Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Gurihnya Katsuobushi, Pelengkap Kuliner Jepang yang Umami

katsuobushi

Kursus Bahasa Jepang – Penggemar kuliner Jepang pasti sudah tak asing dengan bahan pelengkap katsuobushi. Tahukah kamu, serpihan ikan kering ini tak sekadar sebagai pelengkap, tetapi juga untuk menambah rasa umami?

Katsuobushi dapat digunakan mulai dari topping sampai bahan sup. Bahan ini memiliki rasa yang kaya, tekstur yang ringan, dan gizi yang padat.

Apa itu katsuobushi?

Katsuobushi adalah serpihan ikan bonito yang difermentasi, diasap, dikeringkan, lalu diparut tipis. Dalam bahasa Jepang, ikan bonito disebut dengan katsuo.

Selain ikan bonito, dapat pula menggunakan ikan cakalang, makarel, atau sarden.

Proses Pembuatan katsuobushi

Menurut Master Class, daging ikan dibersihkan lalu dipotong fillet terlebih dahulu. Ikan kemudian direbus dan diasapi mulai dari beberapa hari sampai satu bulan. Setelah itu ikan dijemur.

Ikan kemudian difermentasikan dengan jenis bakteri tertentu. Setelah proses pengeringan selesai, ikan akan menjadi keras.

Selanjutnya ikan yang mengeras tersebut diparut dengan pisau tajam yang dipasang di atas kotak kayu, disebut dengan katsuobushi kezuriki.

Asal-usul katsuobushi

Umami Insider menjelaskan katsuobushi sudah dikonsumsi di Jepang sejak akhir 1600-an. Walaupun begitu, pada masa itu belum menggunakan proses fermentasi.

Menurut cerita, di masa lampau seseorang menemukan katsuobushi yang sudah terlalu lama disimpan dan berjamur.

Orang tersebut tetap memakannya. Ia mendapati rasanya justru semakin nikmat. Sejak saat itu, masyarakat Jepang mulai membuat katsuobushi dengan proses fermentasi.

Baca juga: 5 Jenis Ramen Jepang, dari Tonkotsu sampai Tsukemen

4 Jenis Katsuobushi

Katsuobushi memiliki beberapa jenis kualitas yang digunakan untuk makanan yang berbeda.

Karebushi

Karebushi diproses melalui tiga tahap pembuatan, yaitu perebusan, pengasapan minimal selama satu bulan, lalu pengeringan dan fermentasi selama dua minggu.

Proses pengeringan dan fermentasi dilakukan dua kali. Karebushi memiliki rasa yang kaya, sehingga cocok untuk sup dashi.

Honkarebushi

Jika proses pengeringan dan fermentasi dilakukan tiga kali, hasilnya disebut dengan honkarebushi. Beberapa produsen membuat honkarebushi melalui pengolahan selama bertahun-tahun, sehingga harganya sangat mahal.

Namun rasa yang dihasilkan sangat kaya.

Hanakatsuo

Hanakatsuo memiliki rasa yang ringan dan warna cerah. Biasanya digunakan sebagai topping makanan.

Kezurikatsuo

Kezurikatsuo lebih tebal daripada hanakatsuo, biasanya digunakan untuk bahan rendaman saus untuk menambah rasa umami.

Baca juga: Rasa Unik Es Krim Jepang, dari Emas sampai Sarden

Manfaat Kesehatan Katsuobushi

Tak hanya nikmat, katsuobushi memiliki gizi yang padat. Ikan bonito memiliki kandungan protein yang tinggi. Setelah diolah menjadi katsuobushi, kadar asam amino di dalamnya bertambah.

Bahan masakan ini juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk zat besi, B3, dan B12.

Para ilmuwan meyakini konsumsi katsuobushi dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan metabolisme. Selain itu, dapat membantu mencegah risiko penyakit seperti demensia, penyakit jantung, dan diabetes.

Penggunaan Katsuobushi

Katsuobushi sering digunakan untuk membuat kaldu dashi. Sup ini memiliki rasa yang umami dan kaya.

Selain itu, dapat digunakan sebagai topping untuk tahu atau acar sayuran.

Katsuobushi juga digunakan untuk topping okonomiyaki dan takoyaki. Saat ditaburkan di atas okonomiyaki atau takoyaki yang panas, katsuobushi akan tampak “menari” karena terkena uap panas.

Katsuobushi dapat pula digunakan sebagai campuran nasi dan onigiri. Rasanya menjadi lebih gurih, selain menambah gizi, tentunya.

Katsuobushi dapat ditemukan di berbagai supermarket dan toko online. Harganya bervariasi, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kursus Bahasa Jepang, Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Kenali lebih dekat tutor bahasa Jepang di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!