Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum 2013, Cek di Sini!

materi bahasa inggris kelas 9

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Memasuki kelas 9, salah satu mata pelajaran yang menjadi sorotan adalah materi bahasa Inggris kelas 9. Mengapa demikian? Karena mata pelajaran ini memiliki bobot penting dalam Ujian Akhir.

Oleh karena itu, mempersiapkan diri dengan baik menjadi hal yang tak terhindarkan. Jadi, apa saja yang perlu kamu ketahui dari materi bahasa Inggris kelas 9 Kurikulum 2013?

Expressions: Hopes, Wishes, and Congratulations

Mengungkapkan harapan, keinginan, dan ucapan selamat dalam bahasa Inggris adalah salah satu materi bahasa Inggris kelas 9 yang esensial. Harapan (hopes) biasanya mengungkapkan keinginan agar sesuatu terjadi di masa depan, contohnya: “I hope it will rain tomorrow” yang berarti “Saya berharap hujan akan turun besok”.

Sementara keinginan (wishes) kerap digunakan untuk situasi yang tidak nyata atau kontras dengan kenyataan, misal: “I wish I could fly” berarti “Saya berharap saya bisa terbang”. Ucapan selamat (congratulations) diberikan saat mengakui pencapaian seseorang, contoh: “Congratulations on your graduation!” yang berarti “Selamat atas kelulusanmu!”.

Expressions: Agreement, Disagreement, and Intention

Ekspresi persetujuan, ketidaksetujuan, dan niat menjadi bagian lain dari materi bahasa Inggris kelas 9 yang tak kalah penting. Persetujuan (agreement) bisa diungkapkan dengan frasa seperti “I totally agree” atau “Saya sepenuhnya setuju”.

Ketidaksetujuan (disagreement) mungkin diungkapkan dengan kalimat seperti “I don’t think so” atau “Saya tidak berpikir begitu”. Sementara niat (intention) menggambarkan rencana untuk melakukan sesuatu, misalnya: “I intend to study abroad” yang artinya “Saya berniat untuk kuliah di luar negeri”.

Labels

Dalam materi bahasa Inggris kelas 9, memahami labels atau label sangat penting, terutama dalam era konsumsi seperti saat ini. Label memberikan informasi tentang produk, seperti komposisi, tanggal kedaluwarsa, atau instruksi penggunaan.

Dengan memahami cara membaca dan menginterpretasikan label dalam bahasa Inggris, kamu bisa membuat keputusan konsumsi yang lebih tepat dan informasi. Contoh label sederhana adalah “Best Before: 2024” yang berarti “Terbaik Sebelum: 2024”.

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 12 K13, Wajib hingga Peminatan

Procedure Text

Procedure text atau teks prosedur adalah salah satu materi bahasa Inggris kelas 9 yang fokus pada penulisan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Entah itu resep memasak, instruksi perakitan, atau cara merawat tanaman, teks prosedur memberikan arahan langkah demi langkah yang jelas untuk pembaca.

Misalnya, resep membuat teh mungkin dimulai dengan “Boil the water” atau “Didihkan air”, diikuti dengan langkah-langkah selanjutnya hingga teh siap disajikan. Mengerti teks prosedur membantu siswa memahami dan menulis instruksi dengan jelas dan sistematis.

Showing Progressive Actions

Salah satu materi bahasa Inggris kelas 9 yang penting adalah memahami cara menunjukkan tindakan yang sedang berlangsung, yang dikenal dengan nama progressive actions. Dalam bahasa Inggris, tindakan ini dinyatakan dengan menggunakan bentuk -ing dari kata kerja, dan biasanya digunakan bersama dengan kata kerja bantu seperti “am”, “is”, atau “are”.

Contohnya: “She is studying” yang berarti “Dia sedang belajar”. Memahami bentuk ini membantu siswa mengekspresikan aksi yang terjadi saat berbicara atau saat penulisannya.

Actions in Present Perfect

Present Perfect adalah salah satu bentuk tense yang diperkenalkan dalam materi bahasa Inggris kelas 9. Bentuk tense ini digunakan untuk menyatakan tindakan yang telah terjadi di masa lalu tetapi memiliki relevansi atau hubungan dengan saat ini.

Dibentuk dengan menggunakan kata kerja bantu “have” atau “has” diikuti oleh past participle dari kata kerja utama. Contoh: “I have finished my homework” yang berarti “Saya telah menyelesaikan pekerjaan rumah saya”. Memahami konsep ini penting untuk mengungkapkan ide dan informasi dengan tepat.

Narrative Text

Teks naratif atau narrative text adalah jenis teks yang menceritakan peristiwa atau kisah. Dalam materi bahasa Inggris kelas 9, siswa diajarkan bagaimana membangun cerita dengan struktur yang jelas termasuk orientasi, komplikasi, dan resolusi.

Teks naratif bisa berupa cerita rakyat, legenda, atau cerita pribadi. Mengerti struktur dan fitur dari teks naratif membantu siswa menulis dan memahami cerita dengan lebih baik.

Passive Sentences

Kalimat pasif atau passive sentences memegang peranan penting dalam materi bahasa Inggris kelas 9. Berbeda dengan kalimat aktif, subjek dalam kalimat pasif adalah penerima aksi, bukan pelakunya. Contoh kalimat pasif adalah “The letter was written by John” yang berarti “Surat itu ditulis oleh John”.

Menggunakan kalimat pasif dapat memberikan variasi dalam penulisan dan berbicara, serta kadang-kadang lebih sesuai untuk menyatakan ide atau informasi tertentu, terutama jika pelaku aksi tidak diketahui atau tidak relevan.

Report Text

Dalam materi bahasa Inggris kelas 9, teks laporan atau report text mendapatkan perhatian khusus. Teks jenis ini menyajikan informasi yang didasarkan pada fakta, hasil observasi, atau penelitian tentang suatu subjek. Berbeda dengan teks naratif, teks laporan tidak menceritakan kisah tapi fokus pada deskripsi objektif.

Sebagai contoh, teks laporan tentang gajah mungkin mencakup habitatnya, diet, dan perilaku khas. Mengerti struktur dan ciri khas dari report text penting agar siswa mampu menyusun dan memahami informasi secara sistematis dan objektif.

Advertisement

Iklan atau advertisement menjadi salah satu materi bahasa Inggris kelas 9 yang menarik untuk dipelajari. Iklan bertujuan untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar agar tertarik dengan produk, jasa, atau ide yang ditawarkan. Dalam memahami iklan, siswa diajarkan bagaimana bahasa persuasif digunakan, serta unsur visual dan teks yang membangun pesan iklan.

Song Appreciation

Mengapresiasi lagu atau song appreciation merupakan bagian menarik lainnya dari materi bahasa Inggris kelas 9. Di sini, siswa diajarkan bagaimana mendengarkan, menganalisa, dan menikmati lirik serta melodi lagu. Tidak hanya sekedar mendengarkan, tapi juga memahami pesan, emosi, dan cerita yang ingin disampaikan oleh penyanyi atau penulis lagu.

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 7 SMP Semester II, Terlengkap!

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kuasai Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Bersama Lister!

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.