atau nasib baik yang tersisa bagi kita. 

Kata 余 (yú) dalam ucapan ini sering diganti dengan 魚 (yú), karakter untuk ikan yang melambangkan keberkahan.

3. Suì Suì Píng’ān (岁岁平安)

Ucapan ini secara harfiah berarti “selamat”. Ini adalah doa untuk seseorang yang kita ucapkan selamat agar terhindar dari segala bentuk bahaya dan kesulitan. 

Ucapan ini cocok digunakan saat momen perayaan Imlek kepada orang-orang terdekat.

4. Shēn Tǐ Jiàn Kāng (身体健康)

Selain memberikan ucapan untuk kesuksesan dan keselamatan, kita juga dapat mendoakan kesehatan orang lain. Ucapan ini memiliki arti “semoga sehat selalu”. 

身体 (shēn tǐ) berarti “tubuh” dan 健康 (jiàn kāng) berarti “sehat”. Ucapan ini dapat disampaikan kepada siapapun, tanpa memandang usia atau kasta.

5. Xīn Nián Jìn Bù (新年进步)

Saat tahun baru tiba, kita sering memiliki impian atau resolusi untuk mencapai kemajuan dari tahun yang sudah berlalu. Ucapan ini berarti “kemajuan tahun baru”. 

新年 (xīn nián) berarti “tahun baru” dan 进步 (jìn bù) berarti “kemajuan”. Ucapan ini mendoakan agar terjadi kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan pada tahun ini.

Setelah mengetahui arti gong xi fa cai, salah satu tradisi tahun baru Imlek adalah membersihkan dan menghias rumah menjadi lebih baik dan menarik. Cara ini bisa dilakukan agar bangunan terlihat lebih menggugah. 

Terutama dengan membersihkan dan menghias rumah dengan warna merah. Selain itu, ada tradisi tahun baru lainnya seperti mengonsumsi ikan bandeng saat Imlek. 

Bandeng melambangkan kehidupan manusia yang penuh dengan rintangan dan harus dilewati dengan kesabaran ekstra. 

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Belajar Budaya China, Mulai dari Bahasanya

Apakah kamu tertarik dengan kebudayaan China? Mempelajari suatu budaya tentu akan lebih seru jika menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin di Lister.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Instagram Lister untuk informasi belajar bahasa asing lainnya dan promo terbaru.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 50% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.