Mengenal 5 Ucapan Semangat Bahasa Mandarin, Jia you!

semangat bahasa mandarin

Kursus Bahasa Mandarin – Dalam bahasa Mandarin, ada banyak ungkapan yang berguna untuk komunikasi sehari-hari. Mengucapkan semangat bahasa Mandarin pada teman, rekan kerja, atau keluarga tentu akan menjaga keharmonisan relasi.

Apalagi jika kamu mahir berbahasa asing, pasti suasana yang terbangun jauh lebih menarik bukan? Cobalah keluar dari zona nyaman dengan mengucapkan semangat dalam bahasa Mandarin dan lihat reaksi mereka!

3 Ucapan Semangat Bahasa Mandarin dan Artinya

Sebetulnya ada banyak cara mengucapkan semangat dalam bahasa Mandarin. Kali ini akan dibahas tiga jenis ucapan semangat bahasa Mandarin yang perlu kamu tahu.

1. 加油 (jiā yóu) = semangat!

Jiā yóu adalah ucapan semangat yang paling populer di masyarakat China atau native speaker bahasa Mandarin.

Arti lain dari 加油 (jiā yóu) adalah ayo!, teruskan! Intinya, kata ini biasa digunakan oleh masyarakat China untuk memberi semangat kepada seseorang yang sedang dalam masa kesulitan atau membutuhkan dorongan semangat.

Contoh kalimat:

  • 加油,你 一定 能 考上 大学! (Jiāyóu, nǐ yīdìng néng kǎo shàng dàxué!) – Semangat, kamu harus masuk universitas!
semangat bahasa Mandarin

2. 你行的 (Nǐ xíng de) = kamu pasti bisa!

Ucapan bahasa Mandarin semangat ini biasanya dipakai untuk memotivasi seseorang agar lebih percaya diri. Misalnya, diucapkan untuk meyakinkan orang lain mampu melakukan suatu hal.

Hampir sama dengan semangat, namun kata ini lebih memotivasi seseorang agar yakin dengan kemampuannya.

Contoh kalimat:

  • 我知道你行的,老兄! (Wǒ zhīdào nǐ xíng de, lǎoxiōng!) – Aku tahu kamu bisa melakukannya, teman!

3. 不要放弃 (Bùyào fàngqì) = jangan menyerah!

Ketika temanmu sedang merasa putus asa karena usahanya belum berbuah hasil yang manis, bùyào fàngqì bisa menjadi ucapan yang tepat untuknya.

Contoh kalimat:

  • 不要放弃当你孤单的时候! (Bùyào fàngqì dāng nǐ gūdān de shíhòu!) – Jangan menyerah meskipun kamu sendirian!

4. 坚持 (jiān chí) – Bertahan

Agak asing di Indonesia, namun kosakata bertahan cukup umum digunakan untuk mengungkapkan semangat bahasa Mandarin. Kamu bisa memberikan kata semangat ini untuk memotivasi seseorang agar tetap menjaga semangatnya.

Contoh kalimat :

  • 坚持每天锻炼,健康就会更好! (Jiānchí měitiān duànliàn, jiànkāng jiù huì gèng hǎo!) – Bertahanlah dalam berolahraga setiap hari, kesehatanmu akan semakin baik!

5. 祝你成功! (Zhù nǐ chénggōng!) = semoga sukses!

Kalimat penyemangat yang lainnya adalah 成功! (Zhù nǐ chénggōng!) yang artinya semoga sukses! kamu bisa memberikan semangat ini kepada seseorang yang mungkin membutuhkan misalnya dalam kondisi menghadapi tantangan, ujian dan lainnya.

Contoh kalimat :

  • 你已经做了很多努力,相信你会取得成功的!祝你成功! (Nǐ yǐjīng zuòle hěnduō nǔlì, xiāngxìn nǐ huì qǔdé chénggōng de! Zhù nǐ chénggōng!) – Kamu sudah melakukan banyak usaha, aku percaya kamu akan sukses! Semoga sukses!”

Nah itulah 5 ucapan semangat bahasa Mandarin yang bisa digunakan sebagai referensi ketika kamu ingin memberikan semangat kepada temanmu!

semangat bahasa mandarin
Semangat Bahasa Mandarin | Sumber gambar : Wayhomestudio di Freepict

Raih Impian Kuliah di China, Mulai dari Belajar Bahasa Mandarin

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di China adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Tutor Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui Whatsapp!

Sumber gambar sampu; wayhomestudio di Freepict

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 50% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.