Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mencoba Rasa Unik Es Krim Jepang, dari Emas sampai Sarden

Es krim adalah kudapan manis yang digemari orang di seluruh dunia. Namun Jepang menyajikan keunikan tersendiri soal es krim.

Varian rasa seperti coklat, vanila, dan stroberi mungkin sudah biasa ditemukan. Apakah kamu pernah membayangkan rasa es krim berlapis emas, wasabi, sampai kecap? Walaupun tak biasa, varian es krim Jepang tersebut tetap populer, lho!

Apa saja es krim rasa unik yang ada di Jepang?

1. Emas

Kanazawa adalah salah satu perfektur yang memproduksi es krim terbesar di Jepang. Salah satu varian yang populer adalah emas.

Es krim lembut disajikan di atas cone lalu dilapisi daun emas, atau dalam bahasa Jepang disebut dengan kinpaku. Daun emas merupakan lambang sejarah Kanazawa.

Kamu dapat mencicipi es krim berlapis emas ini di Taman Kenrokuen dan Kastel Kanazawa yang populer dikunjungi turis.

2. Miso

Prefektur Nagano adalah produsen miso terbesar di Jepang. Mereka menyuplai 40 persen kebutuhan miso di seluruh Jepang.

Suyakame di Nagano terkenal membuat miso selama 100 tahun dengan cara tradisional. Kamu dapat mencoba berbagai hidangan yang terbuat dari miso di sini, mulai dari sup sampai es krim. Gurihnya miso berpadu dengan manisnya es krim justru membuatnya kaya rasa.

3. Lavender

Tomita, Hokkaido adalah perkebunan lavender terbesar di Jepang. Perkebunan ini ramai dikunjungi turis pada musim semi sampai musim gugur.

Pada musim panas, secara khusus mereka menyajikan es krim rasa lavender. Rasanya yang segar dan warnanya yang unik membuatnya laris manis di kalangan turis.

Es krim Jepang.
Es krim Jepang.

4. Wasabi

Wasabi memang lebih dikenal sebagai pendamping sushi. Namun siapa sangka, saus berwarna hijau tersebut dapat dibuat es krim.

Kamu dapat mencoba es krim dengan rasa unik tersebut di perkebunan Azumino, Nagano yang menanam tanaman wasabi.

5. Hojicha

Es krim rasa matcha mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan hojicha? Belum banyak produsen es krim yang menyajikan rasa ini.

Hojicha adalah teh hijau yang disangrai. Proses yang unik ini membuatnya berbeda dengan rasa matcha pada umumnya. Salah satu tempat yang menyajikan es krim hojicha adalah Morinoen, Ningyocho, Tokyo.

6. Kecap

Makanan Jepang kerap menggunakan kecap sebagai salah satu bumbu. Produsen es krim lalu mencoba berkreasi dengan membuat es krim berbahan kecap.

Jangan membayangkannya akan terasa benar-benar seperti kecap. Rasanya lebih mirip saus karamel daripada kecap, karena sudah dipadukan dengan es krim yang manis.

Kalau kamu tertarik mencoba, kamu dapat mengunjungi Ando Jozo di Kakunodate, Akita.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah makanan yang populer di Jepang pada musim gugur. Jenis umbi-umbian tersebut diolah menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya adalah es krim.

Ubi jalar, atau dalam bahasa Jepang disebut dengan satsumaimo, memiliki rasa manis yang cocok dijadikan pencuci mulut. Kamu bisa mencoba es krim rasa ubi jalar di Kasho Umon, Kawagoe, Saitama.

Es krim Jepang.
Es krim Jepang.

8. Wijen

Orang Jepang gemar menaburkan wijen di atas nasi, sayur, dan salad. Bahkan kini ada yang membuat wijen sebagai taburan di atas es krim.

Bukannya aneh, wijen justru mencegah rasa es krim menjadi terlalu manis. Kamu dapat mencobanya di Gomahukudo, Sugamo, Tokyo yang menyajikan es krim wijen putih dan wijen hitam.

9. Soba

Togakushi, Nagano dikenal sebagai sentra mi soba. Hidangan tersebut dikreasikan menjadi berbagai macam, salah satunya dalam bentuk es krim. Kamu dapat mencobanya di restoran Niomonya.

Soba yang gurih berpadu dengan es krim yang manis membuatnya menjadi kaya rasa.

10. Shirasu

Shirasu adalah jenis es krim yang berasal dari Pulau Enoshima, Kanagawa. Shirasu adalah sejenis ikan sarden muda.

Meskipun penampilannya tidak menggiurkan, jangan salah. Rasanya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi turis yang berkunjung ke Enoshima.

Ingin liburan ke Jepang? Kamu dapat mempelajari bahasanya agar pengalamanmu semakin seru. Kamu disarankan mengikuti Kursus Bahasa Jepang sebagai bekal. Di sini kamu akan mendapat materi sesuai kebutuhan yang diampu langsung oleh tutor-tutor berkualitas. Daftar segera, dapatkan harga terjangkau.