fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Fakta, Jerman
ibu kota jerman

Kursus Bahasa Jerman – Negara Jerman yang terkenal dengan sepak bolanya, ternyata memiliki pesona tersendiri dalam destinasi wisata sejarah. Ibu kota Jerman adalah Berlin, yakni kota yang sering menjadi tujuan utama saat pertama kali mengunjungi negara ini.

Simak lebih dalam mengenai sejarah dan destinasi wisata ibu kota Jerman, yuk!

Profil Ibu Kota Jerman

Ibu kota Jerman adalah Berlin. Kota ini termasuk kota terbesar di Jerman yang terletak di bagian utara Jerman. Pada 1961 hingga 1990, kota ini sempat terbagi menjadi dua, yakni Berlin Barat dan Berlin Timur. Kedua bagian tersebut dibatasi dengan tembok.

Pada 1990, Tembok Berlin kemudian dirobohkan dan Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu menjadi Berlin yang kita kenal saat ini.

Berlin memiliki panjang dari timur ke barat sejauh 45 kilometer dan dari selatan ke utara sepanjang 28 kilometer. Luas kota Berlin adalah 892 kilometer persegi.

Fakta unik dari kota ini adalah adanya Brandenburg sebagai negara bagian Jerman yang mengelilingi Berlin. Sementara itu, jarak perbatasan Berlin dengan negara lain, yakni Polandia, hanya 70 km.

Pada tahun 2019, populasi Berlin berjumlah sekitar 3,6 juta orang sehingga dikategorikan menjadi kota terpadat di Jerman.

Sejarah Singkat Berlin

Hingga abad ke-18, Berlin belum menjadi kota yang penting di Jerman. Namun setelah era Pemberdayaan Prusia, Berlin menjadi salah satu pusat politik, ekonomi, dan budaya di Jerman bagian utara dan di Eropa.

Dikutip dari Mappr, pada mulanya Berlin ditetapkan sebagai ibu kota Kekaisaran Jerman pada tahun 1871, kemudian menjadi ibu kota Nazi-Jerman mulai tahun 1933. Namun dalam Perang Dunia II, Berlin ditaklukkan dan dikuasai oleh Sekutu.

 Seperti yang dijelaskan DW, ibu kota Jerman sebelumnya adalah Bonn sejak 1949 hingga 1990, kemudian berpindah ke Berlin pada tahun 1991.

Pada 12 Agustus 1961, pembangunan Tembok Berlin dimulai. Rencana pembangunan ini merupakan salah satu bentuk pengaruh negara-negara Barat setelah Perang Dunia I akibat perbedaan pandangan politik antara Uni Soviet dengan bagian timur dan barat kota Berlin.

Setelah itu, Tembok Berlin dihancurkan pada tahun 1989. Jerman Barat dan Timur pun ditetapkan bersatu pada tanggal 3 Oktober 1990. Berlin kemudian resmi menjadi ibu kota provinsi dan negara.

10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Berlin

Wisatawan asing umumnya memilih Berlin sebagai perhentian pertama saat mengunjungi Jerman. Apa saja destinasi wisata di Berlin yang menarik untuk dikunjungi?

1. Reichstag

ibu kota jerman
Reichstag

Reichstag adalah bangunan militer di antara kedua sisi Tembok Berlin pada masa pemisahan Berlin menjadi bagian Barat dan Timur. Saat ini, gedung bersejarah tersebut sudah dimodernisasi dan dijadikan destinasi wisata sejarah.

Salah satu bagian yang terkenal di Reichstag adalah kubah kaca, di mana kamu dapat melihat hiruk-pikuk Kota Berlin dari atas.

2. Brandenburg Gate

ibu kota jerman
Brandenburg Gate

Brandenburg Gate atau Gerbang Brandenburg adalah salah satu daya tarik Berlin. Gerbang ini dibangun pada tahun 1792 sebagai simbol Berlin yang telah bersatu kembali.

Gerbang Brandenburg dirancang oleh Carl Gotthard Langhans, yang terinspirasi dari gerbang megah di pintu masuk Acropolis di Athena, Yunani. Gerbang Brandenburg memiliki tinggi 26 meter, panjang 65,5 meter, kedalaman 11 meter, serta ditopang dua baris dengan enam kolom Doric.

3. Gendarmenmarkt

Gendarmenmarkt adalah alun-alun yang berada dekat dengan Friedrichstrasse, yakni pusat perbelanjaan eksklusif di Berlin. Terdapat pula tiga bangunan arsitektur indah yang dapat dinikmati di alun-alun Gendarmenmarkt ini, yakni Concert House rancangan Schinkel, Deutscher Dom dan Französischer Dom.

Pada musim panas, kamu dapat menikmati orkestra musik klasik di Classic Open Air. Sementara itu pada musim dingin, alun-alun ini berubah menjadi Chrismastmarket yang indah.

4.  Istana Charlottenburg

ibu kota jerman
Istana Charlottenburg

Charlottenburg adalah istana megah di Berlin yang memiliki koleksi porselen dan lukisan ternama. Istana ini dibangun untuk Sophia Charlotte, Ratu Prusia pertama, pada 1701.

Pembangunan kompleks istana ini sendiri dimulai sejak 1695, yang memungkinkan Sophia Charlotte melakukan perjalanan dari Istana Berlin menuju Charlottenburg dengan menggunakan kapal pesiar yang menyusuri sungai.

Tak jauh dari kompleks istana, terdapat Belvedere, yakni taman istana yang berada di tepi Sungai Spree. Selain itu, di kompleks yang sama kamu dapat mengunjungi bangunan lainnya, seperti pemakaman Ratu Louise dan Paviliun Baru yang dibangun Karl Friedrich Schinkel.

5. Berlin Wall Memorial

Berada di antara distrik Wedding dan Mitte, Berlin Wall Memorial yang terletak di Jalan Bernauer merupakan pusat dokumentasi serta penghormatan kepada para korban Tembok Berlin. Berlin Wall Memorial mencakup empat area yang dapat dieksplorasi terdiri dari materi audio, gambar bersejarah, pusat pengunjung, dan menara observasi.

Dikutip dari Visit Berlin, terdapat pula Tembok Berlin sepanjang 70 meter dengan jalur perbatasan dan menara pengawas. Berlin Wall Memorial ini menggambarkan situasi perbatasan yang didirikan pada akhir tahun 1980-an. Tempat ini menjadi peringatan akan Berlin yang pernah terbelah dua oleh tembok raksasa.

6.  Berlin Television Tower (Fernsehturm)

ibu kota jerman
Berlin Television Tower

Dibangun pada tahun 1960-an, Fernsehturm adalah bangunan tertinggi di Berlin dengan ketinggian 365 meter. Awalnya, Berlin Television Tower ini merupakan simbol kekuasaan komunisme di Jerman Timur.

Kini, Berlin Television Tower menjadi simbol baru Kota Berlin setelah bersatunya Jerman. Salah satu atraksi yang ditawarkan adalah pengunjung dapat menikmati panorama 360 derajat Kota Berlin.

7. Humboldt Forum

Humboldt Forum adalah gedung pertemuan yang digunakan untuk kegiatan kebudayaan, kesenian, dan ilmu pengetahuan. Sejak September 2021, tempat ini digunakan sebagai lokasi pameran koleksi Ethnological Museum dan Museum of Asian Art yang terkenal di dunia.

8.  Kurfürstendamm

Apakah kamu berkunjung ke Jerman untuk berbelanja? Jangan khawatir, kamu akan dapat berbelanja sepuasnya di Kurfürstendamm.

Kurfürstendamm adalah destinasi belanja di Berlin, terutama jika kamu mengincar merk high-end ternama di dunia. Selain itu kamu dapat mengunjungi juga Ku’damm, yakni department store terbesar di Eropa.

9. Museum Island Berlin

Museum Island Berlin adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO. Museum ini digunakan sebagai pusat pameran berbagai koleksi papan atas, seperti The Altes Museum (Old Museum), The Neues Museum (New Museum), The Bode Museum, The Pergamon Museum, dan The Alte Nationalgalerie.

Koleksi di berbagai museum ini menampilkan pengetahuan sejarah dan budaya dalam rentang 6000 tahun lamanya.

10. Potsdamer Platz

ibu kota jerman
Potsdamer Platz

Sebelum Perang Dunia II, Potsdamer Platz merupakan pusat kota yang ramai. Akan tetapi, lahan tersebut menjadi terbengkalai setelah dihancurkannya  Tembok Berlin.

Potsdamer Platz menjadi saksi berbagai peristiwa bersejarah di Berlin. Saat ini, Potsdamer Platz menjadi kawasan yang populer bagi selebriti papan atas, gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan, hingga festival film.

Selain Berlin, ada banyak kota lain di Jerman yang menarik dikunjungi. Simak ulasan lengkapnya di artikel 10 Kota di Jerman yang Wajib Masuk Daftar Destinasimu!

Wujudkan Impian ke Jerman Mulai dari Belajar Bahasanya!

Menguasai bahasa Jerman adalah bekal penting untuk kuliah atau bekerja di negara tersebut. Kamu dapat mulai selangkah lebih maju dengan impian tinggal di Jerman mulai dari Kursus Bahasa Jerman di Lister.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Selain itu, kamu akan dibimbing tutor-tutor ahli yang bersertifikat.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?