10 Makanan Khas Korea, Sensasi Rasa yang Menggugah Selera

makanan khas korea

Kursus Bahasa Korea – Sudahkah kamu merasakan gigitan pertama dari makanan khas Korea? Dari jajanan Seoul hingga dapur rumah, makanan khas Korea menjadi simbol dari budaya kuliner yang kaya dan bervariasi.

Sebuah sensasi rasa yang unik yang sulit untuk dilupakan. Ada berbagai makanan khas Korea yang bisa kamu coba untuk memahami lebih dalam mengenai budaya kuliner Korea. Mari kita jelajahi bersama!

1. Tteokbokki

Tteokbokki adalah salah satu makanan khas Korea yang paling populer, terutama di kalangan penggemar makanan jalanan. Terbuat dari kue beras yang kenyal, saus gochujang yang pedas, dan ditambah dengan sayuran seperti bawang daun dan wortel,

Tteokbokki menawarkan sensasi rasa yang unik dan menggugah selera. Pengalaman menikmati Tteokbokki di jalanan Seoul atau di restoran lokal akan membawa kamu ke dalam kekayaan kuliner Korea yang sebenarnya.

2. Bungeo Ppang

Bungeo Ppang, yang namanya berasal dari kata Korea untuk ikan mas (Bungeo) dan roti (Ppang), adalah camilan yang disukai banyak orang. Berbentuk seperti ikan, Bungeo Ppang diisi dengan pasta kacang merah yang manis dan lembut.

Ini adalah simbol dari makanan khas Korea yang menggabungkan kreativitas dan tradisi. Dapat ditemukan di banyak toko kue dan penjual kaki lima, Bungeo Ppang adalah pilihan tepat untuk menikmati rasa manis yang otentik dari Korea.

Baca Juga: Kenali Huruf Hangul Korea, dari Sejarah hingga Contoh

3. Makanan Khas Korea Hotteok

Hotteok adalah pancake manis yang juga menjadi bagian dari makanan khas Korea yang tak terlupakan. Berisi campuran gula, kacang, dan rempah-rempah seperti kayu manis, Hotteok disajikan panas dan gurih. Hotteok adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin mencoba sesuatu yang manis dan berbeda dalam katalog makanan khas Korea.

4. Tokkebi Hot Dog

Tokkebi Hot Dog adalah salah satu makanan khas Korea yang menggabungkan konsep Barat dengan sentuhan Korea. Berbeda dengan hot dog biasa, Tokkebi Hot Dog dilapisi dengan tepung khusus yang renyah dan seringkali ditaburi dengan bumbu-bumbu seperti saus pedas atau manis.

Beberapa versi bahkan dilengkapi dengan keju yang meleleh atau tambahan lainnya yang menjadikannya lebih menarik. Sebagai makanan khas Korea, Tokkebi Hot Dog bisa dengan mudah ditemukan di pedagang kaki lima atau pasar malam di Korea, menawarkan rasa yang unik dan tekstur yang menyenangkan bagi para penikmat kuliner.

5. Oden

Oden adalah makanan khas Korea yang memiliki berbagai variasi tergantung pada bahan dan kuah yang digunakan. Terdiri dari berbagai komponen seperti tahu, telur, dan ikan, Oden sering kali disajikan dalam kuah hangat yang beraroma kaya.

Sebuah makanan yang menyenangkan terutama di musim dingin, Oden memiliki sejarah panjang dalam kuliner Korea. Baik disajikan di restoran atau pedagang kaki lima, Oden menawarkan pengalaman menikmati makanan khas Korea yang hangat dan menghibur.

Kemampuannya untuk dikombinasikan dengan bahan lainnya menjadikan Oden sebagai pilihan yang fleksibel dan menarik bagi mereka yang ingin menjelajahi berbagai sensasi rasa dalam masakan Korea.

6. Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah salah satu makanan khas Korea yang terkenal di seluruh dunia. Hidangan ini terbuat dari mi tebal yang disajikan dengan saus hitam kental berbasis kedelai yang biasa ditemani oleh daging babi atau seafood. Rasa gurih dari saus dan tekstur lembut dari mi menciptakan kombinasi yang sempurna dalam satu mangkuk.

Baca Juga: Arti Kwangya, Istilah yang Muncul di Lagu NCT dan Aespa

7. Jjampong

Jjampong adalah sup mi yang pedas yang merupakan bagian dari makanan khas Korea yang paling populer, terutama di kalangan pencinta seafood. Berasal dari pengaruh budaya Tionghoa, Jjampong memiliki kombinasi rasa pedas dari cabai dan segarnya seafood yang bercampur dengan mi yang kenyal.

Biasanya berisi udang, kerang, cumi, dan sayuran lainnya, hidangan ini menawarkan pengalaman rasa yang kompleks dan mendalam. Bagi mereka yang ingin merasakan sensasi rasa laut yang segar dalam hidangan pedas.

8. Ramyeon

Ramyeon adalah lebih dari sekadar mi instan yang kita kenal. Sebagai salah satu makanan khas Korea, Ramyeon memiliki berbagai versi yang menawarkan sensasi rasa yang berbeda. Dari kuah kaldu ayam yang gurih hingga varian pedas yang menantang, Ramyeon menawarkan pengalaman kuliner yang menyeluruh.

Banyak restoran di Korea menawarkan Ramyeon dengan tambahan bahan seperti kimchi, telur, atau daging, menjadikan ini sebagai hidangan yang kaya rasa dan sangat memuaskan. Tak heran jika Ramyeon telah menjadi simbol dari makanan khas Korea yang mudah diakses dan disukai banyak orang.

9. Naengmyeon

Naengmyeon menawarkan pengalaman makan yang unik dalam makanan khas Korea. Mi dingin ini sering disajikan di musim panas dengan kuah yang asam atau pedas. Ada dua jenis utama Naengmyeon, yaitu Naengmyeon gaya Pyongyang yang lebih ringan dan Naengmyeon gaya Hamhung yang lebih kaya dan pedas.

Bahan-bahannya meliputi mi gandum atau kentang buckwheat, daun bawang, timun, dan potongan buah pir yang memberikan sensasi segar. Tidak hanya itu, tambahan acar, mustard, dan cuka memberikan rasa yang kaya dan kompleks. Jika kamu ingin mencicipi makanan khas Korea yang menyegarkan dan berbeda, Naengmyeon adalah pilihan yang tepat.

10. Samgyeopsal

Samgyeopsal adalah daging babi panggang yang menjadi salah satu makanan khas Korea yang paling populer. Dipanggang langsung di atas meja, Samgyeopsal disajikan dengan sayuran segar seperti selada, kimchi, dan bawang putih, serta berbagai bumbu seperti pasta cabai dan pasta kacang.

Orang Korea menyukai Samgyeopsal karena proses memasaknya yang interaktif dan cara menyantapnya yang unik, yaitu dengan melipat daging dan bahan pelengkap dalam selada dan memakannya dalam satu gigitan.

Baca Juga: Cari Tahu Umpatan dalam Bahasa Korea, Apa saja?

Kursus Bahasa Korea, di Lister Aja!

Korea Selatan adalah salah satu negara yang unggul dari segi ekonomi, pendidikan, hingga wisata. Hal-hal ini menarik perhatian warga asing untuk menempuh pendidikan maupun berkarier di Korea Selaran. Agar kamu siap, ikuti Kursus Bahasa Korea Lister.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Instagram Lister untuk informasi belajar bahasa asing lainnya dan promo terbaru.

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.