Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10 Kota di Jerman yang Wajib Masuk Daftar Destinasimu!

kota di jerman

Berencana pelesir ke Jerman? Tidak ada salahnya sekalian mempelajari bahasanya agar pengalamanmu semakin berkesan. Kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jerman sebagai bekal di sana.

Setiap kota di Jerman menawarkan pengalaman yang berbeda tergantung wilayah yang kamu kunjungi. Diketahui Jerman termasuk negara besar di Eropa, sehingga kamu akan menemukan keragaman yang menarik di sini.

Masih bingung harus ke mana saja di Jerman? Berikut 10 kota di Jerman yang wajib kamu kunjungi.

1. Schwerin

Schwerin adalah ibu kota Mecklenburg-Vorpommern yang terletak di timur laut Jerman. Kota ini tergolong kecil, sehingga banyak orang melewatkannya. Namun sebenarnya Schwerin menawarkan destinasi yang tidak kalah menarik dengan Berlin atau Hamburg.

Kamu dapat mengunjungi Istana Schwerin, bangunan berusia 1.000 tahun yang menjadi kantor parlemen negara bagian.

Sehabis dari sana, jangan lupa mencicipi makanan laut dari Restoran LUKAS yang terkenal. Setelah itu, kamu dapat mengunjungi danau-danau indah yang letaknya berdekatan di dalam kota Schwerin.

2. Hamburg

Hamburg terletak di Semenanjung Jutland, sebelah utara Jerman. Ada banyak tempat yang dapat kamu kunjungi di sini.

Hamburg adalah rumah bagi beberapa kedai kopi terbaik di Jerman. Seperti Zuckermonarchie, Less Political, Public Coffee Roasters, dan masih banyak lagi.

Jangan lewatkan berbagai festival yang sering diadakan di sana. Contohnya Hafengeburtstag, pasar malam Natal, dan Dockville.

Kamu dapat mencicipi kuliner terbaik di Bullerei, Fardi Syrian, atau Harbor Cake.

3. Berlin

Berlin adalah kota modern dengan latar belakang masyarakat yang beragam. Sebagai ibu kota Jerman, jangan lewatkan kunjungan ke Berlin.

Kamu dapat berkunjung ke Reichstag, Brandenburg, Katedral Berlin, dan East Side Gallery.

Kalau kamu ingin pergi ke tempat yang agak jauh dari pusat kota, kamu dapat berkunjung ke istana-istana di Potsdam yang 30 menit jauhnya dari Berlin menggunakan kereta.

Kamu mencari kuliner yang menarik? Berlin menawarkan berbagai restoran burger yang menggiurkan di sepanjang jalan.

kota di jerman
Kota di Jerman.

4. Köln

Köln memiliki sejarah panjang sebagai pos terdepan pada masa pendudukan bangsa Roma, yakni saat abad ke-1 M.

Saat ini, Köln adalah salah satu kota besar di Jerman yang kaya akan keragaman budaya di kawasan Rhineland.

Kamu dapat mengunjungi Katedral Köln. Selanjutnya, telusuri Belgian Quarter untuk menjajal berbagai bar dan restoran. Di kawasan ini juga terdapat berbagai museum yang menarik.

5. Düsseldorf

Düsseldorf adalah ibu kota Rhine-Westphalia. Sebagai kota kosmopolitan, banyak yang mengira Düsseldorf dipenuhi bangunan kantor dan tidak ada destinasi wisata di sini.

Jangan salah, kamu akan menemukan sejumlah tempat menarik di Düsseldorf. Cobalah mengunjungi kawasan Rheinufer, Schloss Benrath, dan Carlsplatz Markt.

Jangan lupa mencoba Skytrain, fasilitas kota yang menjadi salah satu daya tarik utama di Düsseldorf. Skytrain di Düsseldorf benar-benar menggantung di rel dan melintasi kota.

6. Frankfurt

Frankfurt adalah salah satu pusat perekonomian di Jerman. Kota ini juga menjadi saksi sejarah yang penting. Selama berabad-abad, raja dan ratu Jerman dipilih di sini.

Kalau kamu seorang kutu buku, kamu pasti berminat menyambangi Book Fair terbesar di dunia. Book Fair di Frankfurt diselenggarakan pertama kali pada abad ke-15.

Selanjutnya, kamu dapat mengunjungi Katedral Kaiserdom Sankt Bartholomäus, menikmati seni di Staedel Museum, dan berburu barang bekas di Kleinmarkthalle.

kota di jerman
Kota di Jerman.

7. Nürnberg

Nürnberg terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Jerman. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di sini.

Kamu dapat menyusuri Altstadt, jalan-jalan di sepanjang Weissgerbergasse, mencicipi kue jahe yang terkenal, hingga mempelajari sejarah di Pusat Dokumentasi Nazi. Pastikan kamu juga menyempatkan diri berkunjung ke Neues Museum Nürnberg.

Bagaimana dengan kuliner lokal? Kamu dapat mencoba Albrecht Durer Stube.

8. München

München adalah ibu kota Bavaria. Dalam sejarahnya, München didirikan para rahib Benediktin.

Di sini terdapat sejumlah museum yang menarik. Bahkan ada museum khusus yang didedikasikan untuk pembuat mobil BMW.

Jika kamu tidak tertarik dengan museum dan sejarah, kamu dapat menyambangi Gereja Asam yang dibangun pada abad ke-18 atau pusat kota abad pertengahan di Marienplatz.

Hal yang tidak boleh kamu lewatkan tentunya adalah Oktoberfest di Theresienwiese. Festival bir terbesar di dunia tersebut diadakan setiap tahunnya.

kota di jerman
Kota di Jerman.

9. Freiburg

Terletak dekat dengan perbatasan Swiss dan Prancis, Freiburg berada di tepian Black Forest. Freiburg adalah kota yang santai dan indah.

Kamu dapat menikmati pemandangan Sungai Dreisam dan pegunungan hijau di sini. Selain itu, kamu dapat mengunjungi Augustinermuseum, bersantai di Seepark, atau melihat gerbang kota Schwabentor.

Freiburg dipenuhi kafe dan restoran kecil yang menarik untuk dijajal. Salah satunya adalah Gasthaus Blume yang menyajikan salmon.

10. Heidelberg

Heidelberg tergolong kota kecil. Namun bukan berarti tidak banyak tempat yang dapat dikunjungi.

Di sini terdapat Kastel Heidelberg, bangunan ikonik di kawasan kota tua. Kamu dapat berjalan-jalan di sepanjang Philosophenweg sembari menikmati pemandangan Sungai Neckar.

Mencari kuliner lokal? Kamu akan menemukan sajian schnitzel terlezat di seluruh Jerman di Schnitzelbank.