Cara Membuat dan Contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris

contoh pengumuman dalam bahasa Inggris

Kursus Business English –  Bahasa inggris kini sudah menjadi bagian hidup sehari-hari, misalnya saja pengumuman di setiap kereta api. 

Pengumuman dalam bahasa inggris disebut dengan announcement. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas apa itu announcement dan contoh pengumuman dalam bahasa Inggris.

Pengertian Announcement Text

Announcement Text atau teks pengumuman adalah sebuah pernyataan tertulis yang disampaikan ke publik. Biasanya ini pengumuman ini berupa suatu fakta, kejadian, atau informasi yang penting. Pengumuman dalam bahasa inggris sering juga disebut sebagai official notification.

Contoh pengumuman dalam bahasa Inggris yang sering kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah di stasiun kereta atau bandara. Biasanya fasilitas umum memiliki pengumuman dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing.

Pengumuman dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan sebuah informasi secara resmi sehingga publik yang membaca bisa menerima informasi sesuai dengan fakta yang disampaikan. 

Misalnya pengumuman tentang sebuah acara, maka akan pengumuman akan dibuat sebelum terjadinya acara tersebut.

Secara umum, Announcement Text atau pengumuman memiliki 2 karakteristik khusus. Pertama adalah pengumuman memuat informasi yang singkat, jelas, dan padat. 

Kedua, pengumuman bisa menjawab pertanyaan 5W1H. Ketiga, biasanya pengumuman juga dilengkapi dengan call to action atau seruan kepada pembaca untuk bertindak.

Pada awalnya pengumuman dibuat menggunakan media tulisan yang dipajang di tempat  umum. Salah satu contoh yang bisa lister temui adalah mading sekolah. Namun, di era digital sekarang media Announcement Text mulai mengalami pergeseran.

Sebab, dengan hadirnya sosial media penggunaan poster untuk mading kini tergantikan. Apalagi untuk pengumuman yang berbentuk audio, media sosial adalah platform yang tepat untuk membuat pengumuman.

Baca juga: Ini Karakteristik Academic Writing, Beda dengan Jenis Teks Lain

Struktur Announcement Text

Seperti teks-teks lain, pengumuman atau Announcement Text juga memiliki general structure atau struktur. 

Secara umum, strukturnya terbagi menjadi tiga yakni opening, Content, dan Closing. Lister tidak perlu bingung karena di akhir artikel nanti kami berikan contoh pengumuman dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Opening

ini adalah struktur pertama dalam sebuah pengumuman. Bagian opening ditandai dengan judul, greeting, tujuan pengumuman, atau garis besar yang akan disampaikan di pengumuman.

Lister juga bisa menuliskan judul yang clickbait atau menarik perhatian agar orang-orang tertarik untuk membaca pengumuman tersebut.

Content 

Content adalah bagian isi daripada Announcement Text. Bagian Content berisi informasi lengkap tentang hal yang ingin disampaikan kepada publik. 

Misalnya ketika ingin mengumumkan tentang suatu acara, maka Content dari Announcement Text akan berisi waktu dan tempat pelaksanaan acara.

Content juga bisa berisi tentang dresscode atau persyaratan lain yang harus dipatuhi selama acara. Di dalam sini, Lister bisa menuliskan informasi yang detail untuk menjawab pertanyaan 5W1H.

Closing

Closing adalah bagian penutup dari pengumuman. Bagian Closing berisi informasi tentang orang yang bisa dihubungi terkait pengumuman tersebut. 

Orang ini bertanggung jawab atas memberikan informasi dan kejelasan bagi siapapun yang menghubunginya.

Selain nomor telepon, lister juga bisa mencantumkan sosial media dan website. Jangan lupa untuk menuliskan call to action, ucapan terima kasih, dan salam penutup.

Baca juga: Teks Negosiasi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kaidah Bahasa dalam Membuat Announcement Text

Dalam membuat contoh pengumuman dalam bahasa Inggris, lister harus memperhatikan kaidah bahasanya. Pengumuman yang dibuat bisa menyampaikan informasi tanpa menimbulkan salah paham.

Simple Present Tense

Tenses ini berfungsi untuk menerangkan suatu kejadian, fakta, dan event yang sedang terjadi di masa sekarang.

Simple Future Tense

Contoh pengumuman dalam bahasa Inggris iasanya menuliskan acara atau kejadian di masa yang akan datang. 

Misalnya lister ingin mengumumkan acara pesta ulang tahun maka pengumuman harus dibuat sebelum terjadinya pesta ulang tahun.

Imperative Sentence

Imperative sentence atau kalimat perintah adalah hal yang umum di pengumuman. Lister pasti sering menemukan kata-kata seperti “Join Us and wear green dress code properly”. 

Benar sekali, kata di atas adalah salah satu imperative sentence yang ditujukan kepada pembaca. Kalimat tipe ini sering ditemukan di Announcement Text berupa himbauan atau undangan.

Declarative Sentence

Declarative sentence adalah kalimat yang menyatakan pernyataan, memaparkan fakta, atau menjelaskan suatu kejadian. Kalimat ini sesuai dengan fungsi dari contoh pengumuman dalam bahasa Inggris, yaitu menyampaikan informasi pada publik umum.

Baca juga: 3 Struktur Teks Laporan, Dijamin Bikin Tulisan Buatanmu Lebih Layak Baca

Perubahan Verb menjadi Noun dengan Akhiran Kata (Suffix)

Suffix merupakan imbuhan yang terletak di akhir kata. Ada beberapa noun yang sering lister temukan dalam Announcement Text. Misalnya untuk pengumuman lomba, maka kosakata yang yang digunakan adalah competition.

Berasal dari kata compete dan ditambahi akhiran –tion. Kata ini berubah menjadi noun karena sudah mendapatkan akhiran suffix.

Contoh pengumuman dalam bahasa Inggris dan artinya 

Attention to All Students!

Date: Thursday, June 27th

Time: 4.00 PM

Venue: School Auditorium

Dear Students, the OSIS invites you to attend an important meeting on Thursday, June 27th at 4.00 PM in the School Auditorium. Your presence is crucial to discuss upcoming events and gather suggestions for school improvements. Your participation will shape our school community positively. Don’t miss this opportunity to voice your mind.

See you!

Best Regards,

English Teacher

Artinya,

Perhatian kepada semua siswa

Tanggal: 27 juni 2023

Waktu: 16.00

Tempat: Auditorium Sekolah

Kepada para siswa, OSIS mengundang kalian untuk hadir dalam rapat penting pada Kamis, 27 Juni pukul 16.00 di Auditorium Sekolah. Kehadiran kalian sangat penting untuk membahas acara yang akan datang dan mengumpulkan masukan untuk perbaikan sekolah. Partisipasi kalian akan mendorong sekolah kita menjadi lebih baik. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyuarakan pikiranmu!

Sampai jumpa!

Salam,

Guru Bahasa Inggris

Teks di atas adalah contoh pengumuman dalam bahasa Inggris di sekolah. Setelah membaca artikel ini, Lister pasti paham bagaimana cara membuat contoh pengumuman bahasa Inggris dengan mudah. Sampai jumpa di kesempatan lain.

Contoh teks pengumuman dalam bahasa Inggris tersebut bisa digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Ada pun, teks pengumuman bisa digunakan di berbagai lingkungan seperti kantor, organisasi, hingga sekolah. 

Dilihat dari tujuannya, jenis teks tersebut bisa digunakan untuk menyampaikan informasi penting, mengumumkan acara, atau kebijakan. 

Dengan merancang teks pengumuman yang baik, kita dapat memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas dan tepat oleh penerima pengumuman.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.