Materi Bahasa Inggris Kelas 12 K13, Wajib hingga Peminatan

materi bahasa inggris kelas 12

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Apakah kamu ingin tahu secara mendetail apa saja yang termasuk dalam materi bahasa Inggris kelas 12? Apakah kamu siap untuk memahami dan menguasai semua aspek yang ada dalam materi bahasa Inggris kelas 12 Kurikulum 2013/K13 revisi?

Materi bahasa Inggris kelas 12 adalah komponen kunci dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Tidak hanya fokus pada aspek linguistik, materi bahasa Inggris kelas 12 juga melibatkan pengembangan keterampilan hidup yang penting untuk masa depan setiap siswa.

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Wajib

Bagian wajib dari materi bahasa Inggris kelas 12 mencakup aspek-aspek inti yang harus dikuasai oleh setiap siswa. Materi ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan dasar dalam berbahasa Inggris yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam konteks profesional dan akademis.

1. Offering Help and Assistance

Mengajarkan siswa bagaimana cara menawarkan bantuan dengan sopan dan efektif. Melalui materi bahasa Inggris kelas 12 ini, kamu akan memahami struktur kalimat dan kata-kata kunci yang digunakan dalam situasi sehari-hari untuk menawarkan dukungan kepada orang lain.

2. Application Letter

Materi bahasa Inggris kelas 12 ini berfokus pada penulisan surat lamaran pekerjaan. Kamu akan dipandu untuk menyusun surat yang profesional dan persuasif, yang mencakup pengenalan diri, tujuan, kualifikasi, dan penutup yang tepat.

3. Expressions of Caption

Selanjutnya, materi bahasa Inggris kelas 12 ini membahas cara mengekspresikan keterangan dalam berbagai jenis teks. Kamu akan belajar bagaimana menggunakan kata-kata yang tepat untuk menjelaskan gambar, diagram, atau situasi tertentu.

4. News Item Text

Bagian ini memberikan pengetahuan tentang bagaimana menyusun dan memahami teks berita. Mulai dari struktur hingga gaya bahasa, kamu akan diajarkan bagaimana menghasilkan teks berita yang informatif dan menarik.

5. Expressing Conditions with Advice

Dalam materi bahasa Inggris kelas 12 ini, kamu akan belajar bagaimana menyatakan kondisi dan memberikan nasihat menggunakan struktur kalimat yang tepat. Hal ini akan membantu kamu dalam berkomunikasi dengan lebih efektif dalam situasi yang memerlukan saran atau panduan.

5. Procedure Text

Materi ini mengajarkan bagaimana menulis teks prosedur. Apakah itu resep masakan atau instruksi cara menggunakan alat, kamu akan belajar menyusun langkah-langkah dengan jelas dan logis.

6. Listening Comprehension and Song Appreciation

Bagian ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan melalui lagu dan teks lainnya. Kamu akan dilatih untuk memahami bahasa Inggris yang diucapkan dengan berbagai aksen dan kecepatan.

Secara keseluruhan, materi wajib dalam materi bahasa Inggris kelas 12 memberikan fondasi yang kuat dalam berbagai aspek berbahasa Inggris. Dengan penguasaan yang baik atas materi ini, kamu akan dipersiapkan untuk berbagai situasi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Correlative Conjunctions: Pengertian, Jenis, dan 3 Aturannya

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Peminatan

Dalam materi bahasa Inggris kelas 12, selain materi wajib, terdapat juga materi peminatan yang memberikan pilihan lebih dalam bagi kamu untuk menggali minat dan bakat dalam bahasa Inggris. Materi peminatan ini lebih mendalam dan spesifik, dirancang untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang lebih khusus.

1. Cause and Effect

Materi ini mengajarkan kamu bagaimana menjabarkan hubungan sebab dan akibat dalam berbagai situasi. Kamu akan belajar mengidentifikasi dan menjelaskan faktor-faktor penyebab dan dampaknya dalam konteks yang berbeda.

2. Explaining Things

Materi ini difokuskan pada pengembangan keterampilan dalam menjelaskan ide, konsep, atau proses dengan cara yang jelas dan logis. Kamu akan diajari bagaimana menyusun penjelasan yang koheren dan persuasif.

3. Conditional Sentences

Bagian ini memberikan pemahaman tentang penggunaan kalimat bersyarat dalam bahasa Inggris. Kamu akan memahami struktur dan fungsi dari berbagai tipe kalimat bersyarat dalam komunikasi sehari-hari maupun tulisan formal.

4. Showing Contrast

Materi ini membantu kamu dalam menunjukkan perbedaan atau kontras antara dua atau lebih ide, objek, atau situasi. Kamu akan belajar teknik-teknik efektif dalam menyampaikan perbandingan dan kontras.

5. Discussion Text

Materi ini mengajarkan cara menyusun teks diskusi yang efektif. Kamu akan belajar struktur, bahasa, dan teknik yang digunakan dalam menyusun argumen dan pendapat dalam sebuah diskusi.

6. Concessive Clause

Bagian ini fokus pada penggunaan klausa konsesif, yang digunakan untuk menyatakan suatu fakta atau situasi meskipun ada fakta lain yang berlawanan. Kamu akan belajar cara menggunakan klausa ini dalam konteks yang beragam.

7. Review Text

Materi ini membahas bagaimana menulis teks ulasan, seperti ulasan film, buku, atau produk. Kamu akan dipandu dalam mengevaluasi dan menyampaikan pendapat tentang subjek yang diulas.

8. Listening Comprehension and Song Appreciation

Seperti pada materi wajib, bagian ini juga meningkatkan keterampilan mendengarkan, namun dengan fokus pada pemahaman dan apresiasi lagu. Kamu akan belajar bagaimana mendengarkan dan menginterpretasikan makna lagu dalam bahasa Inggris.

Materi bahasa Inggris kelas 12 peminatan ini memberikan kesempatan bagi kamu untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris yang lebih spesifik dan sesuai dengan minat atau kebutuhan kamu. Dengan menguasai materi ini, kamu tidak hanya akan lebih mahir dalam bahasa Inggris, tetapi juga akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang studi dan karir di masa depan.

Baca Juga: Mengenal 100 Nama Buah dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts