Catat! Ini Materi Bahasa Inggris Kelas 10 Kurikulum Merdeka

materi bahasa inggris kelas 10

Kursus Academic English Memulai tahun ajaran baru di SMA, tentu banyak hal baru yang akan kamu hadapi. Salah satunya adalah materi bahasa Inggris kelas 10 Kurikulum Merdeka. Di semester kedua, materi yang akan kamu pelajari mencakup tema Expository Text dan Fractured Stories.

Mengapa tema Expository Text menarik? Karena tema ini masuk dalam pembahasan bab Graffiti. Ternyata, materi bahasa Inggris kelas 10 jenis teks ini menjadi salah satu teknik dalam menulis pesan di grafiti, sebuah bentuk seni jalanan yang penuh makna.

Dengan memahami rangkuman materi Expository Text dan Fractured Stories, kamu bisa lebih siap menghadapi ujian dan memahami materi bahasa Inggris kelas 10 dengan lebih baik. Bahasa Inggris, sebagai salah satu mata pelajaran kunci di Kelas 10 Kurikulum Merdeka, mendapatkan perhatian khusus dalam kurikulum ini.

Kurikulum Merdeka sendiri diintroduksi sebagai penyempurnaan dari Kurikulum 2013 yang sebelumnya telah diterapkan. Dengan semangat belajar yang tinggi, mari kita dalami lebih dalam materi-materi yang akan kamu hadapi!

Materi Bahasa Inggris Kelas 10 Tema Expository Text

Expository Text adalah salah satu bentuk teks yang kerap kali kamu temui, terutama dalam literatur akademik dan media informasi. Dalam materi bahasa Inggris kelas 10, Expository Text mendapat perhatian khusus karena keunikannya dalam menyampaikan informasi. Sebagai teks yang bertujuan memberikan informasi, memahami Expository Text dengan baik sangatlah penting.

Pengertian Expository Text

Expository Text adalah jenis teks yang menyajikan informasi, fakta, atau penjelasan tentang suatu topik tertentu. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi atau penjelasan kepada pembaca mengenai topik yang sedang dibahas.

Dalam materi bahasa Inggris kelas 10, kamu akan diajarkan bagaimana mengidentifikasi dan memahami Expository Text dengan tepat.

Struktur Expository Text

  • Thesis: Ini adalah bagian pendahuluan yang menjelaskan topik utama teks.
  • Arguments: Bagian ini menyajikan beberapa argumen atau alasan yang mendukung thesis.
  • Conclusion: Sebagai bagian penutup, kesimpulan akan menyimpulkan ide-ide yang telah disajikan dalam teks.

Ciri-ciri Expository Text

  • Objektif: Teks ini memberikan informasi tanpa melibatkan opini atau perasaan pribadi penulis.
  • Faktual: Mengandung fakta dan data yang akurat dan dapat diverifikasi.
  • Clear dan Concise: Penyampaian informasi yang jelas, singkat, dan padat.

Penerapan Expository Text dalam Graffiti

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana hubungan Expository Text dengan grafiti? Dalam materi bahasa Inggris kelas 10, kamu akan mempelajari bagaimana teknik penulisan Expository Text dapat diterapkan dalam pesan-pesan grafiti.

Sebuah grafiti yang baik dapat menyampaikan pesan atau informasi dengan jelas kepada siapa pun yang melihatnya, mirip dengan tujuan dari Expository Text.

Materi Bahasa Inggris Kelas 10 Tema Fractured Stories

Fractured Stories adalah salah satu tema yang menarik dalam materi bahasa Inggris kelas 10. Ini adalah versi cerita klasik yang telah dimodifikasi, memberikan twist atau perubahan dari aslinya, sehingga menghadirkan nuansa yang berbeda. Cerita-cerita seperti ini mengajak kita untuk melihat dari perspektif berbeda dan memperkaya imajinasi kita.

Pengertian Fractured Stories

Fractured Stories, atau yang bisa diterjemahkan sebagai ‘Cerita Patah’, adalah cerita yang berasal dari cerita tradisional atau klasik namun telah mengalami modifikasi. Modifikasi bisa berupa perubahan plot, karakter, setting, atau elemen lainnya, yang menjadikannya berbeda dari versi aslinya.

Tujuan dari Fractured Stories

Tujuan dari Fractured Stories bukan hanya sekedar memberikan hiburan, tetapi juga untuk mengajak pembaca atau pendengar merenung dan melihat suatu kisah dari sudut pandang yang berbeda.

Dalam materi bahasa Inggris kelas 10, kamu akan diajarkan bagaimana Fractured Stories bisa menjadi alat yang efektif untuk membangun pemahaman dan empati.

Ciri-ciri Fractured Stories

  • Perubahan Plot: Salah satu ciri paling khas dari Fractured Stories adalah adanya perubahan plot atau alur cerita dari versi aslinya.
  • Karakter yang Dimodifikasi: Bisa jadi karakter utama mendapatkan sifat atau latar belakang yang berbeda.
  • Setting atau Latar yang Berbeda: Meski berasal dari cerita asli, setting dari Fractured Stories bisa saja diubah untuk memberikan suasana yang berbeda.

Teknik Membuat Fractured Stories

Dalam materi bahasa Inggris kelas 10, kamu juga akan mempelajari teknik-teknik dasar dalam menciptakan Fractured Stories. Bagaimana cara mengubah cerita asli menjadi sesuatu yang segar dan menarik tanpa meninggalkan esensi dari cerita tersebut.

Materi Bahasa Inggris Kelas 10 Tema Fractured Stories

Gabung Kursus Academic English, Raih Sukses Karier Studi 

Dalam konteks akademis, program Kursus Academic English di Lister bisa menjadi modal awal untuk para pelajar yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. 

Para pelajar nantinya bebas memilih jumlah kelas, bahkan menentukan tutor dan kelas pengganti dalam program tersebut. Selengkapnya, ikuti Instagram Lister untuk mengetahui informasi terbaru dan menarik lainnya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp mendaftar sekarang! 

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.