Materi Bahasa Inggris Kelas 7 SMP Semester 2, Terlengkap!

materi bahasa inggris kelas 7

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Memasuki semester 2 di kelas 7 SMP, kamu mungkin merasakan semakin bertambahnya antusiasme dan tantangan dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Mengapa? Karena materi bahasa Inggris kelas 7 semester 2 ini dirancang untuk mengembangkan keterampilanmu lebih jauh lagi.

Kamu akan diajak untuk lebih aktif berkomunikasi, memahami struktur kalimat, hingga menyusun teks dengan baik. Dengan panduan materi bahasa Inggris kelas 7 yang tepat, kamu bisa menjelajahi setiap topik dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Asking and Giving Opinion

Materi bahasa Inggris kelas 7 kurikulum merdeka yaitu membahas tentang “Asking and Giving Opinion”. Memberikan dan meminta pendapat merupakan salah satu keterampilan berkomunikasi yang penting.

Mengungkapkan pendapatmu memberi kesempatan bagi orang lain untuk memahami sudut pandangmu, sementara meminta pendapat memungkinkanmu memperoleh perspektif berbeda.

Dalam bahasa Inggris, ungkapan seperti “In my opinion…”, “What do you think about…”, atau “I believe that…” sering digunakan. Penting untuk kamu menghormati pendapat orang lain meskipun berbeda, karena hal ini membangun komunikasi yang sehat dan konstruktif.

Logo Lister for Alma

Ilustrasi dua orang remaja sedang belajar materi bahasa Inggris kelas 7 semester 2 (DOK.PEXELS/COTTON STUDIO)

Grammar : Prepositions

Selanjutnya, ada “Grammar : Prepositions” dalam materi bahasa Inggris kelas 7 semester 2. Preposisi adalah kata yang menunjukkan hubungan antara kata benda (atau kata ganti) dengan kata lainnya dalam kalimat.

Fungsi utama preposisi adalah untuk menunjukkan lokasi, waktu, arah, dan hubungan lainnya. Dalam bahasa Inggris, preposisi seperti “in” (di dalam), “on” (di atas), “under” (di bawah), dan “between” (di antara) sering muncul.

Misalnya, “The book is on the table” artinya “Buku itu di atas meja”. Menggunakan preposisi dengan benar akan membuat kalimatmu lebih jelas dan akurat.

Simple Present Tense

Seputar “Simple Present Tense’ juga tidak luput dari materi bahasa Inggris kelas 7 kurikulum merdeka. Simple Present Tense digunakan untuk menyatakan fakta, kebiasaan, rutinitas sehari-hari, dan pernyataan umum. Struktur dasarnya adalah subjek diikuti oleh verba.

Misalnya, “I read a book every night” (Saya membaca buku setiap malam) atau “She speaks English” (Dia berbicara dalam bahasa Inggris). Perlu diingat bahwa ketika subjeknya adalah he, she, atau it, maka verba biasanya ditambahkan akhiran -s atau -es. Penguasaan Simple Present Tense akan membantumu dalam menyusun kalimat dengan benar dan efektif.

Baca Juga: Materi Asking and Giving Opinion Kelas 11, Ada Contohnya

Asking and Giving Fact

Berbeda dengan memberikan pendapat, ketika kamu bertanya atau memberikan informasi berdasarkan fakta, kamu berbicara tentang sesuatu yang dapat dibuktikan kebenarannya. Misalnya, “How tall is the mountain?” (Seberapa tinggi gunung itu?) atau “Jakarta is the capital of Indonesia” (Jakarta adalah ibu kota Indonesia).

Dalam konteks ini, penting untuk membedakan antara informasi yang bersifat objektif dengan yang bersifat subjektif agar komunikasi berjalan dengan jelas dan akurat.

Materi Bahasa Inggris Kelas 7 kurikulum merdeka

Ilustrasi Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka (DOK.PEXELS/Max Fischer)

Procedure Text

Teks prosedur menjadi salah satu materi bahasa Inggris kelas 7 kurikulum merdeka. Teks prosedur adalah jenis teks yang memberikan langkah-langkah atau instruksi tentang cara melakukan sesuatu.

Jenis teks ini biasanya diawali dengan tujuan, dilanjutkan dengan bahan atau alat yang diperlukan, dan diakhiri dengan serangkaian langkah yang harus diikuti.

Contohnya seperti resep masakan, cara merakit mainan, atau langkah-langkah merawat tanaman. Ketika menulis materi bahasa Inggris kelas 7 teks prosedur, penting untuk menjelaskan setiap langkah dengan jelas dan urut agar pembaca atau pendengar dapat mengikuti instruksi dengan baik.

Adverb

Adverbia atau kata keterangan adalah kata yang menjelaskan verba, kata sifat, atau adverbia lainnya. Adverbia memberikan informasi tambahan tentang bagaimana, kapan, di mana, atau seberapa sering suatu tindakan terjadi.

Dalam bahasa Inggris, contohnya seperti “quickly” (dengan cepat), “well” (dengan baik), “yesterday” (kemarin), dan “often” (sering). Pemahaman tentang adverbia akan memperkaya kemampuanmu dalam menyusun kalimat dan memahami makna yang lebih dalam dari sebuah teks.

Asking for Clarification

Dalam proses komunikasi, mungkin kamu akan menemui situasi di mana kamu tidak sepenuhnya memahami apa yang dikatakan oleh seseorang. Meminta klarifikasi atau kejelasan adalah cara untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memahami informasi yang disampaikan.

Ungkapan seperti “Maaf, bisakah kamu mengulanginya?”, “Apa maksudmu dengan itu?”, atau “Dapatkah kamu menjelaskannya dengan lebih detail?” akan sangat membantu dalam situasi seperti itu.

Dengan meminta klarifikasi, kamu menunjukkan ketertarikanmu dan juga memastikan bahwa komunikasi berlangsung efektif. Jadi, materi bahasa Inggris kelas 7 semester 2 ini cukup penting.

Materi Bahasa Inggris Kelas 7, Do/Does

Materi bahasa Inggris kelas 7 terakhir yaitu “Do/Does”. Ini adalah kata bantu dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam Simple Present Tense, terutama untuk membentuk kalimat tanya dan negatif. “Do” digunakan bersama subjek “I”, “you”, “we”, dan “they”, sedangkan “does” digunakan bersama “he”, “she”, dan “it”.

Misalnya, “Do you like ice cream?” (Apakah kamu suka es krim?) atau “She doesn’t eat meat” (Dia tidak makan daging). Memahami perbedaan dan penggunaan “do” dan “does” dengan benar adalah kunci untuk berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 12 K13, Wajib hingga Peminatan

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.