Martin Luther King JR: Biografi, Quotes, Fakta Hidupnya

martin-luther-king-jr

Program Lister – Tahukah kamu seorang aktivis yang menjadi pembela hak orang kulit hitam di Amerika? Dialah Martin Luther King JR.

Dia terkenal karena menuntut hak sipil dengan cara tanpa kekerasan dan berhasil membawa perubahan baru bagi orang-orang berkulit hitam khususnya di Amerika Serikat. Bagaimana kisah selengkapnya?

Biografi dan Fakta Hidup Martin Luther King JR

Martin Luther King, Jr., (15 Januari 1929-4 April 1968) lahir dengan nama Michael Luther King, Jr., tetapi kemudian namanya diubah menjadi Martin. Kakeknya adalah pendeta Gereja Baptis Ebenhaezer di Atlanta selama 1914 hingga 1931.

Ayahnya turut melayani di gereja yang sama setelah itu. Dari 1960 hingga kematiannya, Martin Luther menjadi pendeta pendamping di gereja tersebut

Baca juga: National Hispanic Heritage Month: Pengertian dan Sejarah

Pendidikan

Martin Luther bersekolah di sekolah umum terpisah di Georgia, lulus dari SMA pada usia 15 tahun. Ia mendapat gelar B.A. pada 1948 dari Morehouse College, sebuah institusi pendidikan bagi orang kulit hitam terkemuka di Atlanta, tempat yang sama di mana ayah dan kakeknya menempuh pendidikan.

Setelah tiga tahun belajar teologi di Crozer Theological Seminary di Pennsylvania, ia dianugerahi B.D. pada 1951. Dalam studinya, ia sempat terpilih sebagai presiden dari kelas senior yang didominasi kulit putih.

Dengan beasiswa dari Crozer, ia mendaftar pascasarjana di Universitas Boston. Ia menyelesaikan pendidikan doktoral pada 1953 dan menerima gelar pada 1955. Di Boston, ia bertemu dan menikah dengan Coretta Scott, seorang wanita yang cerdas dan artistik. Mereka dikaruniai dua putra dan dua putri.

Perjuangan Hak Sipil Masyarakat Kulit Hitam

Sebagaimana yang tercantum di Nobel Prize, pada 1954, Martin Luther King menjadi pendeta Gereja Baptis Dexter Avenue di Montgomery, Alabama. Ia memperjuangkan hak-hak sipil bagi masyarakat kulit hitam.

King adalah anggota komite eksekutif Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna, sebuah organisasi terkemuka di negara tersebut. Pada awal Desember 1955, ia dipercaya memimpin demonstrasi anti-kekerasan terhadap orang kulit hitam terbesar pertama di era modern Amerika Serikat.

Boikot bus yang memisahkan ras berlangsung selama 382 hari. Pada 21 Desember 1956, setelah Mahkamah Agung Amerika Serikat menyatakan undang-undang yang mewajibkan pemisahan bus sebagai inkonstitusional, orang kulit putih dan kulit hitam dapat naik bus secara setara. Selama masa boikot, King ditangkap, rumahnya dibom, dan menjadi sasaran serangan pribadi.

Pada 1957 ia terpilih menjadi Presiden Southern Christian Leadership Conference, sebuah organisasi yang memperjuangkan gerakan hak-hak sipil yang sedang berkembang.

Ia banyak mengadopsi ajaran agama Kristen dan ajaran Gandhi. Selama sebelas tahun mulai 1957 hingga 1968, King berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Total perjalanannya mencapai 9,6 juta kilometer. Ia juga berpidato lebih dari 2500 kali.

Ia berbicara tentang ketidakadilan, protes, dan tindakan yang diperlukan. Tak hanya itu, ia menulis lima buku serta banyak artikel.

Baca juga: Cerita Black History Month di Amerika dan Para Tokohnya

Selama masa itu, ia memimpin protes besar-besaran di Birmingham, Alabama, yang menarik perhatian seluruh dunia. King menyebutnya sebagai “koalisi hati nurani”.

Ungkapan ini mengilhami Letter from a Birmingham Jail, sebuah manifesto Revolusi Masyarakat Kulit Hitam. Ia menuju Alabama untuk mendaftarkan orang kulit hitam sebagai pemilih. King memimpin pawai damai di Washington, D.C.

Di hadapan lebih dari 250.000 orang, ia menyampaikan pidatonya yang terkenal, I Have a Dream. King juga berunding dengan Presiden John F. Kennedy dan Presiden Lyndon B. Johnson.

Selama masa-masa perjuangan tersebut, King ditangkap lebih dari dua puluh kali dan diserang setidaknya empat kali. Ia dianugerahi lima gelar kehormatan dan dinobatkan sebagai Man of the Year oleh majalah Time pada 1963. King tidak hanya menjadi pemimpin perjuangan orang kulit hitam Amerika, tetapi juga tokoh dunia.

Nobel Perdamaian

Pada usia 35, King menjadi orang termuda yang menerima Hadiah Nobel Perdamaian. Ketika diberitahu tentang penghargaan tersebut, dia mengumumkan bahwa dia akan menyerahkan hadiah uang sebesar $54,123 untuk kemajuan gerakan hak-hak sipil.

Meninggal Dunia

Pada malam 4 April 1968, ia berada di balkon kamar di Memphis, Tennessee, untuk memimpin protes sebagai bentuk simpati terhadap sikap mogok pekerja sampah di kota itu. Ia dibunuh di balkon kamar.

Baca juga: Pelajari Pidato Bahasa Asing dan Contohnya!

 Quotes Martin Luther King JR

Out of the mountain of despair, a stone of hope.”
We shall overcome because the arc of the moral universe is long, but it bends toward justice.”

Washington National Cathedral, March 31, 1968.

I believe that unarmed truth and unconditional love will have the final word in reality. This is why right, temporarily defeated, is stronger than evil triumphant.”

Nobel Peace Prize acceptance speech, Oslo, Norway, 1964.

Make a career of humanity. Commit yourself to the noble struggle for equal rights. You will make a better person of yourself, a greater nation of your country, and a finer world to live in.”

March for Integrated Schools, April 18, 1959.

If we are to have peace on earth, our loyalties must become ecumenical rather than sectional. Our loyalties must transcend our race, our tribe, our class, and our nation; and this means we must develop a world perspective.”

Christmas sermon, Atlanta, Georgia, 1967.

Every nation must now develop an overriding loyalty to mankind as a whole in order to preserve the best in their individual societies.”

New York City, April 4, 1967.

We must come to see that the end we seek is a society at peace with itself, a society that can live with its conscience.”

Montgomery, Alabama, March 25, 1965.

Kuasai Bahasa Asing yang Kamu Butuhkan!

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Profil Tutor.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.