fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Culture, Fakta
ucapan Hari Ibu

Program Lister – Hari Ibu di Indonesia secara resmi diperingati setiap tanggal 22 Desember. Ternyata Hari Ibu memiliki arti dan makna yang dalam. Apa saja ucapan Hari Ibu dalam berbagai bahasa?

Yuk, ungkapkan rasa cintamu dengan tulus dan romantis lewat berbagai ucapan ini.

Makna di Balik Ucapan Hari Ibu dan Asal-Usulnya

Hari Ibu adalah hari yang spesial untuk merayakan perjuangan ibu dan perempuan. Berdasarkan Kominfo, sejarah Hari Ibu di Indonesia awalnya merupakan peringatan perjuangan perempuan dalam merebut kemerdekaan Indonesia dan pergerakan perempuan dari masa ke masa.

Hari Ibu yang diperingati tanggal 22 Desember ini juga merupakan momen spesial untuk mengucapkan rasa terima kasih atas peran ibu di seluruh Indonesia. Tak hanya di keluarga, tetapi juga peran ibu sebagai salah satu penggerak pembangunan dan eksistensi di masyarakat.

Detik mencatat bahwa Hari Ibu diinisiasi organisasi perempuan pada tahun 1912 oleh M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said, dan tokoh perempuan lainnya.

Dari inisiasi ini, dibentuklah kongres yang bertujuan memajukan perempuan di Indonesia. Presiden Soekarno kemudian mengeluarkan Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959 dan menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu Nasional.

Perbedaan Hari Ibu di Indonesia dan di Luar Negeri

Hari Ibu di Indonesia memiliki perbedaan dengan Mother’s Day yang dirayakan di berbagai negara. Perbedaan yang paling signifikan adalah pada tanggal peringatan, sejarah, dan tradisi perayaannya.

Diambil dari Reader’s Digest dan Time and Date, berikut beberapa tradisi dan tanggal Hari Ibu yang diperingati di seluruh dunia:

Tanggal Peringatan Hari IbuNegaraTradisi/Sejarah
8 MaretAlbania, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Bulgaria, Kazakhstan, Moldova, Rusia, Serbia, VietnamHari Ibu di Rusia dirayakan bersamaan dengan International Women’s Day.Anak-anak umumnya memberikan bunga kepada ibunya. Tidak hanya itu, ucapan juga diberikan kepada nenek, ibu mertua, dan bibi.  
21 MaretMesir, Irak, Jordan, Kuwait, Libia, Lebanon, Mauritania, Oman, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Somalia, Sudan, Siria, United Arab Emirates, YemenDi Timur Tengah, Hari Ibu dirayakan dengan memberikan kartu ucapan dan menggantikan ibu melakukan pekerjaan rumah tangga. Khususnya di Mesir, Hari Ibu melambangkan penghormatan kepada dewi-dewi yang dianggap ideal sebagai sosok ibu.
Minggu pertama bulan MeiSpanyolHari Ibu di Spanyol dipercaya sebagai bagian dari festival kuno di Mesir yang merayakan Dewi Rhea sebagai ibu Dewa Zeus, Poseidon, dan Hades.Sementara itu bagi umat Kristiani, Hari Ibu merayakan penghormatan pada Bunda Maria, ibu Yesus.
10 Mei Meksiko, El Salvador, GuatemalaDi Meksiko, perayaan Hari Ibu ditandai dengan pemberian bunga, kartu, permen, atau hadiah lainnya yang melambangkan apresiasi, penghargaan, dan cinta.
Minggu kedua bulan MeiAntigua dan Barbuda, Australia, Austria, Bahamas, Bangladesh, Barbados, Belgia, Bermuda, Bhutan, Botswana, Brasil, Kanada, Kamboja, Cayman Islands, Central African Republic, Chili, China, Kolombia, Kroatia, Kuba, Cyprus, Czech Republic, Denmark, Ekuador, Estonia, Ethiopia, Fiji, Finlandia, Gambia, Jerman, Ghana, Yunani, Greenland, Grenada, Guyana, Honduras, Hong Kong, Islandia, India, Italia, Jamaika, Jepang, Kenya, Latvia, Liberia, Malaysia, Malta, Namibia, Belanda, Selandia Baru, Pakistan, Papua New Guinea, Peru, Filipina, Puerto Rico, Samoa, Singapore, Slovakia, Afrika Selatan,  Sri Lanka, Swiss, Taiwan, Tanzania, Tonga, Trinidad dan Tobago, Turki, Uganda, Ukraina, Amerika Serikat, Uruguay, Vietnam, Venezuela, Zambia, ZimbabweUmumnya tradisi Hari Ibu di negara-negara ini cukup mirip. Ibu dihadiahi kerajinan tangan buatan sendiri, bunga, atau makanan.Di Amerika Serikat, Hari Ibu dimulai merupakan peringatan atas sepak terjang dua wanita bernama Julia Ward Howe dan Anna Jarvis.Pada tahun 1907, Julia Ward Howe mendorong pasifisme dan pelucutan senjata di kalangan perempuan. Anna Jarvis pada tahun 1907 menginisiasi Mother’s Day Work Clubs untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan di area tempat tinggalnya.
Minggu pertama bulan AprilIrlandiaHari Ibu di Irlandia dimulai dengan ibadah gereja untuk menghormati Bunda Maria, ibu Yesus. Biasanya anak-anak akan memberikan bunga atau hadiah kecil. 
26 MeiPolandiaPemberian kartu, kue atau hadiah biasanya dilakukan saat Hari Ibu di Polandia. Anak-anak sekolah di Polandia juga umumnya membuat laurki, yakni kertas yang dihiasi bunga dan ditulis dengan ucapan pribadi untuk ibunya.
Minggu pertama bulan MeiHungariaAnak-anak di Hungaria biasanya memberikan kartu ucapan dan kerajinan tangan buatan sendiri. Selain itu, karangan bunga lilac dibagikan di Hari Ibu. Bunga lilac adalah bunga resmi di Hari Ibu Hungaria.

Penasaran tradisi unik lainnya di berbagai negara? Ada ulasan mengenai Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara, Ternyata Seperti Ini.

Ucapan Hari Ibu dalam Berbagai Bahasa

ucapan hari ibu
ilustrasi mengucapkan Hari Ibu

Hari Ibu adalah momen tepat untuk menyampaikan rasa terima kasih, cinta, hingga ungkapan kasih sayang kepada ibu dan perempuan. Momen haru Hari Ibu dapat diwujudkan dengan berbagai kalimat tulus nan menyentuh berikut ini dalam berbagai bahasa.

Jenis BahasaUcapan Selamat Hari Ibu
Bahasa Indonesia– Selamat Hari Ibu! Terima kasih telah menjaga kami dengan baik, kami tahu itu tidak mudah. Aku mencintai Ibu.
– Terima kasih sudah selalu ada, Bu. Selamat Hari Ibu!
– Ibu adalah perekat yang menyatukan keluarga kami dan kehangatan yang membuat masa kecilku jadi menyenangkan. Selamat Hari Ibu!
Bahasa ItaliaBuona Festa della mamma.
Bahasa PrancisBonne Fête des mères.
Bahasa Jepang母の日 (Haha-no Hi omedetō)
Bahasa SpanyolFeliz Día de la Madre.
Bahasa VietnamNgày của Mẹ  atau Ngay quoc te Nu.
Bahasa PolandiaWszystkiego najlepszego w dniu matki.
Bahasa IrlandiaLá na Máithreacha sona duit.
Bahasa BelandaGelukkige Moederdag.
Bahasa LithuaniaLaimingos motinos dienos!
Bahasa PortugisFeliz Dia da Mãe.
Bahasa Mandarin母亲节快乐 (Mǔqīnjié kuàilè)
Bahasa FinlandiaHyvää äitienpäivää.
Bahasa HungariaBoldog anyák napját.
Bahasa KoreaHaengboghan eomeoni nal doeseyo!
Bahasa PortugisFeliz Dia da Mãe.
Bahasa SwediaGlad mors dag.
Bahasa PersiaRúze mâdar gerâmi bâd.
Bahasa TagalogMaligayang Araw ng Mga Ina!
Bahasa ThailandSuksan Wan Mae (สุขสันต์วันแม่)
Bahasa JermanAlles Gute/Liebe zum Muttertag!
Bahasa Arabعيد ام سعيد(eyd ‘am saeid)
Bahasa Birma atau Myanmarပျော်ရွှင်ဖွယ်မိခင်များနေ့ ပျော်ရွှင်ဖွယ်မိခင်များနေ့ (pyawshwinhpwal mihkainmyarrnae)
Bahasa InggrisHappy Mother’s Day!

6 Ide Kreatif Merayakan Hari Ibu yang Menyentuh Hati

Momen Hari Ibu adalah waktu yang tepat untuk mengungkapkan kasih sayang. Rayakan kebersamaan dengan ibu melalui berbagai cara berikut ini.

1. Memberikan bunga dengan hadiah yang bermakna

Mengucapkan Hari Ibu dengan memberikan bunga yang cantik disertai dengan hadiah sederhana tetapi bermakna akan menjadikan momen tersebut tak terlupakan. Beberapa contoh hadiah yang dapat kamu berikan seperti gelas bertuliskan quote “The Best Mom”,  kolase foto bersama ibu, alat kebutuhan pribadi ibu (kosmetik, pakaian, tas, alat dapur, dan lain-lain).

2. Mendekorasi rumah bersama

Merapikan rumah dan menambahkan dekorasi yang indah akan mempererat hubunganmu dengan ibu menjadi lebih akrab.

3. Mengajak jalan-jalan ke tempat yang menyenangkan ibu

Seringnya ibu menghabiskan waktu hanya di rumah atau bekerja dengan rutinitas monoton. Mengajak ibu bepergian bersama akan memberikan kesan yang indah dan tak terlupakan. Misalnya menginap di hotel, melakukan camping, mengunjungi tempat wisata, dan lain-lain.

Kamu juga dapat melakukan staycation bersama ibu dan anggota keluarga lainnya. Simak manfaatnya dalam artikel Staycation Punya Segudang Hal Baik yang Sayang Kamu Lewatkan.

4. Membuat masakan spesial untuk ibu

Ibu yang biasanya sibuk memasak untuk keluarganya, akan merasa terharu apabila diberikan masakan hasil buatan anak-anaknya. Makanan sederhana yang dimasak dengan tulus akan membuat ibu tersenyum bahagia.

5. Mengumpulkan sanak keluarga untuk bertemu dan merayakan bersama ibu

Memiliki anak-anak hingga cucu yang merantau, terkadang membuat ibu jarang bertemu keluarganya secara fisik. Dengan memberikan kejutan kumpul keluarga bersama akan melepas kerinduan ibu dengan anak dan cucu-cucunya.

6. Melakukan aktivitas bersama yang jarang dilakukan sebelumnya

Mencoba hal-hal baru yang positif dengan ibu tentu akan menjadi memori yang indah bersama anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Misalnya, pergi ke salon untuk merawat rambut, melakukan perawatan kuku, melukis bersama, menonton film, dan lain sebagainya.

Ambil Kursus Bahasa Asing, Raih Impianmu!

Ingin mewujudkan mimpi ke luar negeri, persiapan beasiswa, atau meraih karier yang lebih baik? Mari siapkan dirimu dengan mengikuti dengan berbagai Program Lister.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?