Inilah 10 Makanan Khas Jepang yang Otentik, Wajib Dicoba!

makanan khas jepang

Kursus Bahasa Jepang – Apakah kamu pernah membayangkan bagaimana rasanya makanan khas Jepang yang lezat dan otentik? Dari Takoyaki yang menggugah selera hingga Gyoza yang renyah, kulinari Jepang siap memanjakan lidahmu!

Dalam hal ini, kita akan mengulas 10 makanan khas Jepang yang tidak hanya populer di negeri Sakura, tetapi juga telah menyebar ke seluruh dunia. Dengan variasi rasa yang kaya dan tekstur yang unik, makanan khas Jepang memiliki tempat yang istimewa dalam hati para penikmat kuliner.

1. Makanan Khas Jepang Takoyaki

Takoyaki adalah bola camilan yang terbuat dari adonan kental yang dipanggang dalam cetakan khusus. Di dalamnya berisi potongan gurita, daun bawang, dan serpihan tempura. Sebagai makanan khas Jepang, Takoyaki sering disajikan dengan saus khusus, mayones, dan serutan bonito di atasnya. Rasanya yang unik dan teksturnya yang lembut di dalam dengan lapisan luar yang renyah menjadikannya camilan yang sangat disukai.

2. Sukiyaki

Sukiyaki adalah hidangan daging sapi yang dimasak perlahan dengan sayuran, tahu, dan jamur dalam kuah manis berbasis kecap asin dan mirin. Disajikan langsung dari panci, Sukiyaki adalah makanan khas Jepang yang ideal untuk dinikmati saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Selalu disajikan panas, sukiyaki adalah pengalaman kuliner yang hangat dan menyenangkan.

3. Yakiniku

Yakiniku mengacu pada daging yang dipanggang di atas panggangan atau arang. Terdiri dari berbagai potongan daging seperti sapi, babi, dan ayam, Yakiniku adalah cara menyenangkan untuk menikmati makanan khas Jepang dengan cara yang interaktif. Dagingnya biasanya dimarinasi dalam saus khusus dan disajikan dengan berbagai jenis sayuran yang juga dapat dipanggang.

Baca Juga: Estimasi Biaya Hidup di Jepang yang Menarik untuk Diketahui, Perantau Wajib Tau

4. Sashimi

Sashimi adalah potongan ikan mentah atau seafood lainnya yang dipotong dengan presisi dan disajikan dengan wasabi dan kecap asin. Sebagai makanan khas Jepang, sashimi adalah seni kuliner yang menekankan pada kualitas dan kesegaran bahan. Dengan berbagai jenis ikan yang bisa dipilih, sashimi menawarkan pengalaman rasa yang bersih dan tak terlupakan.

5. Karaage

Karaage adalah ayam goreng gaya Jepang yang dibumbui dengan kecap asin, jahe, dan bawang putih, lalu dilapisi tepung dan digoreng hingga renyah. Sebagai camilan atau hidangan utama, karaage adalah makanan khas Jepang yang populer karena rasanya yang kaya dan tekstur yang memuaskan.

6. Tempura

Tempura adalah teknik menggoreng yang menggunakan adonan ringan dan renyah. Baik makanan laut maupun sayuran dapat digoreng dengan teknik ini. Tempura adalah makanan khas Jepang yang disajikan dengan saus tsuyu, campuran dashi, kecap asin, dan mirin, yang menambah rasa dan tekstur yang lezat.

7. Curry Rice

Curry Rice, atau nasi kari Jepang, adalah salah satu makanan khas Jepang yang populer di kalangan anak-anak maupun dewasa. Terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan kuah kari tebal, daging sapi, ayam, atau bahkan ikan, serta potongan sayuran seperti wortel dan kentang.

Rasanya yang kaya dengan bumbu kari yang khas menjadikan Curry Rice pilihan yang tepat untuk makan siang atau makan malam yang mengenyangkan. Ada juga varian vegetarian yang tersedia. Dalam beberapa versi, Curry Rice bisa disajikan dengan tonkatsu (daging babi goreng) atau udang goreng sebagai tambahan.

8. Shabu Shabu

Shabu Shabu adalah salah satu makanan khas Jepang yang sangat populer, terutama di kalangan para pecinta daging. Nama ini berasal dari suara “shabu-shabu” yang terdengar saat daging direbus dalam panci dengan kuah yang mendidih. Hidangan ini disajikan dengan berbagai macam sayuran seperti kubis, jamur, dan wortel, serta tahu dan mi.

Setiap orang yang menikmati Shabu Shabu akan memasukkan irisan daging tipis-tipis ke dalam panci dan merebusnya sesuai selera, bersama dengan sayuran dan bahan lainnya. Kuah yang digunakan biasanya berbasis kaldu ikan atau daging yang ringan dan segar. Saat daging dan sayuran sudah matang, mereka biasanya dicelupkan ke dalam saus ponzu yang asam atau saus goma yang gurih sebelum dimakan.

9. Ebi Furai

Ebi Furai, atau udang goreng, adalah makanan khas Jepang yang terkenal dengan teksturnya yang renyah dan rasanya yang lezat. Udang segar dibalut dengan tepung roti dan digoreng hingga berwarna keemasan. Hasilnya adalah luar yang renyah dan dalam yang lembut dan enak.

Ebi Furai biasanya disajikan dengan saus tartar khas atau saus tomat, yang menambah rasa yang nikmat. Ini adalah hidangan yang populer di banyak restoran di Jepang dan sering disajikan sebagai bagian dari set makan siang atau sebagai camilan.

Ada beberapa variasi dari Ebi Furai, termasuk yang menggunakan tepung roti panko untuk tekstur yang lebih renyah atau penambahan rempah-rempah untuk rasa yang lebih kaya. Tak peduli bagaimana cara memasaknya, Ebi Furai tetap menjadi favorit di kalangan anak-anak dan dewasa, dan menjadi pilihan yang sempurna untuk mereka yang mencari sesuatu yang renyah dan lezat dalam menu makanan khas Jepang.

10. Gyoza

Gyoza adalah pangsit goreng ala Jepang yang biasanya diisi dengan daging cincang, sayuran seperti kubis dan daun bawang, serta bumbu-bumbu lainnya. Bentuknya yang setengah bulan dengan tekstur kulit yang tipis dan renyah membuat Gyoza menjadi makanan khas Jepang yang unik.

Cara menyajikannya pun istimewa. Gyoza disajikan dengan saus yang terbuat dari kecap asin, cuka, dan minyak wijen. Tekstur dalamnya yang lembut berpadu dengan kulit yang renyah di luar, memberikan sensasi rasa yang luar biasa. Gyoza bisa ditemukan di berbagai restoran di Jepang dan menjadi salah satu makanan yang harus dicoba saat berkunjung ke sana.

Baca Juga: Mengenal Gyaru, Fashion dan Budaya Jepang yang Nyentrik!

Kursus Bahasa Jepang, Makin Paham dengan Budayanya! 

Kemampuan berbahasa diperlukan untuk sekolah, bekerja, hingga menetap di Jepang. Persiapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.